Beranda Perbandingan Adu Yamaha Jupiter MX King 150 vs Suzuki Satria FU, Full Comparison

Adu Yamaha Jupiter MX King 150 vs Suzuki Satria FU, Full Comparison

0
BERBAGI

Persaingan Motor kelas 150cc kini kembali terjadi dan lagi-lagi melibatkan Satria FU yang sampai saat ini merajai Pasar 150cc. Dalam hal ini, menarik rasanya bila kita melakukan perbandingan dalam segala aspek (Full Comparison) antara Jupiter MX King 150 vs Satria FU 150.

Satria FU vs Yamaha MX King 150

Hal yang dibandingkan kali ini adalah dari sektor Dapur Pacu, Fitur, Tampilan, Transmisi hingga Harga.
Baiklah marilah kita mulai,

DESIGN
Untuk bagian Design atau tampilan, Satria FU mengusung motor ramping, berbanding terbalik dengan Jupiter MX King 150 ya memang dikarenakan mengadopsi Jupiter MX yang sebelumnya namun yang sekarang tampil lebih kekar, sementara jika Satria memiliki Body yang langsing tapi cukup elegan jika diniaki.

kalau seperti ini menang yang mana? Jawabanya adalah tergantung selera pemakai atau bisa juga diserasikan dengan tubuh pemakainya. jika lebih gemuk maka akan lebih cocok menggunakan Jupiter MX 150.

MESIN
Dari Segi Engine dan kecepatan nampaknya besutan terbaru Yamaha dan Motor Kondang dari Suzuki ini sedikit imbang-imbangan meskipun memiliki perbedaan jenis engine, Satria FU dengan DOHC sementara Jupiter MX King dengan SOHC.
Perbandingan pertama dari segi Power. Suzuki Satria FU unggul, power 16 HP pada 9500 RPM namun untuk Yamaha Jupiter MX King 150 hanya bisa menghasilkan power sebesar 15.4 HP pada 8500 RPM.

Perbandingan kedua dari segi Torsi , disini berbanding terbalik. Yamaha Jupiter MX King 150 lebih unggul dimana motor ini bisa mengeluarkan toksi maksimum sebesar 13.8 Nm pada 7000 RPM sementara itu Suzuki Satria FU hanya bisa mengeluarkan toksi maksimum sebesar 12.4 Nm pada 8500 RPM.

Untuk soal teknologi Engine, Satria FU menggunakan teknologi Suzuki Composite Electrochemical Material (SCEM) sementara Jupiter MX King menggunakan teknologi Diasil Cylinder dan Forged Piston.

Dan untuk pendingin mesin, Yamaha MX King 150 dengan Liquid Cooled sementara Satria FU dengan Oil Cooled.

DIMENSI
Jika diatas kita membandingkan Design dan Engine, maka sekarang kita akan membandingkan segi Dimensi.
Untuk berat, tentu saja dengan body yang slim maka Satria FU memiliki berat yang lebih ringan, hanya 107 Kg sedangkan si Kekar Jupiter MX King 150 memiliki berat 115 Kg.
Sekarang ukuran Ban, untuk ban depan keduanya sama, namun untuk ban belakang Jupiter MX lebih gembot dengan ukuran 120/70-17 sementara Satria FU berukuran 80/90-17.


TRANSMISI
Sekarang kita Adu perbandingan Transmisinya bro, siapa yang bakalalan akan sesuai dengan keinginan anda?
Soal Transmisi, Yamaha Jupiter MX King 150 hanya dengan 5 speed saja, sementara Satria FU menggunakan 6 Speed.


FITUR LAINYA
Untuk Indikator kedua motor sudah memiliki Panel Indikator Digital dan Analog hanya saja Satria FU memiliki fitur Suzuki Drive Mode Selector (S-DMS) untuk memilih tipe Eco Ride atau Power Ride. Satria FU menang dalam hal ini, namun dalam fitur lain Jupiter MX King dilengkapi dengan Kunci berpengaman Magnet (Secure Key Shutter) dan Lampu belakang yang sudah ber-LED yang keduanya tidak dimiliki Satria FU.
Untuk pengereman, kedua motor sama yakni Depan dan Belakang menggunakan Rem jenis Disk Brake.

HARGA
Oke, yang terakhir ini adalah soal Harga dimana keduanya hampir sama, Satria FU dibandrol dengan harga Rp. 19,8 jutaan, dan Jupiter MX King sekitar Rp. 19 jutaan.

Baiklah pembaca BlogOtive, itulah Hasil Perbandingan (Full Comparison) antara Suzuki Satria FU dengan Yamha Jupiter MX King 150.

BERBAGI
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

Tinggalkan sebuah balasan

Mohon ketikkan komentar
Mohon masukan nama kamu disini