Kelebihan dan Kekurangan Honda Supra GTR150 akan kita bahas kali ini, untuk sobat yang mungkin tertarik ingin membeli tetapi masih butuh beberapa referensi untuk pembanding atau sekedar informasi mengenai motor ini mungkin artikel ini sedikit membantu, namun ini versi BlogOtive yang mungkin akan ada beberapa opini disini, yang pasti mari kita simak apa sih Kelebihan dari motor ini atau Kekurangan Supra GTR150 ini.

Honda Supra GTR150 hadir dengan di Launching pada 24 Mei 2016, memiliki Spesifikasi mesin Double-Cam (DOHC) dengan kubikasi 149,16 cc karakter Nearly Square, mesin ini current-engine Sonic 150R namun mungkin ada sedikit penyesuaikan, secara genrenya berbeda. Spesifikasi Honda Supra GTR150 bisa dilihat lengkap di link tersebut.

Honda memberi nama GTR150 dengan makna Grand Touring Sport Cup, motor ini diklaim asyik dibawa untuk perjalanan jauh atau untuk touring ke luar kota, si sayap mengepak juga memberikan emblem 3D sebagai pelangkap Grafis atau Striping (meskipun masih ada Stripingnya) untuk memperjelas brand motor ini.

Meskipun genrenya adalah Cup, Moped atau Bebek dan riding style-nya sama dengan bebek pada umumnya, namun untuk mesin dan pengoperasianya adalah kopling manual dengan 6-percepatan, untuk kamu yang kebiasaan pakai kopling otomatis 4-speed mungkin butuh waktu untuk menyesuaikan, namun tenang ada Gear Indicator di speedometernya kok.

Honda Supra GTR150
Honda Supra GTR150

Kelebihan Honda Supra GTR150

Kita akan membahas kelebihanya terlebih dahulu, disini kita akan memberikan pembanding bersama kompetitornya, Yamaha Jupiter MX King dan mungkin beberapa sekmen sport 150cc seperti Honda Sonic 150R.

1. Ban Tapak Lebar
Kaki-kaki Honda Supra GTR adalah perpaduan velg 1,85 inch dengan ukuran ban depan 90/80 dan velg ukuran 3,5 inch dengan ukuran ban belakang 120/70 ring-17.  Ukuran ban depan Supra GTR lebih besar daripada Jupiter MX king (70/90).
Dengan ban tapak lebar, kelebihanya kita akan lebih mudah mendapatkan akselerasi motor ini dan lebih memiliki daya cengkram yang kuat (grippy) dengan jalan atau aspal, dengan ban besar motor ini juga bisa menahan getaran atau goncangan yang lebih baik, contohnya apabila dibandingkan dengan Sonic 150R.

2. Riding Position nyaman dan suspensi Empuk
Honda memang seperti membenamkan amunisi khusus agar motor ini sekmenya untuk pengguna moror jarak jauh, kemudian pabrikan yang satu ini mendesign komponen-nya supaya enak untuk Touring atau perjalanan jauh dengan memberikan Riding Position yang tegap karena perpaduan ban depan besar dan stang yang dibuat tinggi.
Suspensi depan juga di design supaya empuk, memiliki sockbraker jenis Teleskopik dengan ukuran As 31 mm, menjadi yang terbesar di kelas 150cc, ukuran As sama seperti yang dipakai naked All New CB150R dan full fairing bike All New CBR150R, pada umumnya ukuran As untuk motor bebek adalah biasanya 26 mm. Dengan suspensi ini, Kelebihanya lebih empuk dan kuat dalam menahan goncangan.

3. Headlamp LED
Kelebihan Honda Supra GTR150R berikutnya adalah penerangan yang lebih hemat daya, jika dibandingkan penerangan atau lampu konvensional (Bulp/Bohlam), lampu jenis LED (Light Emiting Diode) jelas lebih membutuhkan daya yang kecil namun sinar tetap terang dan bahkan lebih terang daripada bohlam. Namun, Supra 150 ini sudah mengaplikasikan Lampu LED pada Headlampnya saja.

4. Design tajam dan Premium Look
Design Honda Supra GTR memiliki urat-urat lancip (shape) yang tajam, mata yang melihat juga akan terkesan motor ini memiliki kelas premium dengan penggunaan warna Doff atau Mate dan dipertajam dengan Emblem 3D sebagai penunjang Grafis atau Striping mewarnai struktur body motor ini.

Setidaknya itulah dia 4 Kelebihan Honda Supra GTR150 versi BlogOtive, dan kalau sudah membicarakan keunggulan, kurang pas jika tidak membicarakan soal Kekuranganya, apa saja? mari simak sob.

Supra GTR150
Honda Supra GTR150

Kekurangan Honda Supra GTR150

Setelah membahas Keunggulan motor ini, kita akan membahas tentang Kelemahan dari si Grand Touring.

1. Speedometer masih Analog
Untuk yang tidak menyukai speedo jenis Analog mungkin ini akan menjadi kekurangan Honda Supra GTR150 karena motor ini menggunakan perpaduan Analog+Digital, meskipun indikatornya lengkap namun untuk trend saat ini yang mengarah ke Speedo Full Digital mungkin hal ini akan menjadi kelemahanya.

2. Supra GTR bobotya berat
Honda Supra GTR150 memiliki bobot kosong 119 Kg, tentu ini bisa dibilang motor yang sangat berat apabila dibandingkan kompetitor lain seperti Jupiter MX King yang hanya berbobot 116 Kg, itupun sudah berat isi. Dengan selisih 3 Kg maka akan sedikit mengurangi rasio tenaga-nya nanti.

3. Harga Supra GTR150 relatif Mahal
Saat ini dijual dengan harga Rp 21,3 juta untuk On The Road Jakarta, bandrol harga untuk Supra GTR150 relatif mahal apabila dibandingkan kompetitor di kelas dan genre yang sama yakni Yamaha Jupiter MX 150-series yang hanya dilego Rp 18.950.000 untuk varian tertinggi (MX King), selisih sekitar 2,3 juta.

Jadi itulah dia Kelebihan dan Kekurangan Honda Supra GTR150 versi BlogOtive, silahkan kunjungi beberapa laman lain mengenai motor ini sob. Jangan lupa untuk share artikel ini ke Media Sosial kamu ya!

BAGIKAN
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Motolovers!

LEAVE A REPLY

Harap tulis sebuah komentar
Harap masukan nama kamu