29.3 C
Yogyakarta
Kamis, Oktober 14, 2021

Kenali Arti Singkatan STNK atau SKPD; PKB, BBN-KB dan TNKB

BLOGOTIVE.COM – Mungkin teman-teman masih penasaran dengan singkatan-singkatan yang ada pada Surat Ketetapan Pajak Daerah, lembar selain STNK, disana ada singkatan seperti PKB, BBN-KB, TNKB dll.. lantas apa kepanjanganya?

Sebagai wajib pajak memang seharusnya kita tahu rincian-rincian apa saja yang kita bayarkan, kemana uang kita dikelola dll. Nah disini saya akan membahasnya bersama-sama masdab.

Kalau STNK adalah Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor dalam bahasa Internasionalnya adalah Vehicle Registration Certificate, yakni legalitas sepeda motor yang didaftarkan dan disahkan oleh Direktorat Lalulintas Kepolisian Republik Indonesia. STNK disahkan setiap 5 tahun sekali atau yang kita kenal ganti plat nomor/perpanjang plat nomor.

Sedangkan selembar lagi dibalik STNK ada Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD) yakni tanda wajib pajak sebagai pengendara sepeda motor, pajak kendaraan dalam SKPD dikelola oleh Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) dan PT Jasa Raharja sebagai perusaan milik negara sebagai keperluan asuransi. SKPD dibayarkan setiap tahun sekali atau yang dikenal pajak tahunan.

Makanya tempat pelayananya disebut Samsat yang kepanjanganya adalah Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap, karena ada tiga instansi didalamnya yakni Kepolisian, Dinas Pendapatan Daerah dan PT Jasa Raharja.

Nah, kalau data-data dalam STNK mungkin kita sudah tahu semuanya karena memang tidak ada singkatan-singkatan dalam surat tersebut, nah kalau SKPD ada banyak sekali singkatan-singkatan yang musti kita pelajari. Yuk kita simak!

Singkatan-Singkatan dalam SKPD

Singkatan STNK atau SKPD
Singkatan STNK atau SKPD

  • BBN-KB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor)

BBN-KB merupakan biaya administrasi Pemindahtanganan kepemilikan dari pabrikan ke pemilik pertama atau pemilik pertama ke pemilik kedua dst. Kebijakan tarif BBN-KB tergantung masing-masing Dispenda (Dinas Pendapatan Daerah).

  • PKB (Pajak Kendaraan Bermotor)

PKB merupakan Pajak pokok kendaraan bermotor yang harus dibayarkan para wajib pajak. Tarif PKB biasanya 15% dari NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) tapi berbeda-beda setiap daerah (tergantung kebijakan). Pajak masuk dan dikelola oleh Dispenda.

  • SW-JASA RAHARJA (Sumbangan Wajib Jasa Raharja)

Dulunya bernama SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan) merupakan asuransi untuk korban kecelakaan si pemilik asuransi, sumbangan ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Negara, PT Jasa Raharja. Rp 35 ribu untuk motor berkapasitas mesin 250 cc kebawah.

  • BIAYA ADM STNK (Biaya Administrasi Surat Tanda Nomor Kendaraan)

Biaya Administrasi STNK atau pengesahan yang dilakukan setiap tahun sekali. Biaya ini masuk ke Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yakni Rp 25 ribu untuk sepeda motor, besaran tarif ini berdasarkan PP No. 60 tahun 2016. Selengkapnya baca: Biaya Pengurusan STNK dan BPKB Tarif baru 2018.

  • BIAYA ADM TNKB (Biaya Administrasi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor)

Biaya Administrasi pembuatan Plat Nomor (TNKB) untuk kendaraan baru dan perpanjangan plat nomor/STNK lima tahun sekali, Biayanya Rp 60 ribu untuk kendaraan roda dua.. sama seperti ADM STNK. ADM TNKB ini juga masuk PNBP.

  • SANKSI ADM (Sanksi Administrasi)

Denda keterlambatan bayar pajak, membayar 25% per tahun dan bertambah 2% setiap kelebihan bulanya. BlogOtive sudah membasnya di artikel Cara Menghitung Denda Pajak Motor yang Telat Bulanan maupun Tahunan.

Nah jadi itulah dia Singkatan-singkatan pada STNK atau SKPD-nya yang sudah saya jabarkan juga pengertian dan kemana hasil pendapatan pajak itu dikelola/disetorkan. Semoga bermanfaat! (Hendri)

Hendri Widananto
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015 hingga kini.

Baca Juga

Ngecas HP di Motor Tidak Membuat Aki Soak, Ini Penjelasanya

BLOGOTIVE.COM – Fitur pengisian daya / power charger menjadi salah satu fitur yang ditawarkan oleh sepeda motor tipe skutik keluaran terbaru seperti Honda BeAT,...

Wajib Uji Emisi Kendaraan Bermotor Termasuk Roda Dua, Yamaha Beri Dukungan

BLOGOTIVE.COM - Dinas lingkungan hidup DKI Jakarta saat ini tengah menjalankan sosialisasi program wajib uji emisi untuk sepeda motor.  Dalam mendukung program tersebut,...

Astra Motor Yogyakarta Gelar Ujian SIM C Gratis dan Pelatihan Safety Riding

BLOGOTIVE.COM - Astra Motor Yogyakarta selaku main dealer sepeda motor Honda wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kedu, dan Banyumas bekerja sama dengan...

Tinggalkan Balasan

Tetap Terhubung

2,717FansSuka
1,505PengikutMengikuti
92,093PelangganBerlangganan

Terbaru

Pajak Innova Reborn 2016-2021 Bensin dan Diesel, Catat Sebelum Membeli!

BLOGOTIVE.COM - Siapa yang tidak tahu Toyota Kijang Innova, mobil MPV 7 seater yang sudah sejak lama menjadi favorit masyarakat Indonesia karena...

9 Pilihan Warna Honda BeAT 2021, Dibagi Dua Varian

BLOGOTIVE.COM - Untuk kamu yang pengen meminang Honda BeAT, tidak tanggung-tanggung ada 9 pilihan warna keren yang disediakan PT Astra Honda Motor...

Biaya Biro Jasa STNK Perpanjangan Tanpa KTP, Ini Tarifnya

BLOGOTIVE.COM - Perpajakan masih menjadi kendala bagi beberapa orang yang membeli kendaraan bekas atau second, jika hendak perpanjangan tahunan si pemilik STNK...

All New CB150R facelift 2021 Resmi Launching di Yogyakarta, Kedu dan Banyumas

BLOGOTIVE.COM - Astra Motor Yogyakarta selaku Main Dealer sepeda motor Honda wilayah DIY, Kedu, dan Banyumas secara resmi telah memperkenalkan motor sport...

Starting Grid MotoGP Perancis 2021, Quartararo Pole Position

BLOGOTIVE.COM - Starting Grid MotoGP Perancis 2021 di Sirkuit Le Mans menempatkan pembalap pabrikan Yamaha, Quartararo start dari posisi pertama, Fabio meraih...