Bagaimanakah sistem Penalti Poin (Penalty Point System) di MotoGP? mungkin Otivers sudah banyak yang mengetahui peraturan yang satu ini, pada inti dari peraturan ini adalah menghindari adanya kejadian yang tidak diinginkan seperti terjadi tabrak dari belakang ataupun merugikan pembalap lain yang ingin berusaha memenangkan race atau mencetak laptime sesingkat mungkin.

Pada kasus ini rider pelanggar sengaja melambatkan laju motor dan berusaha menghalangi pembalap dibelakangnya, namun ini disengaja atau bukan karena faktor teknis atau kerusakan pada motor. seperti kejadaian beberapa waktu lalu yang dialami Marc Marquez yang mendapatkan tambahan penalty-poin empat dan juga yang akhir-akhir ini terjadi pada Valentino Rossi, beruntung The Doctor hanya diberikan satu penalty point.

Penalti Poin Valentino Rossi
Kejadian yang mengakibatkan Valentino Rossi terkena Penalti Poin

Cara Kerja/Mekanisme
Penalti Poin diberikan oleh Race Director (RD) kepada pembalap yang sengaja melambatkan motornya untuk merugikan pembalap lainya dibelakang seperti yang telah diulas BlogOtive diatas, dalam hal ini Poin akan terus diakumulasi hingga akhir Musim (Satu Musim penuh). RD memberikan poin dari 1 hingga 10 penalti yang beberapa hukumanya adalah berikut ini;

  • 4 poin (Star dari grid belakang di race selanjutnya)
  • 7 poin (Start dari Pitlane di race selanjutnya)
  • 10 poin (Dilarang mengikuti Race selanjutnya) 

Nah jadi seperti itu Sistem Kerja Penalty Poin di MotoGP, jika pembalap hanya mendapatkan kurang dari poin 4 maka hukuman belum dijatuhkan, akan tetapi bisa diberikan lagi apabila kembali melanggar dan akan diakumulasi untuk musim selanjutnya.

Pada inti dan kesimpulanya, peraturan di MotoGP dibuat hanya untuk melindungi pembalap itu sendiri, karena bisa dibilang balapan adalah jenis olah raga yang riskan untuk terjadi kecelakaan, jika kita flash-back dari pengalaman kebelakang salah satu fungsi sistem ini adalah menghindari tabrak dari belakang seperti yang dialami Mohammad Fadly, rider kebanggan Indonesia yang tertabrak dari belakang setelah melambat untuk selebrasi saat beberapa meter melewati garis Finish.

BAGIKAN
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

LEAVE A REPLY

Harap tulis sebuah komentar
Harap masukan nama kamu