Pertalite BBM Pertamina
Pertalite BBM Pertamina

Pertalite BBM Non-subsidi apa bukan? Ini loh Jawabanya!

Diposting pada

BLOGOTIVE.COM – Pertalite adalah Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis baru yang diciptakan untuk menggantikan Bensin Premium. Premium adalah jenis BBM Pertamina yang memiliki nilai oktan 88 dan memiliki pewarna, sementara Pertalite tidak memiliki pewarna dan memiliki kualitas yang lebih baik dengan nilai oktan 90.

Pertalite diposisikan sebagai penengah antara Premium (RON 88) dan Pertamax (RON 92), mendapatkan kualitas yang lebih baik namun harganya tidak terlalu mahal bila dibandingkan Pertamax.

Nah pertanyaanya adalah, apakah Pertalite merupakan BBM bersubsidi atau bukan? Pertalit BBM Non-subsidi apa bukan?

Karena mengingat Harga BBM naik per 1 Juli 2018 untuk BBM non-subsidi, hanya harga Pertalite yang tetap sama tidak ada kenaikan.. jadi muncul pertanyaan dari sini.

Logo Pertalite
Logo Pertalite

Pertalite merupakan BBM non-subsidi

Jawabanya, Pertalite adalah BBM Non-subsidi, jadi tidak ditanggung pemerintah. Harga Pertalite sendiri mengikuti harga minyak dunia dan dipengaruhi juga oleh nilai tukar rupiah terhadap dolar.

Jenis BBM bersubsidi saat ini hanyalah Premium dan Solar, jadi berapapun kenaikan harga minyak dunia.. harganya ditomboki Pemerintah dalam hal ini masdab. Selain itu .. jenis BBM Pertamina seperti Pertamax an Pertamina Dex termasuk Dexlite bukan BBM bersubsidi.

Hanya saja BBM jenis Premium mulai dikurangi, Pemerintah nampaknya ingin mengurangi subsidi Bahan Bakar Minyak dan me-alokasikan uang negara ke sektor yang lain, mengurangi hutang juga.. hehe.

BBM jenis Premium sudah tidak ada lagi di kota-kota besar, bensin jenis ini hanya tersedia di SPBU terpencil yang jauh dari perkotaan, kini kehadiranya tergantikan dengan Pertalite.

Mungkin itu saja singkat dari BlogOtive tentang BBM Pertalite yang merupakan Bahan bakar non-subsidi, jangan lupa baca komparasi antara Pertalite vs Pertamax. (Hendri)

Gambar Gravatar
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!