25.3 C
Yogyakarta
Jumat, Mei 7, 2021

Pertalite BBM Non-subsidi apa bukan? Ini loh Jawabanya!

BLOGOTIVE.COM – Pertalite adalah Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis baru yang diciptakan untuk menggantikan Bensin Premium. Premium adalah jenis BBM Pertamina yang memiliki nilai oktan 88 dan memiliki pewarna, sementara Pertalite tidak memiliki pewarna dan memiliki kualitas yang lebih baik dengan nilai oktan 90.

Pertalite diposisikan sebagai penengah antara Premium (RON 88) dan Pertamax (RON 92), mendapatkan kualitas yang lebih baik namun harganya tidak terlalu mahal bila dibandingkan Pertamax.

Nah pertanyaanya adalah, apakah Pertalite merupakan BBM bersubsidi atau bukan? Pertalit BBM Non-subsidi apa bukan?

Karena mengingat Harga BBM naik per 1 Juli 2018 untuk BBM non-subsidi, hanya harga Pertalite yang tetap sama tidak ada kenaikan.. jadi muncul pertanyaan dari sini.

Baca juga:  Ini Kenaikan Harga Pertamax, Dex dan Dexlite daripada sebelumnya

Logo Pertalite
Logo Pertalite

Pertalite merupakan BBM non-subsidi

Jawabanya, Pertalite adalah BBM Non-subsidi, jadi tidak ditanggung pemerintah. Harga Pertalite sendiri mengikuti harga minyak dunia dan dipengaruhi juga oleh nilai tukar rupiah terhadap dolar.

Baca juga:  Ini Kenaikan Harga Pertamax, Dex dan Dexlite daripada sebelumnya
-->

Jenis BBM bersubsidi saat ini hanyalah Premium dan Solar, jadi berapapun kenaikan harga minyak dunia.. harganya ditomboki Pemerintah dalam hal ini masdab. Selain itu .. jenis BBM Pertamina seperti Pertamax an Pertamina Dex termasuk Dexlite bukan BBM bersubsidi.

Hanya saja BBM jenis Premium mulai dikurangi, Pemerintah nampaknya ingin mengurangi subsidi Bahan Bakar Minyak dan me-alokasikan uang negara ke sektor yang lain, mengurangi hutang juga.. hehe.

BBM jenis Premium sudah tidak ada lagi di kota-kota besar, bensin jenis ini hanya tersedia di SPBU terpencil yang jauh dari perkotaan, kini kehadiranya tergantikan dengan Pertalite.

Baca juga:  Ini Kenaikan Harga Pertamax, Dex dan Dexlite daripada sebelumnya

Mungkin itu saja singkat dari BlogOtive tentang BBM Pertalite yang merupakan Bahan bakar non-subsidi, jangan lupa baca komparasi antara Pertalite vs Pertamax. (Hendri)

Hendri Widananto
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015 hingga kini.

Baca Juga

Wajib Uji Emisi Kendaraan Bermotor Termasuk Roda Dua, Yamaha Beri Dukungan

BLOGOTIVE.COM - Dinas lingkungan hidup DKI Jakarta saat ini tengah menjalankan sosialisasi program wajib uji emisi untuk sepeda motor.  Dalam mendukung program tersebut,...

Astra Motor Yogyakarta Gelar Ujian SIM C Gratis dan Pelatihan Safety Riding

BLOGOTIVE.COM - Astra Motor Yogyakarta selaku main dealer sepeda motor Honda wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kedu, dan Banyumas bekerja sama dengan...

Tinggalkan Balasan

Tetap Terhubung

2,717FansSuka
1,505PengikutMengikuti
92,093PelangganBerlangganan

Terbaru

7 Fitur Baru All New CB150R Facelift, Suspensi Berubah!

BLOGOTIVE.COM - All New Honda CB150R sudah update facelif lagi bro, pertama kali motor ini mengaspal dengan mesin baru pada 2015 kemudian...

24 Nama Pembalap MotoGP 2021 beserta Foto Motornya

BLOGOTIVE.COM - Ada 24 Nama Pembalap MotoGP 2021 yang akan mulai bertarung untuk berkompetisi di musim ini, banyak jebolan dari Moto2 sedang...

Starting Grid MotoGP Jerez 2021, Quartararo Pole Position

BLOGOTIVE.COM - Posisi Start pertama MotoGP Jerez 2021 menempatkan pembalap Pabrikan Yamaha, Fabio Quartararo berhasil meraih Pole Position dengan catatan waktu 1...

Prediksi MotoGP Jerez 2021, Yamaha vs Marquez

BLOGOTIVE.COM - Prediksi MotoGP Jerez 2021 kembali menguntungkan Yamaha yang memiliki track record sangat baik di Andalusia, Spanyol. Selain itu, kembalinya Marquez...