Beranda Moto GP Tanki YZR-M1 2016 di belakang, bagaimana Grip depan?

Tanki YZR-M1 2016 di belakang, bagaimana Grip depan?

2
BERBAGI

Posisi tanki motor andalan Yamaha di MotoGP, YZR-M1 prototipe 2016 memiliki tanki yang dibuat di posisi belakang tepat dibelakang jok, di buritan atau ekor. Bagaimana dengan daya cengkram grip depan jika beban sepenuhnya ada di belakang? itu opini BlogOtive yang terlontar sejak melihat itu di Test kedua pra-musim MotoGP 2016.

Seperti di review oleh kebanyakan pembalap, ban Michelin memiliki karakteristik grippy dibagian ban belakang, namun kurang daya cengkram dibagian depan apalagi untuk memasuki tikungan cepat.

Ini ulasan Jorge Lorenzo yang mengatakan bahwa ban Michelin kurang daya cengkram di depan namun grippy di ban belakang.

“Pada awalnya sulit untuk mendapatkan waktu putaran yang baik, tapi dengan mengubah sedikit setelan dari motor kami, kami sedikit meningkatkan feeling ban depan. Kami tidak memecahkan masalah sepenuhnya. Saya sekarang memiliki rasa yang saya pikir semua orang memiliki hal yang sama; di saat akan memasuki sudut kita kehilangan sedikit stabilitas dan juga ketika mencapai maksimal dengan throttle depan dapat menutup tiba-tiba jika mem-push terlalu banyak. Ini kebalikan untuk ban belakang, itu fantastis! Ini luar biasa grippy dan memberikan Anda perasaan yang sangat baik. Kita perlu bekerja sedikit lebih di depan.”

Hal ini juga diungkapkan oleh rider M1 lainya, Valentino Rossi, berikut adalah ulasan The Doctor mengenai ban baru, Michelin.

“Ban belakang sangat mirip [Bridgestone] dan Michelin lebih baik, ia memiliki pegangan yang sangat baik. Namun di Depan adalah perbedaan besar. Kita perlu memahami berapa banyak berat ban ini untuk perubahan yang maksimal. Kita perlu beberapa waktu lagi. Kita harus memahami pengaturan sepeda dan setelah itu sedikit juga gaya berkendara. Tapi perbedaan terbesar adalah mencoba untuk meningkatkan setelan. “

Lantas jika beban ditaruh belakang, bukanya nantinya malah akan semakin parah? itu pertanyaan kami. Lihat ini Otivers design pro-to-type Yamaha YZR-M1.

Yamaha YZR-M1 2016
Pro to Type Yamaha YZR-M1 2016

Dari Foto diatas jelas sekali penutup tanki terlihat di belakang, tapi bahan bakarnya ditaruh dimana ya? apakah tetap dibagian depan? jika seperti itu sih tak masalah namun jika bahan bakar tetap di ekor ban depan semakin tidak punya daya cengkram donk karena beban yang malah berkurang.

Namun apapun itu, disini BlogOtive hanya lempar opini saja, bukan bekanik dan hanya sok tau. Lebih baik tunggu saja informasi selanjutnya mengenai Tanki YZR-M1 yang posisinya di belakang ini jawaban dari mekanik yang lebih berkompeten. Stay for update.BlogOtive 

BERBAGI
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

2 KOMENTAR

Tinggalkan sebuah balasan

Mohon ketikkan komentar
Mohon masukan nama kamu disini