Suzuki Malaysia tutup pabrik Produksi , BlogOtive – Kabar buruk bagi Suzuki Motor Corporation, salah satu perusahaan Multinasional-nya di Asia atau tepatnya di Malaysia sampai-sampai harus tutup pabrik produksinya lantaran produk kurang laku.

Dilaporkan oleh The Nekkei Asian, perusahaan produksi motor-motor Suzuki yang terletak di Penang ini harus berhenti beroprasi.

Produksi pada fiskal tahun 2015 lalu tercatat hanya mampu memproduksi sekitar 8.000 unit saja , turun setengahnya apabila dibandingkan dengan dua tahun lalu, 2013. Dengan dampak ini, cost-produksi jadi terbebani dan akhirnya Suzuki Malaysia memilih untuk mendatangkan motor-motor dari negara asalnya, Jepang.

Meskipun pasar di Malaysia masih sangat jauh jika dibandingkan dengan Indonesia, namun sangat disayangkan untuk sebuah manufacturer yang sudah berdiri sejak 1971 itu harus berhenti memproduksi sepeda motor.

Suzuki Belang Malaysia
Salah satu produk Suzuki Malaysia, Suzuki Belang, Satria F150-nya Malaysia

Sebenanrnya sama pula dengan Indonesia untuk masalah selera, brand Jepang sangatlah diminati di Malaysia. Namun mungkin kalah bersaing dengan brand lainya seperti Yamaha atau Honda. Karena permintaan disana kecil jadi mungkin cukup sulit untuk tetap bertahan, ini yang membedakan dengan Indonesia.

Kalau Suzuki Malaysia hanya menjual setidaknya 8 ribu unit dalam satu tahun, Suzuki Indonesia rata-rata mampu menjual 3,5 ribu unit setiap bulanya, padahal Suzuki bukanlah brand yang paling diminati di Indonesia.

Akhir kata, semoga Suzuki Motor Corporation dan Suzuki Malaysia sendiri mampu menyelesaikan ini kedepan agar pabrik yang mulanya di tutup bisa dibuka kembali.

BAGIKAN
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

LEAVE A REPLY

Harap tulis sebuah komentar
Harap masukan nama kamu