V-belt yang biasanya digunakan untuk motor matic (transmisi otomatis) kini tersedia juga untuk motor dengan transmisi manual sebagai pengganti Rantai berkat hadirnya inovasi penemuan baru dari Sinnob, perusahaan yang juga sudah malang melintang memproduksi gear rantai.

V-Belt Sinnob
V-Belt Sinnob

Setelah dilakukan riset dan pengujian selama 4 tahun lamanya, kini Sinnob secara resmi menjual produk V-Belt atau Karet Kevlar Flog beserta Sprocket (Gear) untuk menarik motor manual dengan gaya skutik alias tanpa rantai.

V-Belt dan Sprocket Sinnob
V-Belt dan Sprocket Sinnob

Inovasi baru nih masdab, kalau biasanya motor dengan transmisi manual menggunakan rantai kini pakai V-belt pun juga sudah bisa, kita tahu kelemahan rantai itu pada perawatanya yang musti di lumasi, belum lagi kalau pelumasnya nyiprat dan mengotori bagian mootor seperti Velg misalnya, kekurangan rantai yang tak bisa dipungkiri lagi adalah suara yang dikeluarkan kadang berisik saat dipakai, apalagi jika rantai kendor, wah pakai V-Belt bakalan senyap!

V-Belt Sinnob untuk motor transmisi manual
V-Belt Sinnob

 

V-Belt pengganti Rantai
V-Belt pengganti Rantai

 

Primer Gear Sinnob
Primer Gear Sinnob

V-belt buatan Sinnob ini katanya dapat dengan mudah dipasang seperti pemasangan rantai dan sprocket konvensional, selain itu penggunaanya juga minim perawatan, tanpa harus melumasi tentunya dan diklaim memiliki durability yang lama. Sinnob mengklaim penggunaan v-belt bisa mencapai hingga 41.000 kilometer sedangkan sprocket 50 ribu km. Sinnob memberikan garansi resmi 3 bulan dalam hal ini.

Satu paket produk berisi Gear primer dan sekunder, alat pengukur dan pelumas untuk menghilangkan suara-suara saat pertama kali dipakai.

Paket Sinnob
V-Belt dan Sprocket Sinnob

 

Sinnob
Sprocket Sinob

Saat ini, produk Sinnob masih terbatas untuk beberapa motor saja, yang ready stock adalah untuk Ninja 250R, Honda CB150R, Vixion dan Tiger, untuk gear ratio ada dua pilihan besar dan kecil, sepertinya menyesuaikan rasio gear ori dari pabrikan. berikut adalah daftar motor dan rasio gearnya.

  1. Kawasaki Ninja 250 14/45 (3,21) & 16/51 (3,18)
  2. Honda CB150R 15/45 (3,0) & 16/54 (3,37)
  3. Yamaha V-ixion 15/46 (3,06) & 16/54 (3,37)
  4. Honda Tiger 13/43 (3,3) & 16/49 (3,06)
V-Belt Sinnob untuk Ninja 250
V-Belt Sinnob untuk Ninja 250

 

Gear Sinnob untuk Honda Tiger
Gear Sinnob untuk Honda Tiger

Harganya adalah Rp 1,5 juta untuk Tiger, Vixion dan CB150R dan Rp 2,5 juta untuk Ninja 250. Pilihan warna Sprocket atau Gear ada Merah, Kuning, Hitam, Biru, Oren, Biru Langit, Silver dan Emas, untuk V-belt semuanya warna Hitam. Masdab tertarik untuk beralig ke V-Belt atau masih ada pertimbangan lain? esok mungkin akan kita gali kelebihan kelemahanya..

BAGIKAN
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Motolovers!

LEAVE A REPLY

Harap tulis sebuah komentar
Harap masukan nama kamu