Beranda Yamaha 4 Fitur All New Yamaha R15 yang menjadi kelebihan

4 Fitur All New Yamaha R15 yang menjadi kelebihan

0
BERBAGI
Suspensi Up-Side Down

Fitur All New R15 adalah yang akan kita bahas dalam artikel kali ini, mungkin banyak teman-teman yang penasaran tentang apa sih keunggulan motor yang diperkenalkan Januari 2017 lalu bersama Maverick Vinales dan tiga pembalap Indonesia Hendra, Imanuel dan Ratukore tersebut. Nah, sekarang kita akan membahasnya lebih dalam.

Rilis Yamaha R15 2017 bersama Maverick Vinales

All New R15 2017 ini diperbarui oleh Yamaha setelah kedua rival dari Jepang juga melakukan hal yang sama, Honda CBR150R datang dengan mesin baru kengan karakter mesin galak di putaran menengah serta tampilan baru yang lebih racy dengan jok split seat dengan membawa basis design CBR500R terbaru. Suzuki juga mendatangkan GSX-R150 yang merupakan cikal kebangkitan si biru muda, motor 150 cc dengan mesin Overstroke yang mampu bernafas panjang menghasilkan top speed diatas 140 Kpj saat di tes.

Honda CBR150R dan Suzuki GSX-R150 memiliki kelebihan tersendiri dan semakin memberikan kita banyak pilihan untuk yang pengen naik sport 150 cc, setelah New R15 datang membawa basis design New R6 2017 yang lebih aerodinamis dan lampu lebih sipit, kamu pasti tambah bingung dengan pilihan yang ada.. pilih CBR, GSX apa R15? jujur BlogOtive sendiri juga bingung kalau surum milih ketiganya, soalnya punya kelebihan masing-masing.. Nah, ngomongin soal kelebihan.. kita stop dulu tentang CBR dan GSX, mungkin kita bahas di artikel lainya, kita ke All New R15 dengan fitur-fiturnya yang menjadikan motor ini jadi punya kelebihan dibanding rivalnya.. apa saja?

All New Yamaha R15

4 Fitur Kelebihan All new R15 2017 yang menjadi kelebihan dibanding rival

Assist and Slipper Clutch

Fitur Assist & Slipper Clutch Yamaha R15Yang pertama dan paling mencolok adalah fitur ini, Assist and Slipper Clutch.. karena bisa dibilang Yamaha yang pertama mengaplikasikan fitur yang biasanya ada pada moge, fungsi utama adalah untuk membantu Shifting gear lebih mudah, Assist untuk menaikkan gear ke lebih tinggi dan Slipper untuk downshift atau menurunkan gigi, pada simpulan praktiknya ditambahkan sebuah alat khusus yang berfungsi untuk beban kopling berkurang dan efeknya pergantian gigi jadi lebih mudah dioperasikan.

Dengan fitur Assist and Slipper Clutch, New R15 akan lebih mudah untuk memindahkan posisi gear, meski saya sendiri belum pernah mencoba sih Assist and Slipper milik New R15 ini perbedaanya seperti apa bila dibandingkan generasi sebelumnya yang tidak pakai fitur ini.

Lampu Hazard

Lampu Hazard New R15Kedua Yamaha memberikan lampu Hazard, lampu yang biasanya ada pada kendaraan roda empat dan motor berkubikasi besar untuk roda dua, fungsi Hazard adalah untuk memberikan himbauan kepada pengendara lain untuk berhati-hati, biasanya pakai hazard dalam posisi hendak berhenti atau saat akan berjalan lurus saat bertemu persimpangan.

Menurut BlogOtive, lampu Hazard masih belum terlalu dibutuhkan untuk kendaraan roda dua, apalagi hanya motor berkubikasi 150 cc.. IMHO tapi dengan adanya hazard ya itu lebih baik daripada tidak ada sama sekali, asal digunakan dengan fungsi yang seharusnya.

Sama halnya dengan Assist dan Slipper Clutch, penggunaan Hazard adalah yang pertama kali diterapkan untuk motor 150 cc, R15 sudah pakai lah wong R25 saja belum, tapi mungkin kedepan pakai juga.

Suspensi Inverted Fork aka Up-Side Down (USD)

Suspensi Up-Side DownBerawal dari Yamaha Xabre 150 yang pakai suspensi jenis ini, motor naked yang punya basis mesin sama dengan old R15 (v2) dan karena mungkin kebawa trend dan memang look racingnya dapet banget saat pakai shock jenis Inverted Fork atau USD (Up-Side Down) ini, Yamaha R15 2017 (v3) juga pakai shock jenis USD dab..

Namun shock punya New R15 buatan Kayaba dengan tabung warna hitam, tidak seperti Xabre yang dilabur warna emas. Meski begitu, aura racing R15 jadi lebih menonjol bila dibandingkan saat pakai jenis Teleskopik.

Mesin VVA dengan Power tertinggi dikelasnya

Mesin VVA All New R15 2017Yamaha All New R15 menggunakan mesin berkubikasi 155 cc dengan teknologi Variable Valve Actuation yang bekerja pada RPM 7.400, VVA berfungsi untuk mengatur kinerja klep sesuai dengan kebutuhan jadi penggunaanya lebih optimal.

Motor baru Yamaha sudah mulai dijejali fitur ini, mulai dari skutik 155 cc, 125 cc dan bahkan untuk sport 155 cc seperti R15, dan fitur ini tentunya belum dimiliki oleh rival.

All New R15 juga punya performa mesin yang menurut klaim pabrikan tertinggi dikelasnya, dari spesifikasi diatas kertas memang seperti itu, Mesin 155,1 cc dengan karakter mendekati square ini mampu menghasilkan power 14,2 kW pada 10.000 rpm didukung torsi sebesar 14,7 Nm pada 8.500 rpm.. hanya selisih 0,1 kW dari GSX-R150 (14,1 kW @ 11.000 rpm) versi klaim mereka masing-masing untuk urusan power, tapi jika dilihat dari kubikasinya yang tidak sama (GSX-R150 147,3 cc) maka bisa dikatakan GSX masih unggul, apalagi bobotnya yang ringan daripada R15. Sebelumnya BlogOtive sudah membandingkan Performa R15 dan rival di artikel Komparasi Performa Mesin R15 2017 vs Suzuki GSX-R150 melalui sebuah infografis.

Kurang lebih itu dia 4 Kelebihan Yamaha R15 2017 atau New R15 v3 versi BlogOtive, untuk specs lain seperti Speedometer Digital dirasa semua juga sudah mengaplikasikanya, atau lampu LED yang kompetitornya juga sudah pakai LED. Fitur diatas adalah yang tidak dimiliki pesaing R15 higga saat ini.

BERBAGI
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

Tinggalkan sebuah balasan

Mohon ketikkan komentar
Mohon masukan nama kamu disini