Ganti Aki
Ganti Aki (Ilustrasi)

Tanda-tanda Aki Mobil Anda Harus Segera Diganti

Diposting pada

Spare part mobil terdiri dari berbagai jenis. Sebuah mobil barubisa berjalan dengan baik dan berfungsi dengan semestinya jika memiliki sparepart lengkap dengan kondisi yang masih bagus. Setiap spare part pada mobilharus bisa bekerja dengan baik agar mobil bisa menjalankan fungsinya denganlancar tanpa hambatan.

Ada banyak jenis spare part yang ada pada mobil dan setiap spare part memiliki fungsinya masing-masing. Salah satu jenis spare part yang sangat penting pada sebuah mobil adalah aki. Tanpa aki, mesin mobil tidak akan bisa menyala karena aki merupakan sumber tenaga untuk mesin, lampu,AC, hingga perangkat audio dalam mobil. Jadi, sangatlah penting untuk melakukan perawatan aki dengan baik. 

Aki bisa digunakan dengan lancar pada jangka waktu tertentu. Jika umur aki sudah cukup tua, maka aki bisa menimbulkan masalah pada mobil Anda. Sangatlah penting bagi Anda untuk mengetahui tanda-tanda aki mengalami masalah dan perlu diganti. Dengan begitu maka Anda bisa mendeteksi masalah aki sejak dini dan langsung mengganti aki.

Tanda-Tanda Masalah pada Aki

Memeriksa sparepart mobil secara rutin memang sangat penting untuk dilakukan termasuk memeriksa kondisi aki Anda. Mendeteksi adanya masalah pada aki sebenarnya cukup sederhana. Anda bisa melakukannya sendiri tanpa harus membawa mobil ke bengkel. Kali ini kita akan membahas apa saja tanda-tanda aki mobil Anda mengalami gangguan dan perlu segera diganti.

  1. Bau Aki Menyengat

Akimobil sedang dalam masalah jika Anda mencium bau aki menyengat ketika Anda menyalakan mesin mobil. Jika aki bermasalah maka sel-sel komponen aki akan rusak dan mengeluarkan bau menyengat. Selain dari baunya, Anda bisa melihat kondisi sel aki yang sudah mengembang. Hal-hal ini menjadi tanda bukti bahwa aki bermasalah.

  1. Load Tester

Andabisa memeriksa kondisi aki dengan melakukan pengecekan memakai load tester. Melalui alat ini Anda bisa melihat voltage aki. Jika angka voltage kurang dari 10 volt maka Anda harus segera mengganti aki. Voltage kurang dari 10 volt tidak akan mampu memfasilitasi mesin mobil Anda untuk menyala.

  1. Aki Keruh

Andabisa mengetahui kondisi aki dengan cara melihat kekeruhan air aki. Sama seperti oli, aki juga bisa menjadi keruh jika sudah lama digunakan dan sudah waktunya untuk diganti. Kekeruhan ini terjadi karena banyaknya kotoran yang menumpuk selama aki digunakan.

  1. Mesin Tidak Menyala

Ini menjadi satu tanda yang paling mudah untuk dikenali. Aki mobil bermasalah jika Anda kesulitan menyalakan mesin mobil. Mesin mobil yang enggan menyala ini bisa disebut sebagai indikator utama terjadinya masalah pada aki mobil Anda dan harus segera diganti.

  1. Tanda Lainnya

Ada beberapa tanda lain yang menunjukkan bahwa aki mobil sedang bermasalah. Anda bisa mengetahui aki bermasalah ketika bunyi klakson melemah dan lampu mobil meredup. Namun, perlu diketahui bahwa tanda-tanda ini bukan indikator utama danAnda harus memastikannya lagi dengan cara memeriksa aki secara langsung.

Itulah tadi 5 tanda aki mobil Anda bermasalah dan perlu diganti. Bagi Anda yang ingin mengganti spare part mobil, Anda bisa langsung mengunjungi Bukalapak. Toko online Bukalapak menyediakan banyak produk sparepart mobil termasuk aksesoris seperti audio mobil dengan kualitas terbaik dan tentunya dengan penawaran harga yang sangat bersahabat.

Gambar Gravatar
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015, menulis lebih dari seribu kata setiap hari.. :)