Prediksi MotoGP Catalunya Spanyol 2016 akan kita bahas kali ini sob, seperti kita ketahui bahwa gelaran MotoGP musim ini sudah sampai di Grand-Prix ke-enam, setelah melewati seri Mugello yang dimenangkan oleh Jorge Lorenzo yang sekaligus menjadi pemuncak klasemen atas kemenanganya di Italia. Kondisi saat ini menjadi menarik karena semua rider memiliki ambisi yang kuat, Rossi yang mengalami kerusakan mesin di seri lalu bakalan bertekat untuk mengembalikan devisit poin dengan Jorge yang semakin menjauh, begitu pula dengan runner-up Marc Marquez yang masih berambisi mengejar juaranya meskipun performa RC-213V masih belum membaik. Jorge dan Dani juga begitu, bermain di kandang dengan banyak dukungan sekaligus mempertahankan leading point menjadi motivasi untuk pria Spanyol.

Bicara soal Prediksi MotoGP Catalunya, kita sebelumnya akan menganalisa dahulu seperti apa historikal, track-record dan karakteristik sirkuit terlebih dahulu. Mengenai karakter sirkuit yang terletak di Catalan, Barcelona ini memang merupakan sirkuit yang lumayan tricky dan memaksa rider agar terus memacu motor, didukung trek lurus yang lumayan panjang, setidaknya ada 1,05 Km Longest Straight di sirkuit ini, dipadukan dengan 13 total tikungan, dimana 8 tikungan kanan dan 5 tikungan kiri, tikungan kanan lebih ke tikungan cepat dan di kiri banyak tikungan tajam.

MotoGP Catalunya 2016
Sirkuit Catalunya, Barcelona.

Dalam statistik 5 tahun terakhir, Jorge Lorenzo adalah pembalap yang paling banyak memenangi Grand-Prix Catalunya dengan 3 kali kemenangan podium pertama, tercatat Jorge memenangi race ditahun 2015, 2013 dan 2012. Sisanya adalah Casey Stoner di tahun 2011 dan Marc Marquez di tahun 2014. Runner-up terbanyak diraih oleh Dani Pedrosa dan Valentino Rossi, masing-masing dua kali finish di urutan ke-2.

Siapa yang paling berpeluang Memenangi MotoGP Catalunya 2016?

Jorge Lorenzo, Yamaha
Prediksi MotoGP Catalunya jatuh pada pembalap yang pada musim depan akan meninggalkan Yamaha, Jorge Lorenzo, 3 kemenangan di 5 tahun terakhir membuktikan bahwa sirkuit ini begitu bersahabat dengan karakter dirinya yang lebih cepat di tikungan dan juga YZR-M1 yang saat ini sedang dalam performa baik.
Lorenzo juga bertekat untuk meraih juara ke-empatnya bersama Yamaha, memimpin poin 115 dan selisih hanya 10 poin dari Marquez tentu Lorenzo bakalan bersikukuh mempertahankan pimpinan klasemen.

Jorge Lorenzo selebrasi di Catalunya 2015
Jorge Lorenzo selebrasi di Catalunya 2015, 3 kali sudah Lorenzo juara di Sirkuit ini.

Marc Marquez, Honda
Marc merupakan rider pekerja keras dan sama seperti Lorenzo, dia juga masih mengejar kandidat juara. Meskipun saat ini motornya, Honda RC-213V sedang bermasalah di akselerasi tetapi Marc mempunyai sklill mumpuni dan tekat yang kuat, 3 Grand-Prix Catalunya, Marc sudah membawa 1 kali kemanangan, membalap di kandang dengan dukungan banyak supporternya juga bakalan menjadi motivasi Baby Aliens untuk menjadi juara Catalunya.

Marc Marquez memimpin di Catalunya 2014
Marc Marquez memimpin di Catalunya 2014

Valentino Rossi, Yamaha
Mengalami kerusakan mesin yang mengakibatkan dia tidak bisa melanjutkan balapan di seri sebelumnya di Mugello dan koleksi 78 poin yang bisa dikatakan sangatlah jauh, hal ini menjadi dorongan tersendiri untuk The Doctor harus menjadi juara di sini, performa Valentino di musim ini juga sedang meninggi, bila dari sejarah, Rossi di dua tahun terakhir juga selalu menjadi Runner-up dengan finish di posisi kedua. Rossi diprediksi menjadi rider ketiga yang paling berpeluang menjuarai MotoGP Catalunya.

Valentino Rossi gagal di Mugello
Valentino Rossi mengalami kerusakan mesin di Mugello dan tertinggal poin cukup jauh, Motivasi di seri Catalunya.

Bagaimana dengan pembalap Lainya?

Dani Pedrosa masih berpeluang dan bahkan peluangnya sama dengan Valentino Rossi, namun untuk Ducati, sayang sekali sirkuit ini tidak bersabat untuk manufacturer Italia. Andrea Iannone dan Dovizioso diprediksi akan kesulitan untuk bisa meraih podium, begitu pula dengan pembalap Spanyol Maverick Vinales, meskipun Suzuki sudah memiliki banyak kemajuan namun Yamaha dan Honda masih begitu kuat di Barcelona. Duo Ducati, Maverick dan pembalap Tech3, Pol Espargaro dan Bradley Smith  kemungkinan akan saling memperebutkan papan tengah.

Itulah dia Prediksi BlogOtive mengenai MotoGP Catalunya Spanyol 2016,  Jorge Lorenzo diprediksi akan menjadi juara, disusul Marquez atau Valentino Rossi, Dani Pedrosa juga diprediksi akan memberikan perlawanan. Ini adalah balapan, semua bisa saja terjadi dan keluar dari prediksi.

BAGIKAN
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

LEAVE A REPLY

Harap tulis sebuah komentar
Harap masukan nama kamu