Beranda Honda Perbedaan Honda CB dan CBR series

Perbedaan Honda CB dan CBR series

0
BERBAGI

Perbedaan CB dan CBR series adalah yang akan kita bahas kali ini sob, kita tahu keduanya adalah motorsport dari Honda yang memiliki keluarga atau gen yang sangat banyak dari mulai 150cc bahkan hingga 1000cc. Nah, mungkin Otivers banyak yang bertanya-tanya apa sih bedanya CB dan CBR itu?

Perbedaan yang paling utama kedua motor ini memiliki genre yang berbeda sob, Honda CB adalah sebuah Nakedbike sementara CBR adalah sebuah motor fairing. Apakah hanya itu saja? yup, tentunya bukan hanya itu saja, ada beberapa poin perbedaan yang ada diantara keduanya, mari simak sob

Honda CB1000R vs CBR1000R
Honda CB1000R vs CBR1000R

1. Naked vs Fairing
Seperti yang sudah kita bahas diatas, perbedaanya adalah pada genre, namun di point pertama ini kita akan membahasnya lebih detail. Jika Honda CB sebagai motor Naked tentu tidak memiliki sayap atau fairing pada struktur bodynya, sementara untuk CBR memiliki fairing.

2. Mesin
Kebanyakan mesin CB dan CBR memiliki gen yang sama, artinya adalah current-engine, namun yang mesti Otivers tau bahwa mapping engine untuk CBR series itu lebih tinggi daripada CB, artinya pada setelan mesin atau output perform diatas aspal CB posisinya dibawah CBR.

3. Komponen yang digunakan
Perbedaan yang ketiga adalah komponen-komponen yang dipakai pada CB dan CBR series, karena memiliki genre yang berebeda, kebutuhan akan part tertentu jelas akan berbeda sob, contohnya saja pada gear belakang yang digunakan, ukuranya dibuat berbeda. Swing Arm-nyapun juga beda, jika CBR (150) sudah menggunakan jenis Banana.

4. Perbedaan Harga
Efek Komponen yang digunakan, mapping dan sebagainya, soal Harga, untuk versi Naked (CB series) selalu dibandrol dengan harga yang lebih murah daripada versi faringnya (Honda CBR series). Untuk kelas 150cc saja, perbedaan harga antara All New CB dan All New CBR sekitar Rp 7 jutaan.

5. Perbedaan Detail
Kita akan mengambil sampel Honda CB150 dan CBR150 versi terbaru untuk dianalisa perbedaan secara detailnya, berikut adalah beberapa perbedaanya (secara fisik);

  1. Jumlah lampu pada headlamp, lampu CBR150R lebih banyak
  2. CB150R tidak memiliki fitur pass-beam
  3. Setang CBR150 sudah menggunakan model slip-on (Setang jepit)
  4. Footstep belakang CB150R menyatu dengan Sasis, untuk CBR150 bisa dipisah dan dimount di bagian dalam sasis.
  5. Footstep belakang CBR150R juga terkesan lebih sporty.
  6. Rear grip CB150R ada, CBR150 dibuat tersembunyi (dibagian bawah buritan).
  7. Swing Arm CB150R sudah menggunakan jenis Banana Arm.

Mungkin itu dia beberapa poin perbedaan antara Honda CB dan CBR, pada kesimpulanya, nakedbike Honda atau yang diberina CB memiliki beberapa part yang dibuat lebuat lebih rendah/downgrade dari CBR series.

BERBAGI
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

Tinggalkan sebuah balasan

Mohon ketikkan komentar
Mohon masukan nama kamu disini