Prediksi MotoGP Catalunya Spanyol 2017

Prediksi MotoGP Catalunya Spanyol 2017, Vinales atau Marquez

Diposting pada

Prediksi MotoGP Catalunya 2017 akan kembali kita bahas setelah seminggu lalu kita sudah memprediksi race Mugello, seperti biasanya, dengan data, fakta, kondisi dan situasi yang terjadi saya akan mengajak kamu pecinta MotoGP untuk menerka siapa pembalap yang berpeluang akan menjuarai MotoGP Spanyol kali ini, apakah the spaniard Vinales, Marquez, Lorenzo atau bahkan Valentino Rossi yang juga punya sejarah cukup baik di sini.

Sekarang kita akan membahas trk kali ini, Sirkuit Catalunya Barcelona memiliki banyak tikungan, total memiliki 16 tikungan dimena 7 tikungan ke kiri dan 9 tikungan ke kanan dengan trek lurus terpanjang 1,04 Kilometer. Tentu kita tahu rajanya tikungan siapa, Yamaha paling berpeluang menaklukkan trek disini.

Sirkuit Catalunya, Bacelona
Layout sirkuit Catalunya (motogp.com)

Selanjutnya adalah satatistik kemenangan para pembalap di sirkuit ini

Statistik Prestasi pembalap 5 tahun terakhir

  • Valentino Rossi 3 kali podium 1 kali juara di tahun 2016 lalu.
  • Marc Marquez 3 kali podium 1 kali juara di tahun 2014.
  • Jorge Lorenzo 3 kali juara di tahun 2012, 2013 dan 2015.
  • Dani Pedrosa 5 kali podium tidak pernah juara.

Jorge Lorenzo adalah pembalap yang paling sering menang di Catalunya namun saat dia masih bergabung berasama Yamaha, Rossi dan Marquez dalah pembalap yang hanya sekali absen podium dan memiliki rekor kemenanngan yang sama.

Jika diambil data manufacturer maka Yamaha adalah pabrikan yang paling sering mengirimkan juara di Catalunya dengan 4 kali juara selama lima tahun terakhir sementara Honda satu kali juara.

Sebenarnya, jika Lorenzo masih bersama Yamaha, dengan statistik yang ada maka Por Fuera-lah yang paling berpeluang untuk memenangkan GP Catalan, namun meskipun itu Yamaha masih memiliki pembalap dengan level yang sama yakni Maverick Vinales yang di race terahir berhasil raih podium dua.  Vinales bisa dikatakan sebagai pengganti yang sepadan.

Selanjutnya yang berpeluang adalah Marc Marquez dan Dani Pedrosa yang juga punya rekor cukup bagus meskipun si mungil Dani belum pernah menang disini, mungkin ini bisa menjadi motivasi tersendiri untuk dirinya? sepertinya begitu, apalagi Dani juga harus mengejar devisit poin setelah DNF di race Mugello.

Lalu, Siapa yang paling berpeluang? dari data statistik, Pembalap Yamaha menurut saya adalah yang paling berpeluang, Maverick Vinales khususnya.. kemudian diikuti pembalap Yamaha lainya, mungkin Valentino Rossi atau pembalap satelit seperti Folger dan Zarco.. baru kemudian pembalap Honda, Marquez atau Pedrosa. Tapi sayangnya apapun bisa terjadi dalam balapan, mungkin kita perlu melihat race esok untuk melihat hasilnya.

Gambar Gravatar
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

Tinggalkan Balasan