Sparepart Motor - Kampas Kopling
Sparepart Motor - Kampas Kopling

4 Tips Membeli Spare Part Motor Online Murah dan Aman, No Tipu-tipu!

Diposting pada

BLOGOTIVE.COM – Halo teman-teman semuanya, kalian pasti pernah kan, mengalami kerusakan pada komponen sepeda motor? Yup, baik itu yang mempengaruhi kinerja mesin, ataupun hanya lecet fisik yang mempengaruhi tampilan atau estetika.

Salah satu solusi untuk mendapatkan spare parts yang kita inginkan adalah dengan membeli spare parts online. Sayang banget deh kalau di era digital seperti saat ini tidak dimanfaatkan untuk berbelanja online.

Berdasarkan pengalaman saya, belanja online itu lebih murah bro, karena banyak penjual yang saling berkompetisi soal harga, di sisi lain sekarang banyak main dealer produsen sepeda motor yang sudah ikut menjual produknya lewat official store di beberapa e-commerce.

Selain harganya murah, dengan membeli spare parts motor online, biasanya juga banyak pilihan atau variasi yang bisa kita dapatkan.. tapi ini bisa saja menjadi kekurangan bro, nanti kamu malah bingung mau pilih yang mana.. hehe.

Hampir semua spare parts motor dapat ditemukan online. Mulai dari ban, shockbreaker, fairing, kampas, sampai knalpot dijual dengan harga kompetitif.

Nah, tapi kita perlu hati-hati dalam membeli spare parts sepeda motor di toko online, kita harus memperhatikan beberapa hal sebelum memutuskan untuk membeli barang baik dari penjual manapun. Sekarang, BlogOtive akan membagikan tips beli spare parts online aman untuk semua.

Tips Membeli Sparepart Motor Aman

Berikut adalah 4 Tips Memilih Sparepart Motor kesayanganmu biar dapat harga murah tapi tetap aman dari penipuan.

Pilih yang murah, tapi curigai barang murah

Jika kamu membeli spare part pada perseorangan, jangan mudah terbuai dengan iming-iming harga yang ditawarkan, apalagi kalau kondisinya masih baru. Contoh kasus lampu sein LED ori New CB150R misalnya, dijual Rp50 ribu. Wah murah banget ya, tapi jangan senang dulu karena kemungkinan itu modus penipuan, bro. Harga barunya saja Rp110 ribuan. Kalaupun barang second, perlu pikir-pikir ulang, deh.

Perhatikan Originalitas Produk

Penjual biasanya menambahkan gambar pada setiap barang yang dijual. Nah, pastikan gambar tersebut mencerminkan kondisi sesungguhnya terhadap barang yang ori. Kalaupun tidak bisa dilihat secara fisik, pastikan foto/ feature image tersebut tidak mengambil dari foto orang lain. Biasanya knalpot nih yang mudah dimanipulasi, jadi hati-hati bro!

Metode Transaksi/ Transfer

Untuk menghindari penipuan, kalau membeli spare part melalui penjual yang kamu tidak tahu di mana tempatnya, lebih aman kamu mengajak untuk melakukan COD (Cash on Delivery) atau bayar pas ketemuan. Jangan mau kalau disuruh transfer duluan.. Kecuali pakai pihak ketiga, di listing di e-commerce misalnya.

Seller/ Toko Online Terpercaya

Tips terakhir, BlogOtive menyarankan kamu membeli sparepart motor di Toko Online yang sudah terpercaya saja. Sebenarnya tips terakhir sudah menjawab segala kekhawatiran yang saya utarakan di tips-tips sebelumnya, salah satu toko online terpercaya yang sudah saya coba adalah Shopee, di sana banyak sekali spare part otomotif dan tentunya aman karena ada garansi dari Shopee, terus banyak juga official store dari beberapa brand yang tergabung ke dalam Shopee Mall. Nah, dan paling asyik-nya belanja di situ gratis pengiriman! Saya sudah sering belanja di toko online tersebut, dan tidak pernah bayar ongkir.

Nah itu dia tips membeli spare parts motor dari BlogOtive yang bisa kamu coba. Saya sendiri masih ingin membeli Shroud untuk si Black Jack di Shopee. Kebetulan ada salah satu penjual dari main dealer resmi yang sudah bergabung menjadi seller jadi tidak perlu bingung soal orisinalitas. Sekian dari saya, semoga bermanfaat! (Hendri)

Gambar Gravatar
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015, menulis lebih dari seribu kata setiap hari.. :)