Beranda Moto GP Preview MotoGP Austria sirkuit Spielberg

Preview MotoGP Austria sirkuit Spielberg

0
BERBAGI

BlogOtiveMotoGP Austria akan digelar perdana di sirkuit Red Bull Ring yang terletak di Spielberg, kota Styria posisi paling tenggara negara ini. Sirkuit yang pada perama kalinya menyelenggarakan Grand Prix Formula 1 pada 1964, hingga Formula One terakhir berakhir di 2003 dan diselenggarakan kembali pada 2014 dan masih berlangsung sampai sekarang. Akhirnya pada tahun ini, Dorna meresmikan Austria sebagai tuan rumah MotoGP mulai 2016 sekaligus memberikan ancang-ancang kepada KTM yang akan mulai mengikuti kompetisi balap motor paling populer ini mulai 2017 nanti.

BlogOtive akan memberikan pengetahuan sedikit mengenai sirkuit ini dan lebih tepatnya untuk event MotoGP Austria yang dimulai 2016 agar kita ketahui seluk beluknya sebelum menyaksikan Race nanti karena ini adalah race perdana untuk MotoGP dan untuk Grand Prix ini adalah pertama kalinya di tahun 1997, oke kita sebut saja ini adalah Preview.

MotoGP Austria
MotoGP Austria, Sirkuit Red Bull Ring

Sirkuit Red Bull Ring, yup Red Bull memang merupakan produsen minuman berenergi namun sebelum bernama Red Bull Ring sirkuit ini diberi nama dengan Osterriechring pada tahun 1969 sampai dengan 1995 dan berganti nama lagi menjadi A1-Ring (1996-2003) dan mulai 2011 sampai sekarang namanya adalah Red Bull Ring atau kita sebut saja Sirkuit Spielberg karena letaknya di kawasan ini. Bukan cuma berganti nama, namun layout sirkuit ini juga berganti mulai tahun 2005 silam.

Lintasan di Sirkuit Spielberg memiliki panjang total 2,68 mil atau 4,3 Kilometer dengan lebar lintasan 13 meter, Red Bull Ring memiliki lintasan trek lurus terpanjang (Longest Straight) yang tidak terlalu panjang yakni hanya 625 meter, namun sebagian besar dari treknya adalah trek lurus.
Hanya memiliki total 10 tikungan dominan ke kanan sejumlah 7 kali dan tikungan ke kiri 3 kali. Setidaknya ada 4 tikungan tajam dan semuanya adalah belokan kanan.

Sirkuit Spielberg
Tata Letak (Layout) Sirkuit Spielberg

Dalam Grand-Prix nanti, kelas MotoGP akan menempuh 28 Laps dengan total jarak 120,9 Km, kelas Moto2 25 Laps (108 Km) dan kelas Moto3 dengan 23 Laps (99,3 Km).

Oke, kita sudah tahu sedikit mengenai Sirkuit Spielberg. Selanjutnya adalah melihat Grand-Prix perdana nanti, MotoGP Austria 2016. Kemarin pada 18 dan 19 Juli diadakan agenda test perdana Sirkuit Austria, selama dua hari para tim dan pembalap berusaha mengenali dan mencari data sebanyak mungkin untuk mengoptimalkan performa di sirkuit ini. Diikuti oleh pembalap dan test rider, dari tim peserta MotoGP dan tambahan KTM yang akan mengikuti kompetisi di tahun depan.

Motor Ducati mendominasi pada semua test, semua pembalap dari Tim Ducati mampu mencatatkan top 4 fastest lap atau raihan waktu tersingkat. Dari hari pertama, Desmocedici GP-seris baik dari GP14 sampai GP16 milik duo Andrea semuanya mampu tercepat. Otivers bisa lihat artikel terdahulu untuk melihat hasilnya, (disini: Ducati dominasi test Austria).

Hasil Test MotoGP Austria
Andrea Iannone tercepat di test hari kedua

Sepertinya karakter sirkuit yang hanya memiliki total 10 tikungan dan kebanyakan treknya adalah trek lurus sangat bersahabat untuk Ducati. Beberapa pembalap menyatakan kesan pertamanya bahwa sirkuit ini adalah Partikular, memiliki banyak lintasan lurus dan memaksa untuk hard-braking atau pengereman keras karena ada sudut-sudut yang tajam. (Baca: First Impression Sirkuit Red Bull Ring Austria).

Jadwal MotoGP Austria 2016 akan dimulai pada 12-14 Agustus 2016, diawali dengan Konferensi Pers petama pada tanggal 11, Free Practice 12-13 dilanjutkan Kualifikasi dan tanggal 14 adalah Race-nya. Jadwal detailnya dan Prediksi akan BlogOtive update terpisah. Itulah dia Preview MotoGP Austria di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg.

BERBAGI
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

Tinggalkan sebuah balasan

Mohon ketikkan komentar
Mohon masukan nama kamu disini