Tech3-Yamaha
Tech3-Yamaha

Tech3-Yamaha Putus Kerjasama di MotoGP 2019

Diposting pada

BLOGOTIVE.COM – Halo masdab pecinta MotoGP, setelah deal dengan pembalap baru Hafizh Syahrin asal Malaysia menggantikan Jonas Folger yang mengundurkan diri. Tim balap Tech3 justru mengumumkan kabar yang cukup mengejutkan bahwa mereka putus kontrak dengan Yamaha, di 2019 kerjasama mereka tidak terjalin lagi.

MotoGP 2018 adalah tahun terakhir Yamaha dan Tech3 terlibat kerjasama, di 2019 disinyalir perusahaan milik Herve Poncharal asal Perancis tersebut akan menggunakan jasa KTM atau Suzuki dan Aprilia sebagai alternatifnya.

Beberapa issue menyebutkan bahwa rencana Valentino Rossi akan ke tim satelit, Yamaha kurang memperhatikan tim satelit sampai mendapat tawaran menggiurkan dari KTM datang menghiasi pemberitaan belum lama ini, dan pada akhirnya Poncharal sebagai Menejer tim memutuskan untuk mengakhiri kerjasama bersaama Yamaha.

Disayangkan memang masdab, 20 tahun lamanya padahal mereka menjalin kolaborasi, dan prestasi Yamaha Tech3 di kontes MotoGP bisa dikatakan menjadi salah satu yang yang terbaik diantara tim satelit lain.

Yamaha masih akan mendukung penuh Tech3 di musim 2018 sembari perusahaan garpu tala itu menemukan jalinan kerjasama dengan tim balap baru.

Johann Zarco tim Yamaha Tech3 di Qatar 2017
Johann Zarco tim Yamaha Tech3 di Qatar 2017

Tech3-Yamaha putus kontrak

General Manager Motorsports Develeopment Division, YMC | President YMR, Kouchi Tsuji mengatakan bahwa Poncharal telah memutuskan untuk tidak meneruskan ikatan kerjasama antara Yamaha dan Tech3 dan akan mendukung penuh musim terakhirnya bersama Yamaha.

“Baru-baru ini kami diberitahu oleh Herve Poncharal, pemilik Tech3, bahwa dia telah memutuskan untuk tidak memperpanjang kontraknya dengan Yamaha untuk menyewa sepeda YZR-M1. Setelah berdiskusi dengan Herve, jelas bahwa ia telah memilih untuk menyesuaikan diri dengan pasangan baru untuk masa depan dan karena itu, dengan menyesal, kita diharuskan untuk menghormati dan menerima keputusannya.

Akhir dari kemitraan yang sukses semacam itu selalu sedikit menyedihkan, karena juga menandai berakhirnya hubungan jangka panjang. Kami sangat berterima kasih atas kesetiaan dan dukungan Herve terhadap merek Yamaha dan untuk hasil terbaik yang diperoleh sepanjang waktu itu.

Kami akan terus memberikan dukungan penuh kami kepada tim Tech3 dan pembalap mereka sepanjang musim 2018, sementara kami secara bersamaan mengevaluasi pilihan kami untuk tim alternatif di kelas Kejuaraan Dunia MotoGP 2019 dan seterusnya.”

Herve Poncharal, Manajer Tim Tech3 mengatakan bahwa langkah yang dia ambil merupakan salah satu keputusan besar, dirinya mengaku Tech3 telah ditawari penawaran yang sulit untuk ditolak, kendati demikian timnya tetap akan fight di musim terakhirnya ini.

“Untuk meringkas 20 tahun kemitraan yang luar biasa antara Tech3 dan Yamaha adalah misi yang sangat sulit. Sejak pertama kali bertemu dengan Pak Iio pada tahun 1998, di mana dia memberi saya kesempatan untuk bergabung dengan Yamaha Motor Corporation, ini merupakan perjalanan bersama yang luar biasa. Yang saya ingat adalah kenangan fantastis, hasil bagus, suasana yang mengagumkan dan perasaan menakjubkan yang kami bagi bersama keluarga Yamaha, yang selalu ada dalam pikiran dan hati saya.

Jelas, untuk mengakhiri kemitraan semacam itu merupakan keputusan besar bagi saya. Yang ingin saya katakan lebih dari sekedar terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Yamaha, kepada Pak Tsuji, Mr. Tsuya, Mr. Jarvis dan Mr. Nakajima, ditambah semua orang yang telah mendukung dan membantu kami.
Tech3 adalah perusahaan kecil, yang harus memikirkan masa depan dan harus mempertimbangkan berbagai pilihan.

Kami telah ditawari sebuah kesepakatan, itu termasuk sesuatu yang telah kami tunggu hampir sejak kami memulai dengan Tech3 dan saya tidak dapat mengatakan tidak. Tapi yang jelas, kami adalah Tim Monster Yamaha sampai putaran terakhir GP Valencia 2018. Johann Zarco dan Hafizh Syahrin akan berjuang untuk posisi teratas dan tanpa diragukan lagi, Yamaha bisa mengandalkan kami untuk menjadi pasangan performant setia.

Sekali lagi terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan Yamaha. Saya berharap mereka bisa terus maju dan memiliki kesuksesan yang pantas mereka dapatkan dan akhirnya menemukan pasangan untuk menggantikan Tech3.”

Yamaha-Tech3 putus kontrak, KTM disinyalir kuat akan mendampingi Tech3. Yamaha? Nantikan kabar selanjutnya. (Hendri)

Gambar Gravatar
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015, menulis lebih dari seribu kata setiap hari.. :)