29.1 C
Yogyakarta
Senin, April 19, 2021

Adu Yamaha Jupiter MX King 150 vs Suzuki Satria FU, Full Comparison

Persaingan Motor kelas 150cc kini kembali terjadi dan lagi-lagi melibatkan Satria FU yang sampai saat ini merajai Pasar 150cc. Dalam hal ini, menarik rasanya bila kita melakukan perbandingan dalam segala aspek (Full Comparison) antara Jupiter MX King 150 vs Satria FU 150.

Satria FU vs Yamaha MX King 150

Hal yang dibandingkan kali ini adalah dari sektor Dapur Pacu, Fitur, Tampilan, Transmisi hingga Harga.
Baiklah marilah kita mulai,

DESIGN
Untuk bagian Design atau tampilan, Satria FU mengusung motor ramping, berbanding terbalik dengan Jupiter MX King 150 ya memang dikarenakan mengadopsi Jupiter MX yang sebelumnya namun yang sekarang tampil lebih kekar, sementara jika Satria memiliki Body yang langsing tapi cukup elegan jika diniaki.

kalau seperti ini menang yang mana? Jawabanya adalah tergantung selera pemakai atau bisa juga diserasikan dengan tubuh pemakainya. jika lebih gemuk maka akan lebih cocok menggunakan Jupiter MX 150.

Baca juga:  Perbedaan Honda CB dan CBR series

MESIN
Dari Segi Engine dan kecepatan nampaknya besutan terbaru Yamaha dan Motor Kondang dari Suzuki ini sedikit imbang-imbangan meskipun memiliki perbedaan jenis engine, Satria FU dengan DOHC sementara Jupiter MX King dengan SOHC.
Perbandingan pertama dari segi Power. Suzuki Satria FU unggul, power 16 HP pada 9500 RPM namun untuk Yamaha Jupiter MX King 150 hanya bisa menghasilkan power sebesar 15.4 HP pada 8500 RPM.

Perbandingan kedua dari segi Torsi , disini berbanding terbalik. Yamaha Jupiter MX King 150 lebih unggul dimana motor ini bisa mengeluarkan toksi maksimum sebesar 13.8 Nm pada 7000 RPM sementara itu Suzuki Satria FU hanya bisa mengeluarkan toksi maksimum sebesar 12.4 Nm pada 8500 RPM.

Baca juga:  Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150 resmi di rilis, Siap Mendominasi!

Untuk soal teknologi Engine, Satria FU menggunakan teknologi Suzuki Composite Electrochemical Material (SCEM) sementara Jupiter MX King menggunakan teknologi Diasil Cylinder dan Forged Piston.

Baca juga:  Penjualan Honda Sonic vs Suzuki Satria 3 bulan terakhir

Dan untuk pendingin mesin, Yamaha MX King 150 dengan Liquid Cooled sementara Satria FU dengan Oil Cooled.

DIMENSI
Jika diatas kita membandingkan Design dan Engine, maka sekarang kita akan membandingkan segi Dimensi.
Untuk berat, tentu saja dengan body yang slim maka Satria FU memiliki berat yang lebih ringan, hanya 107 Kg sedangkan si Kekar Jupiter MX King 150 memiliki berat 115 Kg.
Sekarang ukuran Ban, untuk ban depan keduanya sama, namun untuk ban belakang Jupiter MX lebih gembot dengan ukuran 120/70-17 sementara Satria FU berukuran 80/90-17.


TRANSMISI
Sekarang kita Adu perbandingan Transmisinya bro, siapa yang bakalalan akan sesuai dengan keinginan anda?
Soal Transmisi, Yamaha Jupiter MX King 150 hanya dengan 5 speed saja, sementara Satria FU menggunakan 6 Speed.


FITUR LAINYA
Untuk Indikator kedua motor sudah memiliki Panel Indikator Digital dan Analog hanya saja Satria FU memiliki fitur Suzuki Drive Mode Selector (S-DMS) untuk memilih tipe Eco Ride atau Power Ride. Satria FU menang dalam hal ini, namun dalam fitur lain Jupiter MX King dilengkapi dengan Kunci berpengaman Magnet (Secure Key Shutter) dan Lampu belakang yang sudah ber-LED yang keduanya tidak dimiliki Satria FU.
Untuk pengereman, kedua motor sama yakni Depan dan Belakang menggunakan Rem jenis Disk Brake.

Baca juga:  Honda New CBR150R 2016 bakal meramaikan sport 150cc
Baca juga:  Perbedaan Honda CB dan CBR series

HARGA
Oke, yang terakhir ini adalah soal Harga dimana keduanya hampir sama, Satria FU dibandrol dengan harga Rp. 19,8 jutaan, dan Jupiter MX King sekitar Rp. 19 jutaan.

Baiklah pembaca BlogOtive, itulah Hasil Perbandingan (Full Comparison) antara Suzuki Satria FU dengan Yamha Jupiter MX King 150.

Hendri Widananto
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015 hingga kini.

Baca Juga

Modifikator: Yamaha NMax 155 Motor yang Mudah di Modifikasi

BLOGOTIVE.COM - Berkembangluasnya modifikasi sepeda motor di Tanah Air juga marak pada kategori MAXI Yamaha. Ubahannya menjadi sebuah karya seni yang tidak...

Kecintaan Trabas meski di Usia Tua, 50 Tahun NgeTrail dengan WR 155 R

BLOGOTIVE.COM - Memadukan hobi terabas dan kecintaan akan sepeda motor Trail dilakukan para penggunanya tanpa memandang faktor yang mungkin dianggap sebagai penghalang....

Wajib Uji Emisi Kendaraan Bermotor Termasuk Roda Dua, Yamaha Beri Dukungan

BLOGOTIVE.COM - Dinas lingkungan hidup DKI Jakarta saat ini tengah menjalankan sosialisasi program wajib uji emisi untuk sepeda motor.  Dalam mendukung program tersebut,...

Tetap Terhubung

2,717FansSuka
1,505PengikutMengikuti
92,093PelangganBerlangganan

Terbaru

Starting Grid MotoGP Portugal 2021, Quartararo Start Posisi Pertama

BLOGOTIVE.COM - Starting Grid MotoGP Portugal 2021 menempatkan pembalap Pabrikan Yamaha, Fabio Quartararo meraih Pole Position dengan laptime 1 menit 38,8 detik...

Jam Tayang MotoGP Portugal 2021 Minggu Malam di Trans7

BLOGOTIVE.COM - Jam Tayang MotoGP Portugal akan di siarkan secara Langsung di Trans7 malam nanti, 18 April 2021 mulai pukul 18:00 WIB...

Arti Kedipan Indikator Mesin Menyala Kuning (MIL) di Spidometer Motor Honda

BLOGOTIVE.COM - Saat ini semua sepeda motor Honda telah menggunakan sistem PGM-FI, dimana salah satu kelebihan dari sistem ini dapat mendiagnosa permasalahan...

Prediksi MotoGP Portugal 2021, Revans Yamaha-Ducati Part 3

BLOGOTIVE.COM - MotoGP Portugal 2021 diprediksi akan kembali memanas, Pembalap tuan rumah tim pabrikan KTM, Miguel Oliveira memiliki sejarah manis di Sirkuit...

Modifikator: Yamaha NMax 155 Motor yang Mudah di Modifikasi

BLOGOTIVE.COM - Berkembangluasnya modifikasi sepeda motor di Tanah Air juga marak pada kategori MAXI Yamaha. Ubahannya menjadi sebuah karya seni yang tidak...