Oli Shock Bocor
Oli Shock Bocor

Penyebab Oli Shock Bocor dan Solusi Memperbaikinya

Diposting pada

BLOGOTIVE.COM – Halo masdab dimanapun anda berada, semoga dalam kondisi terbaik saat membaca artikel ini. Kali ini kita akan membahas mengenai Oli Shock yang Bocor dan kita juga akan mengenali penyebab dan solusi mengatasinya. Yuk lanjutkan membaca.

Ada dampak buruk yang disebabkan oleh oli shock yang bocor yakni mengganggu stabilitas. Jika misalya shock kiri yang bocor, maka volume shock jadi berkurang. Akibatnya, tingkat redaman shock kanan dan kiri berbeda, jadi tidak balance serta mempengaruhi handling.

Selain itu, apabila oli shock mengenai diskbrake atau piringan cakram dapat menyebabkan piringan licin jadi rem tidak pakem, jadi kalau bocor, saya sarankan yang rajin di lap jika itu sebelah kanan.

Penyebab Oli Shock Bocor

Shockbreaker kebanjiran Oli
Shockbreaker kebanjiran Oli

Oli Shock yang bocor paling sering disebabkan karena Seal shock (Sil) yang bocor, bisa juga diakibatkan oleh beberapa faktor lain. Berikut adalah beberapa penyababnya

Seal Shock Bocor. Biasanya ini yang sering terjadi, seal berfungsi untuk menahan oli shock supaya tidak keluar, dan kalau rusak dan menimbulkan celah dan oli didalamnya akan keluar.

Seal shock terdiri dari semacam karet dan peer pengencang karet, Umur adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kerusakan komponen didalamnya, jadi kalau seal shock kamu lama tidak diganti bisa kemungkinan rusak masdab.

Seal basanya hanya sekali pakai, kalau di bongkar dan dipasang kembali biasanya seal akan rusak karena terkena peralatan bengkel untuk membuka seal.

Kasus ini berdasarkan pengalaman yang admin BlogOtive alami sendiri dimana seal lama yang dipasangkan kembali menyebabkan peer jadi rusak dan karet terdapat bekas cuilan obeng, akhirnyapun saya beli seal shock baru.

Harga Seal shock beragam, tergantung ukuran shock. Untuk motor Honda seperti CB150R yang baru, New PCX, CBR150R dll yang partnya berkode KRM harganya Rp 78.000 1 pcs terdiri dari seal dan penutup atas.

As Shock bengkok. Kedua adalah as shock yang bengkok, kalau kamu habis kecelakaan dan shock ada benturan, kemungkinan besar as shock bocor sehingga menimbulkan celah.

Kasus ini jarang terjadi biasanya yang bengkok bagian segitiga kalaupun terkena benturan. Namun tidak jarang juga yang shocknya bengkok.

Solusinya bisa di press shocknya terlebih dahulu kalau masih bisa, biasanya ada bengkel press khusus masdab atau jaringan bengkel resmi juga bisa mengepress shock dan segitiga.

Kalau masdab mau beli Oli Shock, oli merek Showa dijual Rp 22 ribu dengan volume 175 ml dan merek Jumbo Rp 10 ribu (isi 2 botol, volume masing masing 100 ml).

Nah, jadi itu tadi beberapa penyebab Oli Shock menjadi bocor versi BlogOtive.. biasanya untuk urusan seal memang masalah umur. Silahkan analisa sendiri kira-kira apa yang menyebabkan oli shock motormu tumpah-tumpah, Semoga bermanfaat!. (Hendri)

Gambar Gravatar
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!