Prediksi MotoGP Jepang 2016 di Sirkuit Motegi bakalan BlogOtive sajikan dengan analisa dan statistik serta peluang yang kemungkinan terjadi. Setelah dua pekan gelaran balap motor paling populer ini terlewati, rindu sudah rasanya melihat para pembalap berpacu diatas aspal merebutkan posisi terbaik.

Motegi adalah sirkuit milik Honda, dan sejak dulu sirkuit ini menjadi ajang adu gengsi antara dua manufacturer asal Jepang yakni Honda dan Yamaha, dan musim ini sudah ada Suzuki yang bakalan semakin memanaskan gengsi antar pabrikan.

Statistik lima tahun terakhir, Honda dan Yamaha selalu berebut podium pertama ada banyak data dan fakta tentang podium disana bahwa dalam 5 tahun terakhir Dani Pedrosa adalah pembalap yang paling banyak menjuarai Motegi dengan 3x kemenangan di tahun 2011, 2012 dan tahun lalu 2015, sementara sisanya Lorenzo 2x pada tahun 2013 dan 2014, Lorenzo adalah satu-satunya pembalap yang tidak pernah absen podium di Jepang.

Dani Pedrosa juara MotoGP Jepang
Dani Pedrosa juara MotoGP Jepang musim lalu

Sayang sekali rekor sang pemuncak klasemen MotoGP musim ini, Marc Marquez kurang begitu baik meskipun selama karirnya di kelas utama, Marquez hanya sekali absen podium pada tahun 2015 lalu. Jika diambil dari statistik, Lorenzo dan Dani Pedrosa diprediksi paling berpeluang untuk memenangi MotoGP Motegi 2016.

Sirkuit Motegi memiliki karakter stop and go, dibutuhkan akselerasi yang cepat disini meskipun Longest Straight dibilang cukup panjang yakni 762 meter. Motegi memiliki total 14 tikungan dimana 8 diantaranya ke kanan dan 6 ke kiri, setidaknya ada 4 tikungan tajam yang memaksa pembalap untuk benar-benar mengendarai motornya dengan cukup pelan.

Sirkuit Motegi Jepang
Sirkuit Motegi Jepang, stop and go track

Ini adalah MotoGP 2016 yang sangat berbeda dengan tahun lalu, pemasok ban berbeda dan ECU yang disetarakan menjadikan MotoGP musim ini sangat kompetitif dan hampir semua pembalap papan atas sudah merasakan podium. Namun jika dari karakter sirkuit, nampaknya anta trio manufacturer Jepang; Yamaha, Suzuki dan Honda adalah yang paling berpeluang untuk berjaya di sirkuit kandang.

Marc Marquez juga sedang memiliki peluang yang sangat besar untuk dapat juarai MotoGP 2016, jika menang dengan posisi pertama di Motegi Jepang ini dan 1 podium pertama di salah satu dari tiga race tersisa, Baby Aliens dipastikan sudah juara, tetapi yang seru adalah perebutan runner-up antara Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi yang mission possible keduanya sebagai runner-up. Marquez diprediksi akan tampil penuh begitu juga dengan Rossi dan Lorenzo.

Menurut prediksi BlogOtive, Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo memiliki peluang besar untuk menjuarai MotoGP Motegi Jepang, diikuti oleh Marquez, Vinales dan Valentino Rossi, prediksi diatas hanya diambil dari statistik dan kondisi pembalap saat ini, tetapi apapun bisa terjadi dalam balapan. Race akan berlangsung pada hari Minggu pukul 12:00 WIB untuk kelas utama. Ini prediksiku, Bagaimana Prediksimu?

BAGIKAN
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Motolovers!

LEAVE A REPLY

Harap tulis sebuah komentar
Harap masukan nama kamu