Skutik keluarga MAX-series, SMAX 155 disinyalir merupakan saudara NMAX selanjutnya yang bakalan dihadirkan untuk menggenapi Max-series Yamaha Indonesia. Sebuah kode project B65 yang digadang-gadang memiliki keterkaitan antara skutik Max series tersebut.

Kode project tersebut masih bisa mengarah ke pembaruan untuk Yamaha NMax (facelift) atau varian lain NMax 155 cc, namun beberapa blogger kondang seperti salah satunya Iwan Banaran mengatakan kalau B65 merupakan keluarga Max-series yang bakalan jalan beriringan dengan NMax. Kalau diraba-raba, sosok skutik yang paling mungkin adalah S-Max yang di Eropa sebenarnya sudah ada dan dengan mesin 155 cc pula.

Yamaha SMax
Yamaha SMax 155

Kalau dianalisa, cukup logis kalau Yamaha Indonesia akan menambah keluarga Max-series dengan SMax ini, karena di tanah air Yamaha memang hanya memiliki NMax saja, berbeda dengan di Eropa yang sudah lengkap Max-series mulai dari NMax 125, SMax 155 dan Bigskutik TMax.

Untuk TMax, pasar Indonesia masih belum dicoba karena memang motor 150 cc lebih di gandrungi daripada bigbike atau bigskutik, pasar gemuk dan empuk disini, apalagi Yamaha hanya berjalan sendirian. Untuk versi 250 Yamaha disinyalir juga sudah menyiapkan NMax 250 dengan kode project B74. Jadi SMax?

Yup, kemungkinan seperti itu masdab kalau dari Opini BlogOtive sendiri, yang pasti Yamaha diprediksi bakalan menanam bibit unggul di Max-series miliknya di kelas 150 dan 250 cc, apalagi beberapa bulan terakhir penjualan NMax sedang tinggi-tingginya menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), jadi enggak ada salahnya kalau Yamaha menghadirkan saudara baru untuk NMax yang sejatinya di Eropa sudah ada.

SMax 155
Yamaha SMax 155 di Eropa

Sekmentasi NMax dan SMax juga sedikit berbeda, walaupun calon SMax nanti paling mendekati ke 150 cc yang artinya sama dengan mesin NMax, tetapi keduanya memiliki banyak perbedaan. Riding style NMax yang bisa selonjoran setidaknya kecil kemampuan untuk dilakukan di SMax, posisi tanki bahan bakar berbeda, panel speedometer, suspensi dan penerangan berbeda, coba sedikit kita bahas mengenai SMax, kalau NMax kita setidaknya sudah familiar.

Smax 155 memiliki posisi tanki bahan bakar yang berada di bilah sayap sebelah kiri berjejeran dengan papan kunci kontak, memiliki 3 panel speedometer yang cukup besar dan sudah Digital, suspensi belakang pakai Monocshock bukan Unit Swing (dual) lagi, penerangan SMax juga sudah Full LED dan bagasi super besar kapasitas 32 Liter, muat helm full face (underseat) dan bagasi On Board juga ada.

Dengan segelintir perbedaan, cukup memungkinkan kalau Yamaha bakalan menghadirkan SMax untuk berduet dengan NMax. Current engine 155 cc dilengkapi VVA dan konon bakalan ditunjang pula oleh fitur Start Stop System (SSS) layaknya Idling Stop System (ISS) Honda.

BAGIKAN
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Motolovers!

LEAVE A REPLY

Harap tulis sebuah komentar
Harap masukan nama kamu