Byson adalah Nakedbike kelas entry-level dari Yamaha yang diperbarui pada 18 Juni 2015, tepatnya pada sektor engine meninggalkan tipe pembakaran Karburator menjadi Fuel Injection (FI), dijual dengan harga Rp 21.650.000 untuk On The Road Jakarta motor yang mengambil filosofi dari hewan punuk ini memiliki design yang cukup garang dan maskulin.

Dengan beberapa fitur tambahan yang dimiliki Yamaha Byson, motor ini memang tampil cukup lebih baik daripada versi sebelumnya, Byson Karburator meskipun ada beberapa yang dipangkas yang paling menonjol adalah kubikasi mesin menjadi 149 cc saja (dulunya 143 cc) namun lebih ringan 3 kg.

Yamaha menyebut motor ini “The Most Aggressive Muscular Design” dan jika dilihat, banyak yang setuju mengenai hal ini karena jika dibanding Nakedbike lainya Yamaha Byson FI ini benar-benar memiliki Design Muscular paling Agresif dengan likuk-likuk body-nya yang kekar dan berotot, cukup sama dengan nama sebenarnya Hewan punuk Byson, sayangnya motor ini tidak Fotogenik ketika di potret (terlihat tidak begitu bagus saat di foto namun terlihat lebih bagus pada asli/kenyataanya).

Yamaha Byson
Yamaha Byson filosofi.

Di sektor dapur pacu, Yamaha Byson Fuel Injection menggunakan tipe SOHC berpendingin udara, ECO Indikator yang terhubung dengan ECU (Electronic Control Unit), transmisi 5 percepatan. Dengan versi ini memiliki penurunan power (max 10,1 kW menjadi 9,1 kW) namun memiliki akselerasi lebih baik saat diuji dilapangan.

Sasis masih sama dengan tipe Nakedbike lain yakni menggunakan model Diamond, berukuran ban cukup besar yakni 100/90 untuk depan dan 130/80 untuk belakang, di sektor pengereman depan menggunakan Cakram Hidrolik piston tunggal dan dibelakang hanya menggunakan Tromol Drum Brake saja.

BlogOtive memerlukan waktu satu bulan setelah di rilis untuk meneliti kekurangan dan kelebihan Yamaha Byson secara lebih mendalam, dan beberapa Kelebihan dan Kekurangan yang kami kumpulkan adalah berikut ini.

Kelebihan Yamaha Byson Injeksi

  • Design, harus diakui dan BlogOtive setuju bahwa Byson memiliki design sangat agresif dan kekar, Yamaha Vixion dan Honda CB150R lewat!
  • Irit, sebagai motor kelas 150cc Yamaha Byson memang dikenal irit, apalagi sudah didukung dengan ECO Indikator.
  • Lebih Lincah dibanding versi sebelumnya.
  • Lebih ramah lingkungan dibanding versi sebelumnya, Tehnologi Injeksi dan suara yang lebih adem.
  • Fitur, banyak fitur tambahan yang dihadirkan termasuk speedometer Full Digital.

Kekurangan Yamaha Byson FI

  • Power pada mesin, tenaga mesin Byson FI terendah di kelas 150cc.
  • Braking, hanya menggunakan tipe rem Drum Brake atau Tromol padahal banyak yang menantikan motor ini tampil dengan rem cakram.
  • Harga, Byson FI dibandrol dengan harga yang cukup tinggi.
  • Pilihan warna minim, tidak ada versi Livery seperti halnya Yamaha Vixion.

Itulah dia beberapa Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Byson Injeksi versi BlogOtive, penilaian paling cocok adalah penilaian dari kamu sendiri. Selamat menjelajahi artikel lainya.

BAGIKAN
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Harap tulis sebuah komentar
Harap masukan nama kamu