Prediksi MotoGP Qatar 2018
Prediksi MotoGP Qatar 2018

Prediksi MotoGP Qatar 2018, Yamaha atau Ducati?

Diposting pada

BLOGOTIVE.COM – Prediksi MotoGP Qatar 2018 yang akan berlangsung di Sirkuit Losail, Yamaha dan Ducati memiliki sejarah prestasi yang mentereng untuk memperkuat peluang mereka memenangi balapan, Siapa yang akan menang? Simak prediksinya!

Halo masdab dimanapun anda berada, MotoGP Qatar akan bergulir pada 16-18 Maret 2018, untuk kamu yang masih belum tahu jadwalnya silahkan lihat Jadwal MotoGP Qatar 2018. Ini adalah race pembuka yang akan berlangsung malam hari di Sirkuit Losal, Doha. Menarik untuk kita menggali dan menganalisa kira-kira siapa yang akan memenangi balapan nanti.

Karakter Sirkuit Losail Qatar, Siapa yang paling mendukung?

Sirkuit Losail Qatar
Sirkuit Losail Qatar

Sirkuit Losail merupakan sirkuit yang lumayan tricky, sirkuit yang mengikuti Grand Prix perdana di 2004 ini memiliki banyak tikungan kecil dan patah-patah, total tikungan ada 16 dengan 6 tikungan ke kiri dan 10 sisanya ke kanan, sejauh ini motor Yamaha paling bersahabat dengan tikungan. Meski banyak tikungan, lintasan terlurus disini cukup panjang dengan 1,068 Kilometer, diprediksi motor dengan kecepatan seperti Ducati bisa ngacir disini.

Sejarah 5 tahun terakhir di MotoGP Qatar, Yamaha Dominan diikuti Ducati

Sejak 5 tahun terakhir, Yamaha adalah tim paling sukses memenangkan balapan dengan 4 kali juara dengan selalu diikuti Ducati sebagai runner-up (posisi ke-2) sebanyak 3 kali melalui Andrea Dovizioso dilakukan berturut-turut 3 tahun terakhir di tahun 2015, 2016 dan 2017.. Progres Ducati cukup baik disini meskipun juaranya masih tetap Yamaha, sisanya berhasil diraih Honda dengan sekali juara di tahun 2014 kala itu.

Rekor Pembalap di Qatar: Rossi sering menang, Lorenzo pegang 3 rekor belum terpecahkan

Lorenzo punya rekor baik di MotoGP Qatar
Lorenzo punya rekor baik di MotoGP Qatar

Sepanjang sejarah, Valentino Rossi dan Casey Stoner adalah pembalap yang paling banyak memenangi seri Qatar dengan 4 kali juara selama ini, diikuti Jorge Lorenzo dengan 3 kali kemenangan saat masih bersama Yamaha.

Soal rekor, Prestasi Lorenzo paling mencolok dengan meraih Fastest Lap 1,53 detik, Best Pole 1,53 detik semuanya di tahun 2008, Circuit Record 1,54 detik di tahun 2016 dan paling banyak meraih Pole Position sebanyak 4 kali. Lorenzo bersama Yamaha punya 3 rekor yang masih belum terpecahkan selama ini di Qatar, sayang rekor tersebut belum nampak saat bersama Ducati, sementara rekor Top Speed masih dipegang Andrea Dovizioso kala ECU masih belum setara saat itu di tahun 2016 dengan kecepataan 351,2 km/jam.

Berkaca dari Tes Qatar 2018, Yamaha dan Ducati masih dominan.. Suzuki mengejutkan

Jika beberapa ulasan diatas adalah sejarah beberapa musim lalu, di tes pra musim 2018 mereka sudah melakukan pengetesan di Qatar, hasilnya Yamaha masih tetap dominan.

Andrea Dovizioso begitu konsisten di Qatar
Andrea Dovizioso begitu konsisten di Qatar

Di tes pertama pembalap Yamaha, Maverick Vinales berhasil menjadi tercepat diikuti rider Ducati diposisi ke-2, Dovizioso dan secara mengejutkan Suzuki melalui Andrea Iannone mampu menyodok 3 besar diposisi ke-3. Di tes kedua, Iannone mampu menjadi tercepat diikuti Dovizioso dan Marquez, di hari terakhir giliran pembalap satelit Yamaha, Johann Zarco diikuti Valentino Rossi dan Dovizioso.

Dari tes selama 3 hari yang dijalani di Qatar, Yamaha masih tetap dominan dan Ducati masih setia menempel ketat, tapi Suzuki terlihat kompetitif juga disini yang menjadikan persaingan semakin menarik.

Prediksi MotoGP Qatar, Siapa yang berpeluang?

Dari statistik dan data, Yamaha begitu kuat di sirkuit Losail Qatar, Andrea Dovizioso yang dimusim 2017 lalu menjadi runner-up juga konsisten sekali bertahun-tahun menjadi salah satu pembalap tercepat.

Maverick Vinales tercepat di tes Qatar
Maverick Vinales tercepat di tes Qatar

Persaingan sengit antara pembalap Yamaha seperti Zarco, Rossi dan Vinales sepertinya akan terjadi, bersaing bersama Dovizioso yang konsisten, selain itu kejutan Andrea Iannone dari Suzuki juga menambah keruh rivalitas MotoGP Qatar.

Last, ini juga akan menjadi pembuktian Honda yang sejauh ini masih jauh dari kata kompetitif juga menjadi pembuktian Lorenzo yang rekor menterengnya belum terbukti kembali di Qatar saat bersama Ducati Desmocedici. Itulah dia Prediksi MotoGP Qatar 2018 versi BlogOtive, Siapa pemenangnya? Silahkan di analisa sendiri masdab.. (Hendri)

Gambar Gravatar
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!