Triumph menjadi suplier mesin Moto2 2019

Triumph menjadi suplier mesin Moto2 2019

Diposting pada

Masdab, saya baca-baca di situs resmi MotoGP hendak checking live timing MotoGP Italia malah menemukan informasi yang cukup penting. Ya, infonya tentang Triumph menjadi suplier mesin Moto2 mulai musim 2019 mendatang.

Ya, pabrikan motor asal Inggris ini mengumumkan kesepakatan dengan Dorna Sports dengan perjanjian (agreement) selama 3 (tiga) tahun artinya musim 2019-2021 Triumph akan menjadi suplier engine untuk tim-tim peserta Moto2.

Mesin Triumph ini bukan 600 cc seperti saat Honda menjadi engine-suplier, melainkan berkapasitas 765 cc yang dipakai All New Triuph Street Triple (MY 2017), mesin baru ini disebut sebagai pengembangan signifikan mesin Triumph Daytona 675R yang sudah memenangkan balapan Supersport di Man TT.

Berikut adalah sosok Triumph Street Triple 2017.

All New Triumph Street Triple
All New Triumph Street Triple

Intip mesinya bro..

“Ini adalah saat yang penting bagi kami, Triumph membawa sebuah babak baru yang menarik ke dalam sejarah 110 ahun kami di dunia balap yang dibangun di atas mesin balap TT dan Supersport yang telah kami raih bersama tiga mesin Triple. Kami menantikan hubungan panjang dengan Dorna dan para pembaca, pembalap dan penggemar Moto2.” ujar Paul Stroud, Chief Commercial Officer Thriumph Motorcycles.

“Moto2 adalah kategori utama dalam memberi bekal bakat ke ajang MotoGP dan kami melihat banyak pembalap teratas di MotoGP semuanya berawal dari kategori menengah. Kedatangan Triumph sebagai pemasok mesin tunggal serta ECU baru di keas menangah menandai era baru yang pasti akan membuktikan langkah luar biasa lainya dalam evolusinya, memastikan tetap menjadi kategori utama dalam perjalanan menuju MotoGP,” ujar Herve Poncharal, Presiden IRTA.

“Kami sangat senang bisa bekerjasama dengan salah satu merek sepedamotor ikonik di dunia. Mesin Triumph Triple terkenal memiliki kekuatan, kekuatan linear dan torsi yang kuat dan telah mencapai banyak kesuksesan di trek [balapan] menjadikanya pilihan ideal untuk kejuaraan Moto2. Kami menantikan musim 2019 dan dimulainya generasi baru Moto2 dalam kemitraan bersama Triumph.” ujar Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna Sport.

Wah seru nih, selama ini kebanyakan MotoGP berpusat pada pabrikan Jepang, dengan datangnya Triumph sedikit memberi warna tersendiri untuk kompetisi balap motor kelas menengah yang sering menjadi “batu loncatan” untuk para rider naik kelas ke 1.000 cc, MotoGP pastinya.

Ini artinya Honda sudah tidak lagi menyuplai mesin Moto2 mulai 2019, mesin yang digunakan juga untuk CBR600RR yang rumornya akan disuntik mati karena tidak lolos standar Emisi di beberapa negara, lagian di kelas 600 cc Honda sudah memiliki CBR650F sebagai gantinya.

Gambar Gravatar
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015, menulis lebih dari seribu kata setiap hari.. :)