Beranda Perbandingan Adu Yamaha Jupiter MX King vs Suzuki Satria F

Adu Yamaha Jupiter MX King vs Suzuki Satria F

0
BERBAGI

Hallo sahabat BlogOtive, berita harian di label Perbandingan hadir lagi dipekan ini yang akan membahas perbandingan secara Full Comparing antara si pendatang baru raja jalanan dari Yamaha, Jupiter MX King dengan si raja bebeksport dari Suzuki, Satria F yang berjaya bertahun-tahun di kelas 150cc.

Sebelumnya BlogOtive memang sudah pernah membuat perbandingan, namun dulu kan yang menjadi patokan masih Exciter jadi belum real 100%, jadi dipostingan ini menjadi artikel tambahan dan melengkapi post sebelumnya.

Bagaimana jadinya apabila kedua motor ini dibandingkan, siapa yang akan menjadi pemenang? Mari Adu Satria F dengan Jupiter MX King bersama BlogOtive.

Jupiter MX King vs Satria F

MESIN
Kita mulai dari Dapur Pacu, sama-sama menggunakan mesin 150cc dengan 4 valve dan 4 klep namun bedanya Jupiter MX King menggunakan mesin SOHC (Single Overhead Camshalf) dengan 5 Percepatan sedangkan Satria F menggunakan DOHC (Double Overhead Camshalf) 6 Percepatan.

Satria F masih menggunakan karburator sementara Jupiter MX telah menggunakan Fuel Injection dan teknologi mesin baru Yamaha Bluecore.

Power maksimal yang bisa dihasilkan Jupiter MX king yakni 15,15 daya kuda sedangkan Satria F unggul dengan 16 daya kuda. Namun saat diuji pada Torsi maksimal, tenaga yang bisa dihasilkan Jupiter MX King unggul dengan 13,8 Nm sedangkan Satria F dengan 12,76 Nm.

DIMENSI & UKURAN BAN
Jika dilihat sepintas, MX king terlihat besar dan itu benar karena dengan dimensi 1970mm x 670mm x 1080mm sedangkan Satria F lebih kecil, ramping dan pendek dengan dimensi 1945mm x 652mm x 941 mm.

Jupiter MX juga lebih gembot soal ban dibanding Satria F, dengan ukuran 120/70-17 dibelakang dan 70/90-17 untuk depan sedangkan Satria lebih kecil yakni hanya 80/90-17 dibelakang dan 70/80-17 didepan.

FITUR
Yamaha Bluecore adalah yang palin nampak melekat di Yamaha Jupiter MX King, selain itu pada spedometernya yang bisa mengisikan nama Penggunanya dengan indikator lengkap.
Sementara itu dari Satria F adalah SCEM (Suzuki Composite Electrochemical Material) pada silinder si Satria.

IRIT
Soal irit siapa pemenangnya? ya, pemenangnya adalah Yamaha Jupiter MX King dengan berhasil membuat catatan 49,8 KM/ Liter sedangkan Satria F hanya 42,63 KM/Liter.

Faktor mesin jelas mempengaruhi soal irit bro, jelas saja mesin DOHC lebih boros (Satria), biasanya karakteristik mesin ini akan irit bila dipakai dengan kecepatan tingi dan sangat tidak cocok dikendarai sambil digeber-geber.

TENAGA
Soal irit jelas MX King pemenangnya, namun soal Kecepatan dan Tenaga? ya, jawabanya adalah Satria F yang unggul 16 tenaga kuda dimana Jupiter MX hanya 15,15 tenaga kuda saja.

HARGA
Untuk soal harga, kedua motor ini tidak berjarak terlalu jauh dimana Jupiter MX biasa dengan Rp18,95 juta dan Jupiter MX Rp18,45 juta. Sedangkan Satria F dengan harga yang vaiatif, edisi terbaru mencapai Rp. 20 juta lebih yang telah dilengkapi alarm dan Rp19,82 juta diluar model special edition.

KESIMPULAN
Kedua motor ini memiliki Kelebihan dan Kelemahan tersendiri, MX King dengan SOHC Fuel Injection plus Bluecore yang pastinya lebih irit sementara Satria F dengan DOHC dan Karburator yang jelas lebih bertenaga. MX King lebih gagah namun Satria F lebih ramping. Jupiter MX King unggul di Torsi namun hanya 5 percepatan , Satria F kalah di Torsi maksimum namun 6 percepatan.

BERBAGI
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

Tinggalkan Balasan