Honda PCX Lokal pakai mesin Vario 150 eSP
Honda PCX Lokal pakai mesin Vario 150 eSP

Honda PCX Lokal pakai Mesin Vario 150, Lalu Berapa Powernya?

Diposting pada

Halo masdab dimanapun anda berada, Honda PCX 150 Lokal model 2018 ternyata pada bagian mesin atau dapurpacunya malah meninggalkan mesin PCX Lama dan Pakai basis mesin Vario 150 eSP.

Seperti kita ketahui bersama, dulu Honda PCX 150 (Import Thailand) dibuat bersamaan dengan mesin baru berkubikasi 152,9 cc, ukuran piston 58,0 x 57,9 mm dengan tenaga maksimum sebesar 9,67 kW @ 8.500 rpm didukung torsi 13,1 Nm pada 5.500 rpm.

Namun mesin itu tidak dipakai lagi untuk Honda PCX Lokal maupun global yang di jual Honda Thailand sendiri.

Honda PCX 150 2018 justru menggunakan basis mesin Vario 150 eSP yang memiliki kubikasi mesin 147,3 cc dengan diameter x langkah piston 57,3 x 57,9. Mesin ini mampu mengeluarkan power 9,3 kW @ 8.500 rpm dan Torsi maksimal 12,8 Nm @ 5.000 rpm.

Mesin Honda Vario 150 eSP
Mesin Honda Vario 150 eSP

Memang performa kedua mesin tersebut tidak terpaut jauh, hanya berselisih 0,3 untuk tenaga maupun torsinya.

Namun yang perlu dicatat, meskipun Honda PCX Lokal pakai mesin Vario, menurut Presiden Direktur PT Astra Honda Motor (AHM), Honda telah melakukan beberapa perubahan pada sektor dapur pacu supaya mesin PCX memiliki performa yang lebih baik.

“Basis mesinya sama [Vario 150] tapi intake dan exhaust berbeda. Tetap ada penyesuaian agar performanya lebih baik,” kata Toshiyuki Inuma dikutip dari Oto.com.

Lalu Berapa Power Mesin Honda PCX terbaru ini?

Sayangnya, Honda merahasiakan tenaga maksimal hasil racikan mesin basis Vario 150 ini. Infonya masih disimpan rapat-rapat dan katanya tahun depan baru akan di umumkan.

Dengan ubahan di sektor dapur pacu bisa jadi powernya lebih besar daripada Vario, namun yang perlu dicatat juga bahwa kedua motor ini, Vario dan Honda PCX memiliki berat yang berbeda, kelihatanya PCX lebih berat dan kalau memang faktanya benar nantinya akan mempengaruhi PWR (power to weight ratio).

Honda Vario 150 eSP memiliki berat kosong 109 Kg nah kalau Honda PCX Lokal terbaru ini masih belum diketahui, masih rahasia juga kayaknya.

Akhir kata sebagai penutup, itulah dia fakta mengenai Honda PCX Lokal 2018 yang ternyata pakai basis mesin Honda Vario 150 eSP, semoga powernya bisa diakali dengan racikan AHM supaya selain keren dan banyak fitur di Honda PCX performanya juga tetap terjaga. Soal yang masih tanda tanya, nantikan episode selanjutnya. Salam gaspol!

Gambar Gravatar
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!