26.9 C
Yogyakarta
Kamis, Mei 6, 2021

Perbedaan Yamaha Xabre 150 vs R15 semua aspek

Dua Motor sport 150 cc Yamaha ini memang berdekatakan, baik dari sektor mesin ataupun Spesifikasi Umumnya, namun tentu keduanya memiliki perbedaan, nah disini BlogOtive akan mengupas semua aspek Perbedaan Yamaha Xabre 150 dan Yamaha R15 jadi silahkan simak sob.

Pada umumnya Yamaha Xabre adalah sebuah Naked yang dimana Yamaha meletakkan motor ini posisinya dibawah R15, motor ini memiliki konsep StreetFighter, hal ini juga membedakan dengan naked Yamaha lainya seperti V-ixion. Sementara untuk R15 merupakan motor sport Fairing Yamaha yang mengusung DNA MotoGP.

Perbedaan Yamaha Xabre 150 vs R15
Yamaha R15 dan Xabre 150

Mesin, Xabre downgrade
Kubikasi mesin yang digunakan sama 149cc, begitu juga dengan karakteristiknya yakni SOHC, 6-Speed, 4-Valve, 4-Stroke, Liquid Cooled, namun untuk performa keduanya berbeda, Yamaha mendowngrade Performa mesin Yamaha Xabre.

Power maksimum yang bisa dihasilkan Yamaha Xabre adalah 12,0 kiloWatt dalam 7,5 ribu RPM dengan Torsi maksimum 14,3 Newton meter dalam 6,5 ribu RPM, sedikit diturunkan dari R15 dimana motor fairing tersebut bisa menghasilkan Daya 12,2 kW dengan 14,5 Nm dengan RPM yang sama.

Baca juga:  Bocoran Peluncuran Sonic 150cc beserta Harganya

Dimensi dan Berat, R15 lebih berat
Untuk dimensi, R15 dan Xabre bisa dibilang hampir sama dari ukuran Panjang, Lebar atau Tingginya.. Begitupun juga dengan berat mendekati sama, Yamaha Xabre 150 lebih ringan 1 Kilogram (135 kg) daripada R15 (136).

Design dan Aergonomi
Argonomi R15 dan Xabre juga hampir sama, sama-sama nungging juga, nah bedanya untuk sisi Design, karena sekmen keduanya yang berbeda, maka jelas design juga berbeda.. Yamaha Xabre mengambil konsep pedang (kalau dari namanya) tetapi menurut BlogOtive meniru konsep MT-series dibagian Air Shroad, sementara untuk Yamaha R15, sebagai motor fairing konsepnya adalah R-Series, yakni YZF-R6. 

Baca juga:  Bocoran Peluncuran Sonic 150cc beserta Harganya

Suspensi berbeda generasi
Suspensi belakang keduanya masih sama yakni Swing Arm  dilengkapi dengan Single Link, sementara untuk suspensi depan keduanya berbeda, Yamaha R15 menggunakan Suspensi atau Sockbraker yang bisa dikatakan ‘pasaran’ yakni model Teleskopik Fork, sementara untuk Yamaha Xabre menggunakan suspensi jenis Up-Side Down (USD).

Baca juga:  Video Drag Suzuki GSX-R150 melawan Honda CBR150R, jauh!

Suspensi USD sedang ngetren untuk motor-motor sport masa kini.

Speedometer
Speedometer mereka terpaut generasi, Yamaha R15 v2 yang launching tahun lalu memang masih mengkombinasikan Speedo Analog dan Digital, sementara untuk Yamaha Xabre 150 yang dilahirkan di era Digital sudah mengusung Full Native LCD Digital, semua indikator termasuk rasio putaran mesin atau speed sudah Digital.  

Penerangan berbeda trend
Untuk Tail Lamp Yamaha R15 dan Xabre sama-sama menggunakan Lampu LED, namun untuk Headlamp, YZF-R15 masih menggunakan lampu Bohlam atau Bulp sementara untuk Yamaha Xabre sudah menggunakan penerangan efisien energi, Lampu LED. Untuk penerangan lain seperti Lampu sein masih pakai Bohlam.

Starter, Xabre pakai Switch Engine Stop
Untuk metote menyalakan mesin, keduanya sangat berbeda.. Sebagai motor fairing, Yamaha R15 memang  tidak pakai Kick Starter, hanya Electric Strarter saja, nah,, untuk Electric Starternyapun keduanya berbeda, dimana Yamaha Xabre sudah mengadopsi MT-Switch  atau Switch Engine Stop.

Baca juga:  Spesifikasi Mesin Suzuki GSX-R150 tembus 14,1 kW
Baca juga:  Harga Honda CB dan CBR Bulan Februari 2015

Setang, R15 pakai jenis Slip-On
Untuk handling, Yamaha YZF-R15 menggunakan Setang Jepit atau model Slip On, dengan ini jelas lebih Racing Look berbeda dengan Xabre yang menggunakan stang seperti naked pada umumnya.

.judul {
color: #FFF;
}

Perbedaan Yamaha Xabre 150 dan R15 dalam Tabel
KOMPONEN XABRE 150 YZF-R15
Genre Nakedbike Sport Fairing
Lampu Light Emiting Diode Bulp
Speedometer Liquid Cristal Display, Full Digital LCD-Analog, Combination
Power leaked 12,0 kW 12,2 kW
Torque leaked 14,3 Nm 14,5 Nm
Berat isi 135 kg 136 kg
Suspensi Depan Up-Side Down Teleskopic Fork
Electric Starter Yes, with Switch Engine Stop Yes

Hendri Widananto
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015 hingga kini.

Baca Juga

Modifikator: Yamaha NMax 155 Motor yang Mudah di Modifikasi

BLOGOTIVE.COM - Berkembangluasnya modifikasi sepeda motor di Tanah Air juga marak pada kategori MAXI Yamaha. Ubahannya menjadi sebuah karya seni yang tidak...

Kecintaan Trabas meski di Usia Tua, 50 Tahun NgeTrail dengan WR 155 R

BLOGOTIVE.COM - Memadukan hobi terabas dan kecintaan akan sepeda motor Trail dilakukan para penggunanya tanpa memandang faktor yang mungkin dianggap sebagai penghalang....

Tinggalkan Balasan

Tetap Terhubung

2,717FansSuka
1,505PengikutMengikuti
92,093PelangganBerlangganan

Terbaru

7 Fitur Baru All New CB150R Facelift, Suspensi Berubah!

BLOGOTIVE.COM - All New Honda CB150R sudah update facelif lagi bro, pertama kali motor ini mengaspal dengan mesin baru pada 2015 kemudian...

All New Honda CB150R facelift 2021 resmi di Launching

All New Honda CB150R Streetfire facelift 2021 resmi diluncurkan PT Astra Honda Motor (AHM) pada hari ini, Rabu (05/05/2021) melalui virtual press...

24 Nama Pembalap MotoGP 2021 beserta Foto Motornya

BLOGOTIVE.COM - Ada 24 Nama Pembalap MotoGP 2021 yang akan mulai bertarung untuk berkompetisi di musim ini, banyak jebolan dari Moto2 sedang...

Starting Grid MotoGP Jerez 2021, Quartararo Pole Position

BLOGOTIVE.COM - Posisi Start pertama MotoGP Jerez 2021 menempatkan pembalap Pabrikan Yamaha, Fabio Quartararo berhasil meraih Pole Position dengan catatan waktu 1...

Prediksi MotoGP Jerez 2021, Yamaha vs Marquez

BLOGOTIVE.COM - Prediksi MotoGP Jerez 2021 kembali menguntungkan Yamaha yang memiliki track record sangat baik di Andalusia, Spanyol. Selain itu, kembalinya Marquez...