Prediksi MotoGP Amerika 2018, Marquez berpeluang
Prediksi MotoGP Amerika 2018

Prediksi MotoGP Amerika 2018, Marquez punya peluang besar

Diposting pada

BLOGOTIVE.COM – Prediksi MotoGP Amerika 2018 berpihak kepada pembalap Repsol Honda, Marc Marquez yang memiliki peluang besar untuk menang lantaran statistik The Baby Aliens yang begitu mulus di Austin, disini saya akan membahas prediksi GP Amerika berdasarkan data dan fakta, Yuk lanjutkan membaca!

Ya masdab, MotoGP Amerika 2018 akan berlangsung di Sirkuit COTA, Austin akan segera bergulir pekan ini di hari Senin pukul 02:00 WIB (lihat: Jadwal MotoGP Amerika 2018), siap-siap begadang lagi nih untuk kita yang ingin nonton seri ketiga ini..

Cal Crutchlow memimpin klasemen sementara setelah berhasil meraih podium di gelaran yang terjadi insiden TermasClash antara Marquez dan Rossi tersebut. Akan semakin seru di seri ini lantaran Marquez kembali menjadi kandidat juara Austin akan berjuang mengembalikan poin yang semakin menjauh, sementara Cal jelas ingin mempertahankan posisi.

Prediksi MotoGP Amerika 2018

Sebelum membahas prestasi Marquez di Austin, kita bakalan kupas karakter sirkuit COTA. Sirkuit ini memiliki paket lengkap yang membuat adrenaline pembalap merasa tertantang.

Perpaduan tikungan tajam, kecil naik turun, tanjakan rurunan sampai lintasan panjang semua ada di Sirkuit ini sehingga membutuhkan akselerasi motor yang bagus.

Sirkuit COTA merupakan salah satu sirkuit yang memiliki jumlah tikungan terbanyak, sirkuit yang mulai masuk ke agenda MotoGP tahun 2013 ini memiliki total 19 tikungan yang dimana jumlah tikungan kanan dan kirinya hampir sama.

Circuit of America MotoGP Amerika
Circuit of America

Dari 19 tikungan, 11 tikungan ke kiri dan 9 sisanya ke kanan, setidaknya ada 4-6 tikungan tajam di Sirkuit ini yang membutuhkan pengereman lumayan.

Jarak lintasan terpanjang atau longest-straight Sirkuit COTA tidak sepanjang Termas de Rio Hondo yang hampir 2 kilometer, namun bisa juga dikatakan lumayan karena lintasan terpanjang sejauh 1,2 kilometer.

Tidak bedanya dengan Argentina, sirkuit Amerika ini motor yang difavoritkan cepat di COTA adalah Honda, dari dulu Grand Prix ini dimulai, pembalap Honda begitu mendominasi.

Cleansheet Marquez di MotoGP Amerika

Marc Marquez memiliki catatan yang sangat bagus di Amerika, sejak dirinya bergabung di kelas utama dan kebetulan COTA diselenggarakan Grand-Prix, Marquez tidak pernah sekalipun melewatkan gelar juara.

Dari tujuh tahun balapan (2013-2017), Marc Marquez selalu menang dengan finish sebagai posisi pertama dan memborong semua rekor GP Argentina; Fastest Lap (2015), Circuit Record (2014) dan Best Pole (2015), untuk rekor top speed masih ditangan Jorge Lorenzo (2017). Tujuh kali juara, Marquez juga selalu memimpin balapan dari grid pertama, Pole Position 7x.. wedian tenan masdab.

Marc Marquez 7x juara di MotoGP Amerika
Marc Marquez 7x juara di MotoGP Amerika (sumber: MotoGP/Dorna)

Statistik 5 tahun terakhir yang BlogOtive kumpulkan, Dani Pedrosa adalah pembalap yang sudah dua kali mendampingi Marquez sebagai runner-up dan 3 kali naik podium. Sementara Rossi 1x runner up dan 2x podium, semuanya saat bersama Yamaha.

Sementara pembalap Yamaha lainya, dia adalah Jorge Lorenzo 1x runner-up di tahun 2016 dan raih poisi ke-3 di tahun 2013.

Bagaimana dengan Ducati? Ya, Ducati juga sudah pernah naik podium diposisi kedua melalui Andrea Dovizioso (2015) dan posisi ketiga yang diraih Andrea Iannone (2016) saat masih bersama Ducati.

Cal Cruthlow sebagai pembalap tim satelit juga memiliki prestasi lumayan di GP Amerika, meskipun selama 5 tahun terakhir belum pernah podium namun pembalap yang BlogOtive juluki “The Master of Rain” ini sudah 2x finish di posisi ke-4.

Siapa yang paling berpotensi menang di GP Amerika?

Berdasarkan data dan fakta dalam sebuah statistik yang sudah kita bahas bersama, tidak bisa dipungkiri bahwa pembalap Honda memiliki peluang untuk menang yang lebih besar di Circuit of the Americas (COTA) ini.

Kalau diurutkan berdasarkan ranking pembalap, itu adalah Marquez, Pedrosa kemudian Valentino Rossi. Ya, pembalap lain seperti Dovizioso dan Cal Crutchlow juga masuk ranking dan berpotensi mengganggu dominasi Marquez.

Kalau diurutkan berdasarkan ranking manufacturer, Honda jelas yang pertama, diikuti Yamaha dan Ducati. Bagaimana dengan Suzuki? secara statistik masih belum berbicara masdab, namun kelihatanya performa GSX-RR sudah mulai membaik akhir-akhir ini, dibuktikan Alex Rins yang mampu naik podium finish diposisi ke-2 di Argentina.

Last, itu adalah Prediksi MotoGP Amerika 2018 versi BlogOtive berdasarkan data dan fakta yang ada.. tentu saja apapun bisa terjadi dalam dunia balap dan data fakta dari masalalupun belum tentu sama dengan yang terjadi sekarang, saya sendiri berharap akan ada sesuatu yang menarik nantinya bukan hanya satu dua pembalap yang diprediksi menang yang akan mendominasi. (Hendri)

Gambar Gravatar
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015, menulis lebih dari seribu kata setiap hari.. :)