Beranda Yamaha Yamaha Vixion Major change pakai mesin 155 cc VVA

Yamaha Vixion Major change pakai mesin 155 cc VVA

0
BERBAGI

Yamaha ternyata diam-diam telah menyiapkan amunisi untuk mengganjal kompetitor, dia adalah untuk naked suksesor si garpu tala, Yamaha Vixion yang akan mendapatkan update Major Change pakai mesin berkubikasi 155 cc yang kemungkinan dilengkapi juga dengan teknologi pengoptimalan kinerja klep, VVA (Variable Valve Actuator) seperti punyanya Yamaha NMax.

Sebuah kode Project BK8 menjadi santer terdengar di kalangan blogoshpere, All New CB150R sebagai product penggalang Vixion sekarang lagi menggebu-gebu menuai sukses dengan segala kelebihan yang diberikan kepada penggunanya, termasuk mesin DOHC-nya. Dengan kode BK8 atau Vixion 155 sepertinya Yamaha ingin memberikan perlawanan.

Mesin Yamaha Vixion
Mesin Yamaha Vixion 149,7 cc

Yamaha Vixion tebaru saat ini, Vixion Advance memiliki mesin berkubikasi 149,7 cc SOHC dengan karakter Overstroke, kemudian kedepan bakalan dibuat Vixion dengan kubikasi 155 cc (BK8) dan mungkin membawa teknologi VVA yang saat ini digunakan oleh NMax. Apakah akan tetap Single Overhead (SOHC) ? Hmm entahlah.. kalau untuk NMax sih masih SOHC, namun kalau mau dibuat varian engine DOHC kan ya lebih bagus.. secara motor ini sudah unggul di kubikasi mesin.

Banyak kalangan menginginkan Yamaha Vixion menggunakan mesin Dual Cam seperti kompetitor, namun Yamaha Indonesia sendiri masih bersikukuh menganggap SOHC masih superior dan lebih worth-it dibandingkan DOHC, sedangkan disisi lain DOHC dirasa lebih menjual meskipun pada hasil lapangan performa DOHC-SOHC tidak jauh beda. Ya.. bagaimana kalau BK8 Yamaha Vixion 155 pakai mesin DOHC? menurutku itu bagus.. Transmisi 6-speed tapi ya, tapi kalau varian engine DOHC mau ditaruh di kelas 150 cc yang lebih tinggi seperti Yamaha R15 atau Xabre ya itu mappingnya lebih bagus lagi menurut BlogOtive karena SOHC lebih cocok untuk motor harian menurut opini kami.

Mesin Vixion SOHC
Mesin Vixion saat ini

Berbarengan dengan BK8, Yamaha BK6 atau yang merupakan penerus R15 Major Change juga jalan.. Mungkin Yamaha juga akan memperbarui sport 150 cc lainya seperti Xabre, Jupiter MX King dan Byson yang bakalan menggunakan current engine 155 VVA, tetapi yang jelas engine ini adalah untuk Vixion dan R15 (plus Xabre) tetapi untuk SOHC atau DOHC atau malah keduanya untuk membagi varian atau mapping masih belum diketahui.

Akhir paragraf sebagai penutup, Yamaha Vixion Major Change memberi perlawanan dengan menggunakan mesin dengan kubikasi yang lebih besar, 155 cc yang mungkin juga dilengkapi VVA. Kapan motor ini akan rilis? eits.. BlogOtive meyakini bakalan maju bersama pada tahun 2017 sepertinya, kita tunggu saja!

BERBAGI
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

Tinggalkan sebuah balasan

Mohon ketikkan komentar
Mohon masukan nama kamu disini