Tips Mudik pakai Motor, Aman dan Nyaman

Diposting pada

Tips Mudik pakai Motor – Mudik adalah tradisi tahunan Masyarakat Indonesia yang sudah dilakukan sejak dahulu, karena masyarakat memilih kota besar untuk mencari pekerjaan maka kota besar inilah yang nantinya akan sepi ditinggal Masyarakat rantaunya, perlu diwaspadai juga barang-barang atau peralatan yang ditinggal.

Mudik menggunakan Motor juga masih merupakan tradisi yang tak ditinggalkan, meskipun angka kecelakaan motor lebih tinggi dibanding mudik menggunakan kendaraan lainya, namun mudik menggunakan motor masih dianggap lebih cepat dan ekonomis.

Kini BlogOtive akan memberikan tips mudik bagi kamu Otozen semua yang melakukan mudik menggunakan motor supaya Aman dan Nyaman, intinya selamat sampai tujuan. pada dasarnya teman-teman BlogOtive pasti sudah memiliki cara tersendiri, namun tidak ada salahnya kami akan menambahkan, berikut tips mudik pakai motor ala Blogotive.com

Tips Mudik pakai Motor, Aman dan Nyaman

1. Cek Kondisi kendaraan
Lakukan service dan pengecekan pada motor kamu, perhatikan kondisi mesin, perlengkapan jalan seperti lampu sein, lampu, ban hingga sistem pengereman. Jika motor kamu menyelenggarakan posko mudik, kamu bisa sewaktu-waktu mampir ke pos untuk check kendaraan secara berkala.

2. Siapkan kondisi Fisik
Pastikan sebelum mudik kondisi badan harus fit alias tidak sakit bro, selain itu pastikan juga kamu tidur cukup, ingat kebanyakan kasus kecelakaan disebabkan karena ngantuk jadi tidur yang lama sebelum melakukan mudik. beberapa manfaat tidur cukup bro

  • Lebih fokus
  • Lebih inisiatif
  • Lebih peka dan siaga

3. Pastikan kamu Legal di jalanan
Siapkan surat-surat legalitas kamu di jalanan, legalitas Kamu yakni SIM dan KTP, siapkan juga legalitas motor yakni STNK, meskipun saat mudik sekiranya tidak akan ada Razia polisi namun surat-surat ini penting untuk menunjukkan bahwa kamu memang layak dan pantas mengaspal dijalan.

4. Gunakan perlengkapan Lengkap
Patikan kamu menggunakan perlengkapan pakaian yang lengkap supaya aman bro, beberapa perlengkapan yang kiranya harus melekat dibadan kamu

   Helm
Gunakan helm berstandar nasional Indonesia (SNI), selain atribut wajib berkendara seperti yang dijelaskan dalam UU No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 106 ayat 8, Helm akan sangat efektif menanggulangi kecelakaan fatal pada kepala, ingat bahwa kepala (otak) adalah bagian terpenting dalam tubuh manusia.

   Jaket
Gunakan jaket tebal, ini bertujuan melindungi tubuh dari lecet atau goresan aspal jika bersentuhan dengan tubuh, jaket kulit sangat disarankan disini karena lebih kebal dibanding jaket dengan bahan kain.

   Kaos Tangan
Selain agar tidak licin untuk handling, kaos tangan juga dapat melincungi tangan dari lecet aspal dan panas matahari.

   Sepatu
Mudik mengenakan alas kaki Sandal tidak dianjurkan, gunakanlah sepatu bila perlu yang memiliki ukuran diatas lutut, sama seperti helm yang melindungi kepala, kaos yangan yang melindungi tangan, sepatu juga berperan sangat efektif melindungi kaki.

   Masker
Perlengkapan yang satu ini akan melindungi organ dalam kamu dari debu dan asap kendaraan. Jika perjalanan jauh masker sangat dianjurkan untuk mudik lebih nyaman.

5. Bawa Alat Komunikasi dan GPS
Bawalah Handphone untuk sarana komunikasi dengan pihak-pihak yang sekiranya bisa membantu kamu jika terjadi kesulitan, bila perlu bawalah smarphone atau ponsel pintar/GPS untuk membantu menunjukan jalan jika kamu lupa jalan atau tersesat. Selain dapat digunakan sebagai GPS, dengan smartphone kamu bisa memantau trafik jalanan untuk menghindari kemacetan dengan sebuah aplikasi pemantau jalanan yang kini sudah banyak di toko unduhan (store).

Nah itulah dia beberapa Tips dari BlogOtive untuk kamu pemudik yang menggunakan Motor, beberapa hal yang harus kamu hindari

  1. Jangan naik motor melebihi 2 orang, selain tidak aman nani juga dikira cabe-cabean
  2. Jangan meneruskan perjalanan jika dalam kondisi lelah, karena mengurangi konsentrasi kamu bro
  3. Jangan membawa barang yang terlalu banyak hingga melebihi kapasitas motor, jika bawaan banyak lebih baik jangan mudik pakai motor.
Gambar Gravatar
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015, menulis lebih dari seribu kata setiap hari.. :)