Yamaha siapkan varian Mio series (M3 atau Z) dengan fitur ISS atau yang familiar disebutnya Idling Stop System kalau di Honda, karena Honda yang lebih dahulu menerapkanya, untuk namanya kemungkinan bukan Idling Stop namun apapun itu sistemnya tetap sama yakni otomatis mematikan mesin ketika tidak dipakai (keadaan berhenti) dalam beberapa detik dan didukung Electric starter instant atau tinggal tarik tuas throttle gas.

Kode TPT Yamaha BN1 yang tercatat mesin berkubikasi 125 cc dengan cara “Diproduksi” dengan forecast atau angka produksi 81.800 per tahun sudah nampak di TPT Online Kementerian Perindustrian RI, begitu di informasikan TMC Blog dan telah BlogOtive check sendiri ternyata memang benar. BN1 kemungkinan adalah varian Mio series (Mio M3 mungkin, karena yang lebih dahulu muncul).

Yamaha Mio
Yamaha Mio series (Z dan M3)
PTP Yamaha BN1 ISS
TPT Yamaha BN1

Seperti yang di infokan sebelumnya di (laman Suzuki dan Yamaha ternyata punya Idling Stop System), bahwa ternyata pabrikan selain Honda yakni seperti Yamaha dan Suzuki sudah memiliki hak paten yang didaftarkan pada 5 April/12 Desember 2013 (dipublikasikan 8 Oktober 2014) untuk Yamaha. Namun yang pertama kali mengaplikasikan fitur ini adalah Honda yang dinamai Idling Stop System, termasuk di Indonesia sendiri sudah dibuat untuk skutiknya AHM.

Sekedar informasi, Idling Stop System Yamaha (nama sementara) bekerja apabila motor kondisi hidup dan tidak dioperasikan (keadaan diam), jika sesuai dengan beberapa parameter, diantaranya; seluruh akselerator tertutup, kecepatan mesin (rpm) tidak lebih dari yang ditentukan, temperatur mesin melebihi temperatur yang ditentukan (temperatur suhu sudah panas) dan aki/baterai normal maka ISS akan bekerja, otomatis mati. ISS akan sangat efektif untuk menghemat pemakaian Bhan Bakar Minyak (BBM) dan umumnya sangat bagus di lampu merah (trafic light).

Jadi Yamaha sudah siapkan tambahan varian Mio series dengan firur ISS ini, entah kapan motor ini akan di rilis namun untuk harganya jelas lebih mahal dari Mio saat ini yang dijual di kisaran Rp 14 jutaan. Nantikan update info selanjutnya untuk lebih lengkapnya sob!

BAGIKAN
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Motolovers!

LEAVE A REPLY

Harap tulis sebuah komentar
Harap masukan nama kamu