25.6 C
Yogyakarta
Minggu, November 28, 2021

Mudahnya Bayar Pajak Tahunan Motor di SAMSAT Gunungkidul

Bayar Pajak Tahunan merupakan kewajiban pemilik kendaraan yang dimana setahun sekali kita melakukan pengesahan STNK dan pergantian Surat Ketetapan Pajak daerah yang sekaligus membayar Asuransi Jasa Raharja.

Desember 2017 lalu saya melakukan pembayaran Pajak Si Black Jack untuk pertama kalinya, All New CB150R SE yang memiliki NJKB sebesar 18 juta sekian ini didaftarkan di Yogyakarta dengan nilai PKB Rp 270 ribuan, saat itu saya membayar pajak total Rp 331.500 (termasuk administrasi dan SW-JR).

Di Artikel ini saya akan membagikan pengalaman Mudahnya membayar Pajak Tahunan di SAMSAT Gunungkidul, karena motor ini didaftarkan di Jogja lantai dua. Saya tidak bayar pajak melalui SAMSAT Corner di Galeria dan memilih bayar pajak langsung ke SAMSAT karena memang pas lagi pulang, pada hari Senin kembali ke Jogja, sekalian mampir di SAMSAT GK yang letaknya di Wonosari ini.

Baca juga:  Mudahnya Membayar Pajak Tahunan melalui SAMSAT Desa di Samsat Desa Semugih Gunungkidul

Mudahnya Bayar Pajak Tahunan di SAMSAT Gunungkidul

Mudah, karena persyaratan untuk pembayaran pajaknya sangat mudah sekali.. cukup bawa STNK Asli, Fotocopy KTP dan STNK gabungan pada 1 lembar, terpisah juga boleh.

Tidak seperti dulu lagi aturan persyaratan di SAMSAT DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta) yang mewajibkan menggunakan BBKB, menurut saya pakai BPKB memang hanya menyulitkan. Kenapa?

Baca juga:  STNK Motor Mati lebih dari 2 Tahun Telat, Awas Di Hapus!

Karena untuk kendaraan yang BPKB-nya masih ditangan leasing atau kreditur, penggunanya harus mengurus surat keterangan terlebih dahulu, ini ribet dan pasti akan jadi alasan untuk yang mbleler bayar pajak tahunan. Nah untuk pergantian STNK dan plat nomor (5 tahunan) baru deh pakai BBKB, dan memang persyaratanya seperti itu. Sip!

Baca juga:  Layanan SAMSAT Libur selama Lebaran, Pajak yang Telat atau Tempo Bebas Denda

Pengguna yang status motornya 2nd dan belum dibalik nama juga dimudahkan dengan persyaratan ini, tidak perlu bawa KTP asli pemilik lamanya, cukup fotocopy saja bisa bayar pajak. Intinya, sangat dimudahkan, tidak sulit.

Papan Informasi Tertempel dimana-mana

Transparan dan informatif, itulah kesan pertama ketika memasuki gerbang masuk SAMSAT GK. Disana kita sudah disambut berbagai papan informasi mulai dari jam buka, persyaratan pajak tahunan dan tarif non-pajak yang diperbarui 2016 lalu, itu yang ada di luar.

Di dalamnya, ada alat untuk mengetahui segala sesuatu tentang motor, kotak saran dan papan informasi mengenai prosedur pajak dari tahunan, 5 tahun, mutasi luar daerah, STNK hilang, bea balik nama dll, dicantumkan juga estimasi bayar pajak ini berapa menit dll.. Tahu banget kan kalau orang bayar pajak itu waktunya minim banget, soalnya pas working day (business day).

Baca juga:  Cara Menghitung Pajak Motor hanya dengan melihat STNK

Pelayanan Super Cepat

Sebelum jam operasional buka pukul 08:00 WIB, pembayar pajak sudah bisa mengantri dengan menumpuk berkas persyaratan dan nomor antrian, jadi pukul delapan eksekusinya.

Baca juga:  Cara Menghitung Denda Pajak Motor yang Telat Tahunan maupun Bulanan

Bayar Pajak Tahunan Sepeda Motor di SAMSAT
Loket Pendaftaran sudah dibuka lebih awal sebelum pukul 08:00 WIB sudah bisa melakukan pendaftaran

Cepat sekali pelayananya, saya mendapat antrian nomor 17 waktu itu dan tidak ada 30 menit nomor antrian sudah dipanggil.

Disana juga bertemu sama bro Syarif, teman SMP yang kebetulan mengantar temanya membayar pajak tahunan juga.

Akhir kata, itulah dia pengalaman saya membayar Pajak Tahunan Sepeda Motor di SAMSAT Gunungkidul, persyaratanya sama ya dengan SAMSAT lain di DIY.

Hendri Widananto
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015 hingga kini.

Baca Juga

Biaya Biro Jasa STNK Perpanjangan Tanpa KTP, Ini Tarifnya

BLOGOTIVE.COM - Perpajakan masih menjadi kendala bagi beberapa orang yang membeli kendaraan bekas atau second, jika hendak perpanjangan tahunan si pemilik STNK...

Efek Virus Corona, Ditolak Satpas hingga Pelayanan SIM Tutup

* Akibat korona SIM Keliling berhenti beroperasi sementara * SIM Corner (Gerai SIM) tutup * Satpas Polres tutup juga * Ditolak Satpas Polresta Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Tetap Terhubung

2,717FansSuka
1,505PengikutMengikuti
92,093PelangganBerlangganan

Terbaru

Jual Beli Mobil Bekas Aman dan Berkualitas hanya lewat Online

Jual mobil di masa pandemic ini bisa dengan mudah asalkan tetap dan masih menggunakan protocol kesehatan selama beraktivitas diluar rumah. Untuk mengakomodir...

Mobil Bekas dengan Harga Terjangkau di Balai Lelang IBID

Beli mobil bekas dengan metode lelang mulai digemari masyarakat. Salah satu balai lelang yang paling sering digunakan adalah IBID. Tidak hanya kendaraan...

Kelebihan & Kelemahan Avanza FWD / Penggerak Roda Depan, Bukan Pelibas Tanjakan Lagi?

BLOGOTIVE.COM - Toyota Avanza baru-baru ini ramai diperbincangkan di kalangan netizen, pasalnya mobil sejuta umat di Indonesia ini sudah ketahuan wujud versi...

Review Singkat Suzuki Ertiga, MPV Penantang Toyota Avanza

Review singkat Suzuki Ertiga yang akan kita bahas kali ini menjadi topik yang menarik bagi pecinta otomotif Indonesia. Mobil...

[Foto] Bocoran All New Avanza Veloz Hitam tipe Q 2022 Interior-Exterior, Fitur Naik Kelas

BLOGOTIVE.COM - Sudah bukan rahasia lagi, Bocoran All New Avanza Veloz tipe Q terlanjur menyebar di jagat maya.. di artikel ini saya...