29.3 C
Yogyakarta
Kamis, Oktober 14, 2021

Durability Test, Seberapa Awet IRC Road Winner RX-01F?

BLOGOTIVE.COM – Seberapa Awet Ban IRC Road Winner RX-01F (depan)? disini saya melakukan durability test dan review ban bawaan beberapa motor sport erntry level di Indonesia.

Halo masdab dimanapun anda berada, kemarin saya mengganti ban depan untuk yang pertama kalinya semenjak riding bersama Black Jack (All New CB150R tahun 2016). Seperti diketahui, ban bawaaanya (OEM) pakai IRC Roadwinner RX-01.

IRC Road Winner RX-01 sudah kondang sekali dipakai oleh beberapa motor sport 150-250 cc di Indonesia, beberapa merek yang pernah memakai ban ini diantaranya Ninja 250, Honda CBR150R, Yamaha V-Ixion, Honda CBR250RR dan masih banyak lagi.

Baca juga:  Ini Daftar Harga Ban IRC Tubeless 2018 di Toko Ban berbagai Ukuran

Seberapa Awet Ban IRC Road Winner?

Ban IRC
Ban IRC

Nah kita bakalan ngomongin seberapa awet sih ban produksi PT Gajah Tunggal ini (ini bukan sponsor loh ya, tapi kalau mau kerjasama ya boleh.. hehe), sejak awal saya sudah mengetesnya dan bermula dari ban belakang (RX-01R) yang sudah habis di 18 ribuan km dan pada akhirnya saya ganti pakai Aspira Premio Sportivo.

Untuk Ban depan (RX-01F) punya daya tahan yang lebih, mungkin karena posisinya didepan ya bukan jadi tumpuan.. kilometer Black Jack menunjukkan angka 25.965 kilometer, di hampir 26 ribu ban ini akhirnya menyerah menyentuh indikator di tengah-tengah pattern ban.

Baca juga:  Review Ban IRC Road Winner RX-01 dalam kondisi Basah dan Kering
-->

Pada akhirnya saya menggantinya karena handling sudah tidak enak dan buang sana-buang sini seperti mencari jalan sendiri gitu rasanya. Ini keausanya masdab..

Baca juga:  5 Kelebihan Ban Tubeless daripada Ban Biasa (Tube Type)

Ganti Ban IRC Road Winner RX-01F
Mengganti Ban IRC Road Winner RX-01F

Compund ban ini tidak dijelaskan detail, tapi menurut saya kalau dicompare sama ban-ban lain dengan harga sekelas compound-nya memang lebih keras dan mungkin itu sebabnya IRC Road Winner ini bisa tembus 26 ribuan kilometer.

Jalanan yang BlogOtive tempuh selama 25.965 kilometer bersama RoadWinner RX-01 ini beragam sob, memang kebanyakan jalan di aspal Gunungkidul, Sleman, Jogja dan beberapa kali tak pakai ke Wonogiri dan Solo.. meskipun banyak di aspal tapi sering juga tak pakai melintas jalan konblok juga, jadi beragam.

Kecepatan rata-rata bisa dikatakan sering high-speed, kisaran 70-100 kmpj average.. ya kalaupun low-speed biasanya boncengin perempuan.. perempuan disini bisa ibu saya, nenek, temen atau si doi gebetan yang enggak jadi-jadi.. wkwk, curhat!

Baca juga:  Ukuran Ban Ori dan Velg NMax serta Rekomendasi Upgrade

Haha, ya sudahlah intinya BlogOtive bilang kalau durability Ban IRC Road Winner yang saya tes ini bisa tembus 26 ribuan km, sangat-sangat awet kalau aku bilang.. dan saat ini ban depan aku ganti pakai Corsa R99 110/70 (naik satu tingkat bro).

Baca juga:  Ini Daftar Harga Ban IRC Tubeless 2018 di Toko Ban berbagai Ukuran

Oh iya untuk ulasan bagaimana rasa ban ini ketika dipakai dalam kondisi kering dan bassah sudah saya tulis sejak lama di Review IRC Road Winner RX-01, silahkan dibaca masdab, semoga berguna! (Hendri)

Hendri Widananto
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015 hingga kini.

Baca Juga

Ukuran Bearing / Kode Laher Sepeda Motor Honda mulai Roda, Kruk As dan Stut Kopling

BLOGOTIVE.COM - Bearing, Laher atau disebut juga Laker merupakan komponen untuk pergerakan poros sistem putar (linerar) yang sangat penting. Fungsi Laher juga...

5 Ban Motor Matic ring-14 Termurah dan Awet, Cocok untuk Musim Hujan!

BLOGOTIVE.COM - Rainy December, ya memasuki bulan Desember, iklim di Indonesia berganti menjadi musim hujan teman-teman pembaca setia semuanya! Jadi, jangan biarkan...

4 Tips Membeli Spare Part Motor Online Murah dan Aman, No Tipu-tipu!

BLOGOTIVE.COM - Halo teman-teman semuanya, kalian pasti pernah kan, mengalami kerusakan pada komponen sepeda motor? Yup, baik itu yang mempengaruhi kinerja mesin,...

Tetap Terhubung

2,717FansSuka
1,505PengikutMengikuti
92,093PelangganBerlangganan

Terbaru

Pajak Innova Reborn 2016-2021 Bensin dan Diesel, Catat Sebelum Membeli!

BLOGOTIVE.COM - Siapa yang tidak tahu Toyota Kijang Innova, mobil MPV 7 seater yang sudah sejak lama menjadi favorit masyarakat Indonesia karena...

9 Pilihan Warna Honda BeAT 2021, Dibagi Dua Varian

BLOGOTIVE.COM - Untuk kamu yang pengen meminang Honda BeAT, tidak tanggung-tanggung ada 9 pilihan warna keren yang disediakan PT Astra Honda Motor...

Biaya Biro Jasa STNK Perpanjangan Tanpa KTP, Ini Tarifnya

BLOGOTIVE.COM - Perpajakan masih menjadi kendala bagi beberapa orang yang membeli kendaraan bekas atau second, jika hendak perpanjangan tahunan si pemilik STNK...

All New CB150R facelift 2021 Resmi Launching di Yogyakarta, Kedu dan Banyumas

BLOGOTIVE.COM - Astra Motor Yogyakarta selaku Main Dealer sepeda motor Honda wilayah DIY, Kedu, dan Banyumas secara resmi telah memperkenalkan motor sport...

Starting Grid MotoGP Perancis 2021, Quartararo Pole Position

BLOGOTIVE.COM - Starting Grid MotoGP Perancis 2021 di Sirkuit Le Mans menempatkan pembalap pabrikan Yamaha, Quartararo start dari posisi pertama, Fabio meraih...