Stop Start System Yamaha sudah pernah diterapkan di Janus 125 , BlogOtive – Sekarang kita bakalan ngomongin soal teknologi sepeda motor masdab, salah satunya adalah Stop Start System (ISS) dari Yamaha yang baru tahun ini direalisasikan (diterapkan) ke motor produksi masalnya, padahal dari paten sudah didaftarkan/dipublikasikan tahun 2013 lalu oleh Kantor Paten Jepang (Japanese Patent Office/JPO).

Honda adalah pabrikan Jepang yang pertama kali mengaplikasikan teknologi mati otomatis motor ini, diberi nama Idling Stop System (ISS) dengan tambahan starter AGC yang hampir tidak ada bunyinya. Meskipun Yamaha dan Suzuki sebenarnya sudah punya paten untuk ini, tapi mereka sepertinya pengaplikasianya belum dilakukan (atau sebenaranya diaplikasikan tapi bukan untuk skutik entry-level), nah baru kemarin itu melalui Yamaha Janus 125, skutik retro Vietnam yang pakai teknologi Bluecore sekaligus Kunci Pintar, Smart Key System yang dilengkapi Immobilizer.

Start Stop System Yamaha
Stop Start System di Yamaha Janus 125

Cara Kerja Stop Start System ini adalah dengan melewati beberapa step atau keadaan tertentu, nah SSS akan bekerja apabila (1) Akselerator motor benar-benar tertutup (2) RPM mesin tidak lebih dari takaran putaran yang sudah ditentukan (3) Kecepatan tidak lebih dari takaran yang sudah ditentukan (4) Temperatur mesin sudah panas (5) Baterai/Aki tidak soak , nah jadi kelima syarat tadi dideteksi satu-satu dari yang pertama, jika tidak maka ISS tidak akan berfungsi. Tabelnya ada dibawah ini sob;

Cara Kerja Stop Start System Yamaha
Cara Kerja Stop Start System Yamaha

Jadi jika kita memberhentikan motor, maka otomatis kita bakalan ketemu dengan lima syarat tadi maka disitulah nanti mesin mati otomatis, dan untuk menghidupkanya tinggal di tarik throttle atau di gas saja langsung jalan. keren kan?

Setidaknya fitur Stop StartSystem ini akan memberikan kenyamanan, kita tidak mendengar suara bising dari kendaraan atau tidak merasakan getaran saat berhenti di lampu merah yang paling umum. Selain itu keuntunganya kendaraan jadi lebih ramah lingkungan, setidaknya mengurangi polusi dan lebih hemat bahan bakar (BBM).

Sekian mengenati Smart Stop System Yamaha ini, kalau di Vietnam sudah ada Janus, nanti Indonesia menyusul, beberapa skutik sudah tercium untuk diperbarui atau ditambahi varian SSS ini. Semoga bermanfaat!

BAGIKAN
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Motolovers!

LEAVE A REPLY

Harap tulis sebuah komentar
Harap masukan nama kamu