Yamaha Saluto RX 110 secara resmi dirilis oleh Yamaha India sob, motor ini berjenis nakedbike namun dengan harga yang super fantastis murah, meskipun naked namun harganya lebih murah daripada motor bebek 110 di Indonesia, Saluto RX di India hanya dijual 46.400 Rupee atau sekitar Rp 9,1 jutaan.

Saluto RX masih menggunakan sistem pembakaran Karburator, namun sudah menggunakan teknologi Bluecore. Yamaha India mengklaim, Konsumsi BBM Saluto irit hingga 82 Km/liter.. wedian bro, motor bebek di Indonesia seperti Jupiter Z 115 saja kalah irit sama Saluto.

  Harga All New Honda BeAT POP eSP FI terbaru OTR
Yamaha Saluto RX
Yamaha Saluto RX (sumber gambar: auto.ndtv.com)

Di area Dapurpacu Yamaha Saluto RX hanya mengaplikasikan mesin berkubikasi 110 dengan diameter x langkah 50,0 x 56,2 mm (perbandingan kompresi 9,9 : 1), SOHC, Silinder tunggal. Performa mesin yang dihasilkan adalah 5,5 kW/7.000 rpm dengan torsi 8,5 Nm dalam 4.500 RPM. Menggunakan transimisi Constant Mesh, 4-speed.

Yamaha Saluto RX sudah mengadopsi velg berjenis Casting Wheel, pengereman depan dan belakang masih menggunakan jenis Tromol, adapun ukuran kaki-kakinya adalah 2,75-17 (41P) didepan dan 3,00-17 (50P) dibelakang. Suspensi depan berjenis Teleskopic Fork dan belakang Swing Arm (Monoshock). Untuk bagian speedometer mengadopsi jenis Semi Digital (Perpaduan Analog dan Digital).

  Honda BeAT POP tambah bervariasi dengan Pixel dan Comic
Yamaha Saluto RX, Nakedbike Murah
Yamaha Saluto RX

Dalam kehadiranya motor ini memang dibuat untuk bersaing bersama Honda Dream Yuga dan TVS Star City yang sudah terlebih dahulu mencicipi sekmen motor murah di India. Sistem pembakaran Karburtor memang masih ngetrend di India sana, motor ini mungkin dibuat untuk melanjutkan suksesor RX King kalau di Indonesia.

Last, bagaimana peluang masuk ke tanah air? Sepertinya enggak deh Yamaha Indonesia kalau mau mendatangkan motor ini atau membuatnya di tanah air, so.. tapi jika Saluto lolos Standarisasi emisi gas Buang Euro3 ya mungkin saja, secara motor ini benar-benar memiliki value, baik harga maupun soal performa dan irit BBM.

BAGIKAN
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Motolovers!

LEAVE A REPLY

Harap tulis sebuah komentar
Harap masukan nama kamu