Beranda Honda Solusi atasi suara klotok-klotok CBR150R, CB150R dan Sonic

Solusi atasi suara klotok-klotok CBR150R, CB150R dan Sonic

0
BERBAGI

Menurut klaim dari beberapa konsumen, motor terbaru Honda yang memiliki engine yang sama yakni All New CBR150R, All New CB150R Streetfire dan Sonic 150R, beberapa pemilik CBR150R dan CB150R mendapati masalah dengan terdengar tidak mengenakkan yakni suara klotok-klotok di bagian mesin. Seperti kasus user bro Friant Brusel di YouTube yang mengunggah motor All New CBR150R timbul bunyi-klotok-klotok. Lalu apa solusi atasi suara tersebut? mari diskusikan sama-sama masdab..

Mesin All New CB150R
Mesin All New CB150R

Banyak kasus serupa menimpa motor sport 150cc terbaru Honda, terutama untuk All New CB150R dan kemudian ternyata masalah itu juga dialami oleh pengguna All New CBR150R, setelah diselidiki masalahnya sama yakni ada pada satu parts yang bernama Tensioner Lifter kalau kata mekanik Honda.

Tensioner Lifter pada CB150R,CBR150R dan Sonic
Wujud Tensioner Lifter pada CB150R,CBR150R dan Sonic

Tensioner ini posisinya berada di sebelas sisi kiri blok mesin, bisa lihat di gambar ini.

Posisi Tensioner Lifter
Posisi Tensioner Lifter

Jadi Tensioner Lifter yang fungsinya sebagai pendorong cam chain guide atau bahasa ringanya batang pemandu keteng supaya keteng tetap tegang (agar posisi cam tidak loncat) ini diduga tidak bisa bekerja dengan baik lantaran kondisinya yang lemah atau sudah rusak, jadi suara klotok-klotok timbul disebabkan ketegangan si keteng/cam chain itu yang enggak maksimal.

Dampak yang ditimbulkan dari masalah ini ternyata cukup besar, paling parah jika keteng yang disangga oleh cam chain loncat maka waktu buka tutup klep akan ngaco dan efeknya tenaga yang dihasilkan motor jadi lemah bahkan drop, bisa menyebabkan benturan antara klep dengan piston. Serem juga sob, jadi kalau kiranya klotok-klotok itu petanda tidak optimalnya ketengangan penyangga keteng, kalau sampai keteng loncat akibatnya bisa itu fatal.

Nah, jadi gimana Solusinya? hmm.. Kalau dari saran BlogOtive segera dibawa ke dealer resmi untuk Klaim, katanya sih Gratis asalkan rutin service di AHASS, kemudian part ini bisa diperbaiki atau diganti Tensioner Lifternya dengan yang baru, jika stok tidak ada bisa inden 14 hari kerja. Berikut penuturan mekanik AHASS

“Kalau stok tensioner lifter kosong, maka mesti inden dulu 14 hari kerja. kalau ready paling 30 menit selesai,” ujar mekanik, narasumber Otomotifnet yang enggan disebutkan namanya.

Untuk sobat yang bisa, katanya Tensioner lifter ini juga bisa diperbaiki sendiri, caranya dengan dibongkar dan digulung ulang plat penegangnya supaya lebih kuat. Monggo dicoba, kalau kiranya enggak yakin ya lebih baik diganti saja.

BERBAGI
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Motolovers!

Tinggalkan sebuah balasan

Mohon ketikkan komentar
Mohon masukan nama kamu disini