Rencana Yamaha India untuk meminang produk Yamaha YZF-R25 di India tidak dilakukan, India lebih memilih YZF-R3 sebagai pengganti motor YZF-R25. Seperti diketahui bahwa  R3 dan R25 merupakan produk global yang dijual dari Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sebagai pemegang merk Yamaha di Indonesia.

Yamaha R3 sendiri sebenarnya sudah di eksport ke beberapa negara seperti di kawasan Eropa, namun produk rakitan anak negeri ini tidak di lirik India yang pada akhirnya Yamaha India pada tahun ini mempertimbangkan untuk memilih YZF-R3 atau YZF-R25 yang kemudian dipilihnya R3.

Motor yang masuk dalam kategori 300 cc ini memiliki kubikasi mesin sebesar 321 cc Fuel Injection berpendingin Cairan (Liquid Cooled), di sektor lain terdapat pula Silinder Ganda pada mesin (Twin Cylinder), di segi performa Yamaha YZF-R3 ini mampu menghasilkan Power Maksimum hingga 41,4 HP dengan Torsi Maksimum hingga 29,6 Nm dan berkompresi mesin 11,2 : 1.

Yamaha YZF-R3
Ride dengan Yamaha YZF-R3. (image source: axlegeeks.com)

Yamaha YZF-R3 di import dari Indonesia secara CKD dan akan diluncurkan pada 11 Agustus 2015 bertempatkan di Sirkuit kebanggaan Masyarakat India, Budd International Circuit. Jika di Indonesia sendiri dipasarkan dua versi yakni ABS (Anti-Lock Braking System) dan non-ABS pada sektor pengereman, masih belum dikonfirmasi apakah R3 India ini akan disediakan dua versi tersebut.

Motor Yamaha YZF-R3 ini tidak dijual di Indonesia meskipun diproduksi di sini, YIMM merasa bahwa motor 250cc lebih cocok untuk konsumen motorsport di Indonesia, sementara India berbanding terbalik, YIM (Yamaha India) lebih memilih motor 300cc untuk Masyarakat India, karena memang kelas 250cc masih dipimpin oleh Produk Lokal, Bajaj Pulsar dan TVS.
Untuk Yamaha R3 di India ini akan bersaing dengan kompetitor lamanya seperti Honda CBR300R dan Ninja 300 untuk kelas 300cc.

BAGIKAN
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

LEAVE A REPLY

Harap tulis sebuah komentar
Harap masukan nama kamu