28.7 C
Yogyakarta
Minggu, April 18, 2021

Konsumsi BBM Yamaha Vixion R berdasarkan Performance, Irit Boleh dicoba!

BLOGOTIVE.COM – Pada hari Minggu (4/11/2018) saya melakukan pengetesan konsumsi bensin salah satu naked Yamaha yang punya mesin baru yang dilengkapi fitur cerdas Variable Valve Actuation (VVA), itu adalah Vixion R masdab. Nah, disini saya akan share hasilnya berdasarkan pengetesan performa.

Berbeda dengan motor matic yang biasanya saya tes dengan metode ECO ride berkendara santai dengan gas yang di atur supaya irit, khusus motor sport seperti Vixion R saya enggak mau ngetes demikian.. jadi harus di tes berdasarkan performance, jadi dengan performa tinggi apakah motor ini akan tetap irit BBM, itu pertanyaanya.

Nah karena di judul sampeyan sudah mendapatkan jawabanya, dikali ini saya akan menjabarkan secara lebih rinci lagi kenapa Yamaha Vixion R ini bisa dikatakan Irit BBM.. yuk lanjutkan membaca..

Yamaha Vixion R
Yamaha Vixion R di kaki gunung Lawu, Tawangmangu

Konsumsi BBM Yamaha Vixion R tes Performa

BlogOtive menempuh jarak sekitar 100 km lebih dari Pracimantoro, Wonogiri menuju kaki gunung Lawu di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Saya bersama teman berboncengan dalam pengetesan ini.. dicatat! boncengan loh ya jadi pastinya lebih boros dibanding riding sendiri.

Baca juga:  Harga Vixion R Rp 29,5 juta, Mahal atau murah?

Bobot saya 55 kg dan teman saya kurang lebih sama, paling lebih ringan.. anggap saja 50 kg. Riding modenya lumayan dipakai kencang tapi enggak sering nabrak VVA yang diketahui aktif pada 7,4 ribu rpm, tapi yang perlu dicatat medan yang kita lalui penuh dengan tanjakan soalnya kita enggak lewat kota tapi melipir pedesaan, dan itu kita pas waktu berangkat jadi yang pasti naik terus, banyak naiknya daripada turun (pas pulang).

Baca juga:  Harga Vixion R Rp 29,5 juta, Mahal atau murah?
-->

Pemandangan sawah dan jalan konblok mewarnai perjalanan kemarin itu, dengan mesin 155 cc motor ini punya tenaga nendang yang enggak kalah sama rivalnya, di trek lurus motor ini juga kenceng banget, lebih kencang daripada rival utamanya. Tanjakan sepanjang perjalanan Tawangmangu dilibas pasti.

Baca juga:  7 Pilihan Warna Vixion 2018 dalam Tipe Standar, R dan Livery MotoGP

Dengan memaksa performa mesin, di rintangan penuh tanjakan lalu bagaimana hasilnya? Berikut hasil tes ini

Hasil Tes Konsumsi BBM Yamaha Vixion R performance
Hasil Tes Konsumsi BBM Yamaha Vixion R performance

Percobaanya berdasarkan speedo, dan hasilnya adalah 42,4 km/liter.

Dengan kondisi seperti yang sudah saya ceritakan tadi, hasil 40 km lebih adalah hasil yang bisa dikatakan irit untuk ukuran motor 155 cc dengan power yang tidak mengecewakan, dan memang saya rasa standar konsumsi BBM untuk Vixion R ini berdasarkan performa ada di 40 km lebih masdab.. sulit untuk 40 km kebawah.

Tidak puas di situ saja, di hari Senin saya sudah pulang, pengujian performa dilanjutkan dengan metode lain.. bukan dengan menanjak dan berboncengan, tapi dengan high speed di jalanan, dimana setiap ada peluang geber, disitu pasti digeber.. ambil rute Gunungkidul ke Jogja.

Dalam kasus ini saya lebih sering pakai VVA dan top speed waktu itu 120 kmpl di gear 5.. mau gear 6 sudah tidak ada momen, maklum ini jalanan umum bukan sirkuit. Hasilnya adalah hampir sama.. 42 kmpl-an, sebenarnya naik menjadi 46 kmpl waktu saya cek ketika sampai Jogja, tapi saat itu kebanyakan low speed, jadi pas rute high speed dirasa cukup saya cek speedo ada di angka 42 (koma sekian) kmpl jadi itu saya yang menjadi kesimpulan.

Baca juga:  Penjualan CB150R vs Vixion vs GSX-S150 April 2018, Siapa pemenangnya?
Baca juga:  3 Pilihan Warna Vixion R ada Merah, Biru dan Putih

Last, kesimpulan dari Tes Konsumsi BBM Yamaha Vixion berdasarkan Performance dari BlogOtive, motor ini masih tetap irit meskipun dipakai riding khas motor sport.. kalau dipakai santai dan normal-normal saja, saya baca-baca beberapa artikel lain dan salah satu vlog dari mas Gondes.. motor ini bisa irit lebih dari 50 kmpl.. dan sayapun percaya motor ini hasilkan irit bensin di penggunaan normal. (Hendri)

Hendri Widananto
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015 hingga kini.

Baca Juga

Modifikator: Yamaha NMax 155 Motor yang Mudah di Modifikasi

BLOGOTIVE.COM - Berkembangluasnya modifikasi sepeda motor di Tanah Air juga marak pada kategori MAXI Yamaha. Ubahannya menjadi sebuah karya seni yang tidak...

Kecintaan Trabas meski di Usia Tua, 50 Tahun NgeTrail dengan WR 155 R

BLOGOTIVE.COM - Memadukan hobi terabas dan kecintaan akan sepeda motor Trail dilakukan para penggunanya tanpa memandang faktor yang mungkin dianggap sebagai penghalang....

Tinggalkan Balasan

Tetap Terhubung

2,717FansSuka
1,505PengikutMengikuti
92,093PelangganBerlangganan

Terbaru

Starting Grid MotoGP Portugal 2021, Quartararo Start Posisi Pertama

BLOGOTIVE.COM - Starting Grid MotoGP Portugal 2021 menempatkan pembalap Pabrikan Yamaha, Fabio Quartararo meraih Pole Position dengan laptime 1 menit 38,8 detik...

Jam Tayang MotoGP Portugal 2021 Minggu Malam di Trans7

BLOGOTIVE.COM - Jam Tayang MotoGP Portugal akan di siarkan secara Langsung di Trans7 malam nanti, 18 April 2021 mulai pukul 18:00 WIB...

Arti Kedipan Indikator Mesin Menyala Kuning (MIL) di Spidometer Motor Honda

BLOGOTIVE.COM - Saat ini semua sepeda motor Honda telah menggunakan sistem PGM-FI, dimana salah satu kelebihan dari sistem ini dapat mendiagnosa permasalahan...

Prediksi MotoGP Portugal 2021, Revans Yamaha-Ducati Part 3

BLOGOTIVE.COM - MotoGP Portugal 2021 diprediksi akan kembali memanas, Pembalap tuan rumah tim pabrikan KTM, Miguel Oliveira memiliki sejarah manis di Sirkuit...

Modifikator: Yamaha NMax 155 Motor yang Mudah di Modifikasi

BLOGOTIVE.COM - Berkembangluasnya modifikasi sepeda motor di Tanah Air juga marak pada kategori MAXI Yamaha. Ubahannya menjadi sebuah karya seni yang tidak...