Beranda Moto GP Yamaha kalah Top Speed di MotoGP Australia?

Yamaha kalah Top Speed di MotoGP Australia?

0
BERBAGI

Dua Pembalap Yamaha Movistar, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo gagal mendapati podium pertama dalam gelaran motoGP Australia di Philip Island, dalam rekaman kamera, The Doctor beberapa kali tersalip oleh pembalap Ducati dan Honda, Andrea Iannone dan Marc Marquez. Lantas benarkah Manufacturer berlogo garpu tala ini kalah top Speed?

BlogOtive akan membuat analisa apa yang sesungguhnya dialami Rossi dan Lorenzo yang selalu dipecundangi para rivalnya. Apakah benar Yamaha kalah top speed? Yup, benar. Menurut data yang dikeluarkan di situs resmi motoGP, Yamaha hanya mampu mengeluarkan top speed 337,0 km/h melalui Rossi sementara Top Speed Honda adalah 338,9 km/h (Marquez) sementara Ducati tidak diketahui karena best speed berada di Free Practice bukan di Race (348,0/Dovizioso).

Hal ini juga dibenarkan oleh Valentino, saat diwawancarai ia mengungkapkan bahwa kelemahan Yamaha berada di Top-speed.

“Ya benar, cukup disayangkan kami tidak cukup kuat dilintasan lurus. Yamaha memiliki kelemahan pada top speed khususnya milikku karena Jorge selalu sedikit lebih kencang. Mungkin karena dia memiliki badan lebih pendek dan ringan. Jadi bertarung melawan Honda dan Ducati menjadi sulit disini. Kita sudah mencoba secara maksimal sebab motor kami tahun kemarin lebih kencang, sedang motor sekarang sedikit lebih pelan. Kita tidak mengerti kenapa,” ungkap The Doctor.

Yamaha kalah cepat top speed?
Valentino Rossi diapit Iannone dan Marquez.

Nah, beberapa kali memang duo Yamaha, khususnya Rossi selalu disalip Ducati maupun Honda di lintasan lurus, seakan menandakan bahwa YZR-M1 bukanlah motor spesialis trek lurus dengan raihan top-speed melimpah.

Jika dilihat dari statistik hotspot area (spot panas untuk salip menyalip), Ducati melampaui Honda dan Yamaha kebanyakan dilintasan lurus, sementara Yamaha sering melakukan overtake Ducati maupun Honda di tikungan, menandakan memang kehebatan si garpu tala bukanlah di trek lurus namun di tikungan karena dinamis, stabil dan memiliki akselerasi yang lebih dibandingkan Honda maupun Ducati.

Menurut opini BlogOtive,  Yamaha kalah top-speed abis kalau dibandingkan Honda apalagi Ducati, namun bukan tidak bisa menghasilkan speed bagus, hanya saja masih kalah cepat untuk meraih kecepatan tertingginya, kecepatan terbaik Yamaha berada di putaran bawah bukan dikecepatan tinggi, dan itu menghasilkan akselerasi yang paling abis-abisan jika dibanding Ducati ataupun Honda, buktinya Rossi selalu menyalip lawan ditikungan , sementara Lorenzo tidak memerlukan Pole Position untuk selalu memimpin di lap awal setelah garis start (memiliki start yang bagus). Namun kenyataanya, keduanya selalu dilibas di Trek lurus. Iya kan?

Nah itulah dia analisa yang juga menjelaskan tentang Yamaha kalah Top Speed di MotoGP Austalia, silahkan sampaikan opinimu di komentar bro!

BERBAGI
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

Tinggalkan sebuah balasan

Mohon ketikkan komentar
Mohon masukan nama kamu disini