27.1 C
Yogyakarta
Kamis, Agustus 5, 2021

Review Pelumas Rantai Motor Megacools Chain Lube

BLOGOTIVE.COM – Halo masdab dimanapun anda berada, kemarin saya membeli sebuah pelumas rantai motor dengan merek Megacools Easy Maintenance dan disini kita akan bahas chain lube yang satu ini.

Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya bahwa Rantai kering (tanpa dilumasi) merupakan salah satu Penyebab Rantai Cepat Kendor, jadi untuk masdab yang rantainya cepat kendor mungkin rantainya kering, coba cek deh!

Berawal dari suara rantai bersisik si Black Jack yang cukup bikin was-was akhirnya saya membeli cairan pelumas rantai ini, maklum masdab karena rantai tidak ada pelumas sama sekali sehabis saya bersihkan beberapa minggu yang lalu. Nekat? banget ini mah, yang dicemaskan adalah kalau gear terkikis atau rantai patah di tengah jalan.. jangan di contoh karena rasanya enggak enak, suara berisik dari dari rantai lebih dominan daripada suara mesin.

Baca juga:  Ini Penyebab Rantai New CB150R Berisik banget dan cepat kendor, apa solusinya?

Bisa dikatakan Megacools ini pelumas rantai yang terbilang “murah” jika dibandingkan dengan pelumas rantai merek lain yang harganya bisa menyentuh ratusan ribu rupiah.

Mengkombinasikan Chainlube dengan Penetrate

Megacools Chainlube dan Penetrate
Megacools Chainlube dan Penetrate

Saya membelinya sepasang dengan Megacools Penetrate (harganya sama) untuk membersihkan rantai dari debu dan perkaratan, baru di semprot lagi dengan chain lube supaya hasilnya lebih optimal.

Karena kalau langsung di semprot chain lube sementara debu-debu di rantai masih menempel, rasa-rasanya kurang optimal dan juga berpotensi mengotori velg karena campuran debu dan cairan “nyiprat-nyiprat” kemana mana, beda ceritanya kalau rantainya bersih.

Baca juga:  Ini Penyebab Rantai New CB150R Berisik banget dan cepat kendor, apa solusinya?

Jadi BlogOtive sarankan juga untuk membersihkan terlebih dahulu rantai kamu dengan sikat dan cairan penetrate/anti karat.

Sekarang kita akan mengulas bagaimana Chainlube ini bekerja. Yuk lanjutkan membaca

Review Pelumas Rantai Megacools Chain Lube

Megacools Chainlube
Megacools Chainlube

Kalau saya baca dari botolnya, Chain lube ini memiliki formula yang namanya “Dry Film”, katanya efektif dan tahan lama melindungi rantai dari karat dan gesekan.

Baca juga:  Ini Penyebab Rantai New CB150R Berisik banget dan cepat kendor, apa solusinya?

Wujud Cairanya ini tidak seperti oli bekas atau oli mesin ya masdab, ini lebih encer seperti cairan gas dan seperti langsung meresap gitu ketika disemprotkan ke rantai.

Setelah saya coba menyemprotkan cairan megacools ini ke rantai dan langsung mencobanya, suara rantai jadi diam seketika, artinya cukup berhasil cairan ini melumasi rantai dan meminimalisir gesekan.

Setelah dipakai 10 kilometeran, oli rantai ini masih berhasil membikin sunyi suara tapi masih punya sedikit suara kalau dibandingkan setelah menyemprotkan-nya beberapa saat.

Setelah dipakai sekitar 80 kilometeran, saya coba untuk mengecek cairan di rantai rupanya cairanya masih belum kering, masih ada cairan yang menempel di rantai meski tidak kental seperti oli rantai yang lebih cepat menetes dan habis dan lumayan, cairan ini masih bekerja dengan cukup baik.. “Its working,”

Baca juga:  Ini Penyebab Rantai New CB150R Berisik banget dan cepat kendor, apa solusinya?

Harga Cairan Pelumas Rantai Megacools Chain Lube

Saya beli Megacools Chainlube 300ml ini di minimarket dengan harga Rp 30 ribu begitu juga dengan Megacools Penetrate harganya sama, kalau masdab ingin yang lebih murah jangan beli di minimarket, beli di bengkel-bengkel motor saja biasanya lebih murah.

Baca juga:  Ini Penyebab Rantai New CB150R Berisik banget dan cepat kendor, apa solusinya?

Ada dua pilihan sebenarnya yakni Kit chainlube dan Megacools ini, saya pilih Megacools karena isinya lebih banyak (300 ml) dan kalau dihitung-hitung jadi lebih murah daripada Kit. Untuk pelumas seperti ini saya lebih memilih kuantitas, ya tapi tidak ada salahnya untuk mencoba merek lain supaya tahu kualitasnya, esok saya juga review di blog ini.

Mungkin itu saja masdab review saya mengenai Pelumas Rantai bermerek Megacools ini, silahkan mencobanya dan kalau kamu juga punya pengalaman pakai cairan ini silahkan share juga di komentar ya. Semoga bermanfaat!

Hendri Widananto
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015 hingga kini.

Baca Juga

Ukuran Bearing / Kode Laher Sepeda Motor Honda mulai Roda, Kruk As dan Stut Kopling

BLOGOTIVE.COM - Bearing, Laher atau disebut juga Laker merupakan komponen untuk pergerakan poros sistem putar (linerar) yang sangat penting. Fungsi Laher juga...

5 Ban Motor Matic ring-14 Termurah dan Awet, Cocok untuk Musim Hujan!

BLOGOTIVE.COM - Rainy December, ya memasuki bulan Desember, iklim di Indonesia berganti menjadi musim hujan teman-teman pembaca setia semuanya! Jadi, jangan biarkan...

Tinggalkan Balasan

Tetap Terhubung

2,717FansSuka
1,505PengikutMengikuti
92,093PelangganBerlangganan

Terbaru

Pajak Innova Reborn 2016-2021 Bensin dan Diesel, Catat Sebelum Membeli!

BLOGOTIVE.COM - Siapa yang tidak tahu Toyota Kijang Innova, mobil MPV 7 seater yang sudah sejak lama menjadi favorit masyarakat Indonesia karena...

9 Pilihan Warna Honda BeAT 2021, Dibagi Dua Varian

BLOGOTIVE.COM - Untuk kamu yang pengen meminang Honda BeAT, tidak tanggung-tanggung ada 9 pilihan warna keren yang disediakan PT Astra Honda Motor...

Biaya Biro Jasa STNK Perpanjangan Tanpa KTP, Ini Tarifnya

BLOGOTIVE.COM - Perpajakan masih menjadi kendala bagi beberapa orang yang membeli kendaraan bekas atau second, jika hendak perpanjangan tahunan si pemilik STNK...

All New CB150R facelift 2021 Resmi Launching di Yogyakarta, Kedu dan Banyumas

BLOGOTIVE.COM - Astra Motor Yogyakarta selaku Main Dealer sepeda motor Honda wilayah DIY, Kedu, dan Banyumas secara resmi telah memperkenalkan motor sport...

Starting Grid MotoGP Perancis 2021, Quartararo Pole Position

BLOGOTIVE.COM - Starting Grid MotoGP Perancis 2021 di Sirkuit Le Mans menempatkan pembalap pabrikan Yamaha, Quartararo start dari posisi pertama, Fabio meraih...