Durability Test seberapa awet Ban IRC Road Winner RX-01F
Durability Test seberapa awet Ban IRC Road Winner RX-01F

Durability Test, Seberapa Awet IRC Road Winner RX-01F?

Diposting pada

BLOGOTIVE.COM – Seberapa Awet Ban IRC Road Winner RX-01F (depan)? disini saya melakukan durability test dan review ban bawaan beberapa motor sport erntry level di Indonesia.

Halo masdab dimanapun anda berada, kemarin saya mengganti ban depan untuk yang pertama kalinya semenjak riding bersama Black Jack (All New CB150R tahun 2016). Seperti diketahui, ban bawaaanya (OEM) pakai IRC Roadwinner RX-01.

IRC Road Winner RX-01 sudah kondang sekali dipakai oleh beberapa motor sport 150-250 cc di Indonesia, beberapa merek yang pernah memakai ban ini diantaranya Ninja 250, Honda CBR150R, Yamaha V-Ixion, Honda CBR250RR dan masih banyak lagi.

Seberapa Awet Ban IRC Road Winner?

Ban IRC
Ban IRC

Nah kita bakalan ngomongin seberapa awet sih ban produksi PT Gajah Tunggal ini (ini bukan sponsor loh ya, tapi kalau mau kerjasama ya boleh.. hehe), sejak awal saya sudah mengetesnya dan bermula dari ban belakang (RX-01R) yang sudah habis di 18 ribuan km dan pada akhirnya saya ganti pakai Aspira Premio Sportivo.

Untuk Ban depan (RX-01F) punya daya tahan yang lebih, mungkin karena posisinya didepan ya bukan jadi tumpuan.. kilometer Black Jack menunjukkan angka 25.965 kilometer, di hampir 26 ribu ban ini akhirnya menyerah menyentuh indikator di tengah-tengah pattern ban.

Pada akhirnya saya menggantinya karena handling sudah tidak enak dan buang sana-buang sini seperti mencari jalan sendiri gitu rasanya. Ini keausanya masdab..

Ganti Ban IRC Road Winner RX-01F
Mengganti Ban IRC Road Winner RX-01F

Compund ban ini tidak dijelaskan detail, tapi menurut saya kalau dicompare sama ban-ban lain dengan harga sekelas compound-nya memang lebih keras dan mungkin itu sebabnya IRC Road Winner ini bisa tembus 26 ribuan kilometer.

Jalanan yang BlogOtive tempuh selama 25.965 kilometer bersama RoadWinner RX-01 ini beragam sob, memang kebanyakan jalan di aspal Gunungkidul, Sleman, Jogja dan beberapa kali tak pakai ke Wonogiri dan Solo.. meskipun banyak di aspal tapi sering juga tak pakai melintas jalan konblok juga, jadi beragam.

Kecepatan rata-rata bisa dikatakan sering high-speed, kisaran 70-100 kmpj average.. ya kalaupun low-speed biasanya boncengin perempuan.. perempuan disini bisa ibu saya, nenek, temen atau si doi gebetan yang enggak jadi-jadi.. wkwk, curhat!

Haha, ya sudahlah intinya BlogOtive bilang kalau durability Ban IRC Road Winner yang saya tes ini bisa tembus 26 ribuan km, sangat-sangat awet kalau aku bilang.. dan saat ini ban depan aku ganti pakai Corsa R99 110/70 (naik satu tingkat bro).

Oh iya untuk ulasan bagaimana rasa ban ini ketika dipakai dalam kondisi kering dan bassah sudah saya tulis sejak lama di Review IRC Road Winner RX-01, silahkan dibaca masdab, semoga berguna! (Hendri)

Gambar Gravatar
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!