Beranda Masyarakat Otomotif Pertalite vs Pertamax , Bagusan mana?

Pertalite vs Pertamax , Bagusan mana?

7
BERBAGI

BlogOtive – Bingung memilih bahan bakar Pertalite atau Pertamax ? simak beberapa penuturan siapa yang bagus dari Pertalite atau Pertamax yang diulas BlogOtive berikut ini.

Pertamina meluncurkan jenis Bahan Bakar baru yang dijual mulai Juli ini dengan promo awal di Jabodetabek, Bandung dan Surabaya dengan harga Rp 8400. BBM ini memiliki posisi di atas Premium namun dibawah Pertamax.

Pertalite hadir untuk menjadi alternatif bahan bakar selain premium dengan kualitas lebih baik diatasnya namun harganya lebih murah dibandingkan Pertamax, bahan bakar jenis ini menjadi penengah antara Premium dan Pertamax. beberapa keunggulan Pertalite adalah;

  • Lebih bersih dan ramah lingkungan, RON 90.
  • Tidak ada kandungan timbal serta memiliki kandungan sulfur maksimal 0,05 persen m/m atau setara dengan 500 ppm
  • Warna lebih jernih 
  • Harga lebih murah

Pertamax adalah bahan bakar yang memiliki kualitas sedang diatas Premium dan diciptakan untuk kompresi mesin diatas 10:1 hingga 10,9:1 . bahan bakar ini dibawah Pertamax Plus sebagai kualitas unggulan. beberapa keunggulan Pertamax.

  • Oktan lebih tinggi, RON 92.
  • Tidak ada kandungan timbal, tidak ada campuran pewarna.
  • Sudah mengandung Zat Aditif seperti Anti-karat, pembersih dan Zat penjaga kemurnian BBM dari air (Demulsifier)

Pertalite atau Pertamax
Pertalite atau Pertamax. (image source: cnnindonesia.com)

Pertalite vs Pertamax
Sebagai pembanding kedua bahan bakar ini, BlogOtive telah menyiapkan beberapa data tentang kedua BBM dari Pertamina ini.

1. Nilai Oktan
Oktan bahan bakar Pertalite adalah 90 yang posisinya diatas Premium (88) dan dibawah Pertamax (92), sebagai nilai Oktan 92 Pertamax memiliki kemampuan yang lebih baik.

2. Warna
Jenis-jenis BBM memiliki warna yang berbeda, untuk Pertalite memiliki warna Hijau terang sementara Pertamax memiliki warna Biru Kehijauan.

3. Kecocokan
Umumnya Pertalite diciptakan untuk kendaraan dengan perbandingan kompresi mesin antara 9,0 : 1 hingga 10,0 : 1 sementara untuk Pertamax dengan perbandingan kompresi atara 10,1 :1 hingga 11,0 : 1.

4. Harga
Harga Pertalite untuk promo adalah Rp 8.400 dan normal Rp 8.700 (resmi) sementara Pertamax dijual dengan harga Rp 9.300 hanya berselisih rata-rata Rp 1.000 per liternya.

Bagusan Mana?
Itulah dia beberapa perbandingan antara Pertalite dengan Pertamax, dan beberapa poin yang paling utama dalam memilih kedua bahan bakar ini adalah.

1. Penyesuaian kebutuhan dan Harga – Pertalite dan Pertamax intinya hanya diciptakan untuk membedakan kualitas dan memberikan varian harga dari Pertamina, dan pemilihan-nya tergantung kebutuhan.

2. Penyesuaian Spesifikasi kendaraan – Kedua bahan bakar diciptakan untuk kecocokan terhadap kompresi mesin kendaraan (poin 3). Seperti yang diungkapkan peneliti Pertalite, Tri Yuswidjajanto.
“Menggunakan bahan bakar memang harus disesuaikan dengan rasio kompresi. Terlalu rendah spek bahan bakar akan berkurang tenaganya, kalau terlalu tinggi juga tidak maksimal,” ungkap Tri.

BERBAGI
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

7 KOMENTAR

  1. Bbm semua bagus..yang paling bagus adalah manusiannya sendiri,pilih aja yang sesuai dg rasio kompresi kendaraan kita.jangan gengsi klo beli bbm lebih rendah/murah padahal kendaraannya tidak sesuai dg karakter bbm tersebut

  2. Bbm semua bagus..yang paling bagus adalah manusiannya sendiri,pilih aja yang sesuai dg rasio kompresi kendaraan kita.jangan gengsi klo beli bbm lebih rendah/murah padahal kendaraannya tidak sesuai dg karakter bbm tersebut

Tinggalkan sebuah balasan

Mohon ketikkan komentar
Mohon masukan nama kamu disini