25.1 C
Yogyakarta
Jumat, Maret 5, 2021

Meningkatkan Performa Mesin Motor dengan mengganti komponen yang lebih ringan. Apakah Bisa?

BLOGOTIVE.COM – Halo masdab dimanapun anda berada, bisakah kita meningkatkan Performa Mesin Motor kita dengan cara mengganti komponen / part seperti velg misalnya dengan bobot yang lebih ringan. Apakah bisa?

Di sekmen TanyaBlogOtive, saya akan berusaha menjawab pertanyaan teman-teman semuanya yang mengajukan pertanyaan ke email atau sosial media BlogOtive.

Tentunya, jawaban-nya sesuai dengan kemampuan dan pengetahuan saya ya, kalaupun tidak bisa menjawab dan memungkinkan BlogOtive juga bakalan bertanya pada expert di bidangnya..

Topik yang dibahas adalah mengganti part motor seperti velg supaya performa motor menjadi lebih baik. Nah, pertanyaan dengan topik ini berasal dari bro Rey Rangga yang mengirim pesan ke fanspage facebook kita..

“Sore Kak.. blognya bagus , cocok buat referensi. Aku mau nanya kak.. Mau modif Vario 125 eSP 2018 aku. Mau ganti velg yang lebih ringan gitu bisa kah?”

Jadi bro Rey ini ingin performa motornya naik, di tarikan awal misalnya.. mungkin bro Rey ini merasa kalau performa Vario 125 eSP-nya belum seperti yang diharapkan..

Lalu rencananya dia ingin mengganti komponen atau part ori motornya dengan komponen yang lebih ringan, salah satu yang ingin diganti adalah velg.. dengan tujuan supaya tarikan awalnya enggak lemot.

Honda Vario 150
Honda Vario 150 (ilustrasi)

Meningkatkan Performa Motor dengan mengganti Velg lebih ringan. Apakah bisa?

Jadi kita bakalan membahas pertanyaan ini bro.. Jadi, berat komponen kaki-kaki seperti ban dan velg misalnya cukup berpengaruh terhadap performa motor, tentu lebih ringan lebih minim kekuatan / daya yang dibutuhkan mesin.

Menurut BlogOtive, velg after market justru lebih berat daripada velg bawaan Vario 125 yang biasanya di supplai oleh Paco / Enkei.. tapi relatif, tergantung desain palang dll.

Jadi mengganti velg ori menjadi velg aftermarket bukan solusi tepat supaya bobotnya ringan, karena kebanyakan materialnya sama pakai Cast Wheel (CW).

Solusinya, adalah dengan mengganti velg dengan bahan logam magnesium, tetapi harganya memang lebih mahal daripada velg dengan bahan CW.

Atau mencoba bahan Alumunium yang bisa ditemukan di velg jari-jari.. velg jari-jari jelas lebih ringan daripada Velg CW, tapi perhatikan plus minusnya juga masdab..

Penggunaan velg jari-jari tentunya lebih ribet kalau mau pasang ban tubeless, harus dilapisi karet khusus. kecuali kembali ke era ban dalam (tube).

Solusi lain adalah downgrade ukuran ban, tetapi saya tidak merekomendasikan karena berhubungan dengan safety.

Jadi itu dia jawabanya, masdab.. kalau mau mengganti komponen menjadi lebih ringan bagian velg, kamu bisa mencoba velg jari-jari atau velg racing dengan bahan magnesium. (Hendri)

Hendri Widananto
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015 hingga kini.

Baca Juga

Mudahnya Membayar Pajak Tahunan melalui SAMSAT Desa di Samsat Desa Semugih Gunungkidul

BLOTOTIVE.COM - Disini saya akan sharing pengalaman membayar Pajak melalui Samsat Desa, Senin (10/03/2019) saya membayar pajak motor di Samsat Desa Semugih,...

Ukuran Bearing / Kode Laher Sepeda Motor Honda mulai Roda, Kruk As dan Stut Kopling

BLOGOTIVE.COM - Bearing, Laher atau disebut juga Laker merupakan komponen untuk pergerakan poros sistem putar (linerar) yang sangat penting. Fungsi Laher juga...

Apa sih Manfaat Lampu Hazard pada Sepeda Motor?

BLOGOTIVE.COM - Saat ini pengaplikasian fitur Lampu Hazard bukan hanya untuk kendaraan roda empat atau motor besar saja, bahkan kini Hazard sudah...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles

All New PCX 160 Launching di Jogja, Ini Harga PCX160 OTR Yogyakarta

Yogyakarta - Astra Motor Yogyakarta sebagai distributor utama, Honda DIY, Kedu dan Banyumas, akan secara resmi menyajikan Skutik Premium, semua Virtual PCX...

All New Honda PCX 160 4-Katup Resmi Launching di Indonesia, Tenaga Buas 15,8 HP

JAKARTA - PT Astra Honda Motor (AHM) Meluncurkan All Honda PCX baru dan Honda PCX E: HEV dengan perubahan menyeluruh pada mesin,...

Ini Filosofi Logo Baru KIA, Rebranding fokus ke EV di 2021

KIA telah merubah Logo barunya pada awal tahun 2021, tepatnya pada tanggal 6 Januari 2021 yang diumumkan ke berbagai media.

Ban Bocor dan Sobek Samping akhirnya Pakai Ban Dalam, Ini Kekuranganya!

Halo teman-teman pembaca sekalian, Beberapa waktu lalu saya mengalami ban bocor di bagian depan samping kiri ketika melintas di...

Punya Tenaga 15.8 kW, Ini Konsumsi BBM Honda PCX 160

Halo teman-teman pembaca sekalian, Honda PCX 160 mendapatkan improvement yang luar biasa di sektor mesin, performanya bisa jauh meninggalkan...