Beranda Pengetahuan Kelebihan Kunci Keyless, Sulit dibobol Maling

Kelebihan Kunci Keyless, Sulit dibobol Maling

0
BERBAGI
Kunci Keyless GSX-R150 berusaha dibobol maling
Kunci Keyless GSX-R150 berusaha dibobol maling

Saat ini inovasi keamanan pada sepeda motor telah berkembang pesat seiring sejalan dengan ditemukanya celah-celah keamanan yang bisa membahayakan atau merugikan manusia ketika berkendara, termasuk Kunci Kontak yang biasa dijadikan target maling untuk “dikelabuhi” agar Motor bisa dengan mudahnya Dicuri. Namun syukur sekarang sudah ada Kunci Keyless yang salah satu kelebihanya tidak mudah dicuri atau bahkan tidak bisa sama sekali.

Sekarang, kita bisa menemukan Kunci Keyless di beberapa tipe motor mulai 150 cc, bisa dikatakan motor sport pertama yang menerapkan kunci ini adalah Suzuki GSX-R150 dan kalau skutik pertama dikelas 150 cc ya Aerox 155 punyanya Yamaha dan mereka menyebutnya dengan nama Smart Key System (SKS), ke depan BlogOtive yakin akan ada banyak merek motor dengan kunci Keyless ini dan bahkan akan jadi standar jika memang powerful dan dibutuhkan.

Keamanan menjadi Kelebihan Kunci Keyless, Sulit di bobol Maling

Mengacu pada fungsinya, sederhananya Keyless merupakan tipe kunci tanpa menggunakan anak kunci (key less) yang dibekali ID yang sama pada remote dan pada motor yang sudah di set pada ECU, sehingga apabila tidak berdekatan atau tidak memiliki ID yang sama perangkat elektronik pada motor tidak bisa dihidupkan sama sekali, biasanya Keyless juga disertai fitur Answer-Back yang bisa membantu memberikan isyarat kepada pengguna. Untuk kamu yang ingin tahu banyak tentang Keyless kamu bisa baca-baca di artikel Mengenal Kunci Smart Key System atau Solusi seputar Masalah Kunci Keyless Suzuki GSX-R150.

Dengan demikian, Motor yang dibekali dengan Kunci Keyless akan sulit sekali dibobol paksa karena urusanya dengan ECU pada motor.. bukan hanya komponen fisik seperti papan kunci kontak pada umumnya yang bisa saja dibobol dengan kunci khusus hasil inovasi para maling-maling motor. wkwk.. Dengan Keyless para Maling akan dibuat pasrah dengan sistem Keyless ini, dan ini kelebihan Keyless masdab..

Contoh kasus sudah banyak terjadi, salah satunya para maling yang modusnya pada Suzuki GSX-R150 yang sudah pakai Keyless.. seorang netizen bernama Rayindra mempublikasikan sebuah cerita GSX-R150 yang kunci Keylessnya sudah di-acak-acak maling namun masih juga belum berhasil bawa motor kabur karena memang motornya tidak mau hidup.

Singkat cerita, maling yang sudah berhasil menembus kunci Stang terpaksa harus gigit jari plus frustasi karena motor target tidak bisa ditembus, alhasil motorpun hanya ditinggal di Kebun dekat tempat kejadian perkara. Maling dapat apa.. dapat effort doang sob.. kapok!

Suzuki GSX-R150 berusaha digondol maling
Sharing Maling Frustasi akibat gagal bawa GSX-R150

Kalau BlogOtive bilang, Kunci Keyless memang memiliki fungsi yang luar biasa untuk soal keamanan, hanya saja bagi yang belum terbiasa atau baru peralihan terkesan sedikit ribet saja, apalagi harus dikantongi remotnya, dijaga juga nyimpen remotnya biar gak blunder (ya walaupun IDnya bisa diblokir jika digondol maling).

Remot Kunci Keyless GSX-R150
Remot Kunci Keyless GSX-R150

Nah akhir sebagai penutup, Berkat Kunci Keyless ini masdab.. Suzuki Indonesia dapat penghargaan apresiasi Inovasi Produk & Teknologi oleh Koran Sindo. Keren!

Suzuki Indonesia dapat penghargaan karena Kunci Keyless
Banggas Pardede, Market Relatuon 2W Section Head (kiri) dan Mori Tetsuyuki Sales & Marketing 2W Assist to Dept Head (kanan) saat menerima penghargaan untuk Suzuki GSX-R150.
BERBAGI
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

Tinggalkan sebuah balasan

Mohon ketikkan komentar
Mohon masukan nama kamu disini