Stang Clip On Yamaha R15 v2
Stang Clip On Yamaha R15 v2

Tips Naik Motor Sport Stang Jepit (Clip-On) Santai Biar Gak Capek!

Diposting pada

BLOGOTIVE.COM – Capek dan Pegel memang bagi yang belum terbiasa menggunakan Motor dengan Stang Jepit (clip-on) yang biasanya menempel di kemudi motor sport. Nah kali ini saya akan membagikan tips untuk teman-teman semuanya.. Yuk lanjutkan membaca..

Motor Model Clip-On memang didesain sedemikian rupa untuk memberikan handling yang bagus bro, posisi riding terbaik ketika naik motor, yang paling aman dan fokus memang seperti gaya pengendara motor sport.

Bukan selonjoran ala-ala Maxi skutik, atau tegap seperti motor Adventure yang lebih memberikan kesan relax and enjoy riding.. Stang Jepit memang punya fungsi supaya badan lebih menekuk kedepan, tujuanya selain fokus juga enak buat rebahan (di tikungan).

Honda CBR150R New Livery AHRT
Honda CBR150R New Livery AHRT

Kelebihan stang Jepit atau klip-on ada di tikungan, sampeyan tidak merasakan nikung se-enteng pakai stang clip-on meskipun stang matic, fat bar (naked) atau yang lengkung dianggap paling nyaman.

Oke, untuk jarak jauh dan kondisi santai, stang Jepit sangat tidak bisa diandalkan. Justru kalau pengen kencang, pakai stang jepit tidak butuh effort dan enggak terasa capek dibandingkan jenis stang yang lain. Tapi apakah harus ngebut untuk nyaman pakai motor sport?

Nah tentu ada masa-masa ketika riding pakai motor sport atau stang jepit itu melambat dan menikmati lingkungan sekitar, relax.. eits, tapi kalau kamu pakai gaya riding yang “biasa saja” seperti kamu naik matic atau nakedbike justru kamu bakalan cepat kelelahan.

Nah sebenarnya, ada kok tips supaya tidak lelah pakai motor sport atau stang jepit clip on itu.. kamu harus rubah gaya pengendara kamu, ingat bro beda lubang beda rasa.. beda pegangan beda juga cara menggenggamnya.. hehe.

Stang Jepit Honda CBR150R
Stang Jepit Honda CBR150R

Tips Naik Motor Sport Stang Jepit supaya Tidak Capek

Rubah tumpuan beban
Untuk menyangga beban tubuh, jangan bertumpu pada siku atau telapak tangan, meskipun nungging tapi jangan bertumpu penuh pada tangan.

Tangan harus tetap rileks dan ditekuk seperti naik motor matic, karena pergerakan tangan harus tetap dinamis supaya mudah buat manuver.

Tumpuan yang tepat tetap pada pantat, atau paha bagian dalam, disitu banyak lemak tubuh dan dijamin nyaman enggak akan kena capek.

Jepit Tanki Motor
Sembari membagi tumpuan ke bagian paha dalam, disitu kamu bisa menambahkan tumpuan dengan cara menjepit tanki motor sebagai tambahan grip.

Rasanya, kamu bakalan menyatu dengan motor dan biarkan tanganmu bebas tidak tegang, ingatlah selalu bahwa tumpuanmu bukan pada tangan tapi pada paha dalam sambil menjepit tanki motor.

Harus tetap Rileks
Setelah dua kombinasi merubah tumpuan dan menjepit tanki, rasakan feel riding yang rileks.. jadi memang berbeda ya kalau mau riding pakai motor matic atau naked dengan motor sport.

Nikmati setiap lika-liku jalan dan terulah ingat-ingat jangan bertumpu pada tangan.

Karena kebanyakan orang yang capek naik motor sport dalam kondisi santai karena merasakan tegang dan berat badan selalu bertumpu di tangan padahal tangan justru sebagai “power steering” yang bisa mempermudah mengarahkan kemana laju motor.

All New Yamaha R25 resmi dirilis di Indonesia
All New Yamaha R25 resmi dirilis di Indonesia

Tumpuan harus seperti saat duduk yakni bagian bokong atau bagian berlemak seperti paha, dan harus dibiasakan mengingat-ingat hal itu supaya enggak capek.

Itu saja Tips Naik motor Sport Santai enggak capek, berdasarkan pengalaman saya sendiri tips ini sangat berguna.. apalagi yang stangnya underyoke, pasti nunduk abis.. Semoga berguna dan jangan lupa share ke teman-teman ya! (Hendri)

Gambar Gravatar
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015, menulis lebih dari seribu kata setiap hari.. :)