Nakedbike baru Yamaha, MT15 rencananya akan lebih dahulu dirilis daripada Big Skuter Yamaha X-Max 250, seperti yang ditulis pengamat Otomotif, Iwan Banaran [1], Hal itu dilandasi dengan sekmen sport 150cc yang mulai dihinggapi kompetitor (All New Honda CB150R StreetFire), ditambah lagi dengan potensi Matic 250cc yang masih belum ada dan belum terlalu diperhatikan pula untuk kompetitor.

Yamaha Indonesia, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), melalui GM Marketingnya, Muhammad Masykur memang sudah mewanti-wanti bahwa Yamaha MT15 memang akan ada, namun beliau masih belum mengetahui spesifikasi yang lebih detail mengenai Nakedbike Streetfighter itu. Sempat menceruak kabar bahwa MT15 masih akan menggunakan mesin Single Cam atau SOHC namun perpaduan VVA (Variable Valve Actuator) yang teknologinya sudah dimiliki Yamaha, daripada Double Cam yang untuk membuatnya dibutuhkan riset hingga 5 tahun.

Yamaha MT15 Indonesia versi Render Image
Render Image Yamaha MT15 oleh KompasOtomotif.

Benarkah dirilis lebih dulu, Kapan diluncurkan? Pertanyaan seperti ini jelas ada pada pemikiran Otivers, dan Bang Iwan yang mendapatkan informasi dari informan yang tidak mau diketahui Identitasnya menuturkan bahwa diperkirakan Yamaha MT15 Indonesia ini akan dirilis atau diluncurkan pada rentang waktu antara Desember 2015 hingga Februari 2016. Hal ini juga dirasa cocok dengan beberapa vendor parts motor ini yang mulai terlihat sejak September hingga Oktober 2015.

Jadi YIMM akan memiliki waktu sekitar 2 hingga 4 bulan untuk mulai ke masa Masspro atau Produksi masal, hal ini cukup bisa dipertimbangkan mengingat motor tersebut memang spyshootnya sudah beredar di Jalanan, baik di Kota Jakarta ataupun di negara lain seperti di Thailand.

Yamaha MT15 Indonesia versi Spyshoot
Spyshoot Yamaha MT15 dari Iwan Banaran.

Bagaimana untuk Harganya, dikisaran berapa? Yup, pertanyaan ini juga membuat kita penasaran, Opini dari BlogOtive sedikit, mengingat strategi YIMM sepertinya motor ini akan ditempatkan di tengah-tengah Yamaha Vixion Advance dan YZF-R15, jadi rentang harganya adalah sekitar 24 juta hingga 28 juta, tapi mengingat spesifikasi motor ini yang sepertinya berkomponen mahal, jadi harga mendekati atau menyamai R15 merupakan hal yang wajar. Berikut adalah cuplikan spesifikasinya

  1. Suspensi bukan lagi menggunakan Teleskopik, tapi pakai Up-Side Down (USD)
  2. Lampu bukan bohlam lagi, full-Light Emiting Diode (LED)
  3. Speedometer diprediksi tidak akan menggunakan Analog atau perpaduan Digital-Analog, melainkan Full-Digital seperti Yamaha Byson.

Nah, Itulah dia Informasi mengenai Yamaha MT15 Indonesia yang bakalan rilis dahulu. Semoga bermanfaat!

BAGIKAN
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Harap tulis sebuah komentar
Harap masukan nama kamu