Prediksi MotoGP Misano 2018
MotoGP Misano 2018, Rossi Homeground

Prediksi MotoGP Misano 2018, Ini Data dan Faktanya

Diposting pada

BLOGOTIVE.COM – Setelah MotoGP Silverstone urung di gelar lantaran hujan deras, kompetisi balap motor populer kali ini akan beralih ke MotoGP Misano Italia, home ground Valentino Rossi.

Seperti biasa, saya akan mengulas tentang Prediksi berdasarkan Data dan Fakta di MotoGP Misano Sirkuit San Marino. Kali ini artikel datang lebih awal untuk mengobati kerinduan akan race beberapa minggu tanpa balapan dan sayang sekali kemarin harus dibatalkan.

San Marino, Sirkuit yang dipakai sebagai landmark “kenangan” almarhum Marco Simoncelli, pembalap hebat Italia yang meninggal karena kecelakaan di Sepang tahun 2011. Sirkuit ini juga bisa dikatakan sebagai tuan rumah The Doctor, Valentino Rossi.

Atmosfir fans yang serba Kuning, teriakan dan support untuk pembalap tuan rumah sangat berkesan banget di Sirkuit ini. Pembalap Italia lain seprti Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci juga bakalan ngotot memperjuangkan jati diri di tanah kelahiranya sendiri.

Data dan Fakta MotoGP Misano 2018

Trek Sirkuit San Marino, salah satu sirkuit dengan tikungan terbanyak
Sirkuit San Marino memiliki tikungan total 16 tikungan dimana 6 tikungan kiri dan 10 sisanya ke kanan. Lebar sirkuit 14 meter dan trek terpanjang hanya 530 meter.

Valentino Rossi paling banyak menang di Misano
Pembalap tuan rumah, Valentino Rossi tercatat paling banyak meraih kemenangan di Sirkuit Misano Italia. The Doctor sudah tiga kali juara menyamai rekor Jorge Lorenzo.

Prestasi Jorge Lorenzo di Misano, Paling banyak Poles
Meski bukan tanah kelahiran Lorenzo, namun Misano dan pembalap nomor 99 ini punya kenangan paling manis daripada pembalap lain. Selain samai rekor Rossi sebagai pembalap paling sering menang, Lorenzo juga paling banyak raih Pole Position sebanyak 3 kali.

Lorenzo dan Pedrosa paling banyak podium 5 tahun terakhir
Bukan cuman Lorenzo dan Rossi saja yang punya statistik bagus, tapi pembalap Repsol Honda Dani Pedrosa juga cukup bagus di Sirkuit San Marino. Dalam 5 tahun terakhir, Pedrosa samai rekor Lorenzo dengan 3 kali podium dan salah satunya sebagai juara di tahun 2016.

Rekor di Misano
Fastest Lap masih dipegang Jorge Lorenzo dengan waktu terbaik 1 menit 31,8 detik di tahun 2016, di tahun yang sama Lorenzo juga masih mengklaim Best Pole dengan waktu 1 menit 31,8 detik. Circuit Record masih di tangan Dani Pedrosa di tahun 2016 juga dengan waktu 1 menit 32,9 detik. Sementara rekor Top Speed masih dikuasai oleh Andrea Dovizioso dengan kecepatan maksimum 299,5 km/jam bersama si raja power, Desmosedici GP15.

Jorge Lorenzo di Misano Italia
Jorge Lorenzo di Misano Italia 2017 (gambar: MotoGP/Dorna Sport)

Prediksi MotoGP Misano 2018

Kalau dari catatan statistik, Lorenzo dan Rossi adalah pembalap paling potensial untuk menjuarai MotoGP Misano kali ini.

Rossi punya semangat dengan dukungan fans, Lorenzo juga sedang dalam performa puncak dengan menjuarai race terakhir MotoGP Austria dan Pole Position di event balapan terakhir di MotoGP Silverstone Inggris.

Well, menarik untuk melihat siapa yang akan memenangi MotoGP Misano 2018 Sirkuit San Marino, Italia.. semoga race berjalan menarik dan penuh overtake.. Oh iya, live race akan berlangsung pada Minggu (9/9/2018) pukul 19:00 WIB. (Hendri)

Gambar Gravatar
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015, menulis lebih dari seribu kata setiap hari.. :)