Prediksi MotoGP Aragon 2016 , BlogOtive – Sudah dua pekan lebih terlewati, setelah Italia ajang balap motor paling populer akan beralih ke Spanyol tepatnya di Aragon yang menjadi sirkuit kandang bagi banyak pembalap top seperti Marc Marquez, Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa, Maverick Vinales, Espargaro dan masih banyak yang lainya. MotoGP 2016 sudah sampai di race ke-14, artinya masih menyisakan empat race lagi untuk mengetahui siapa yang menjadi juara. Nah, seperti biasanya kini BlogOtive akan memberikan prediksi MotoGP Aragon yang sepertinya bakalan menjadi duel sengit antara Lorenzo dan Marquez.

Prediksi MotoGP Aragon, Lorenzo vs Marquez
Lorenzo vs Marquez

Jorge Lorenzo adalah pembalap yang paling sering memenangi race di MotoGP Aragon, dari statistik 5 tahun terakhir, Lorenzo sudah menjadi juara sebanyak 3 kali pada tahun 2011, 2014 dan 2015, bahkan Jorge selalu podium di kelima race tersebut. Sisanya, Pedrosa dan Marc Marquez masing-masing 1x menjuarai Grand-Prix ini, namun record Pole-Position selalu di tangan Marquez, semenjak karirinya di kelas utama ia selalu Start dari posisi terdepan di Aragon.

Marquez leadaing point di klasemen, dalam wawancara ia ingin fighting untuk tampil di sirkuit sendiri sekaligus mengamankan poin, begitu juga dengan Jorge Lorenzo yang memiliki sejarah lebih baik disini, Most Winner dan Most-Pole diprediksi bakalan bertarung sengit di GP Aragon.

Sekarang bicara karakter lintasan, Sirkuit Aragon memiliki total 5,1 Kilometer atau 3,16 Mil dengan jumlah tikungan yang sangat banyak yakni 17 tikungan dengan 10 ke kiri dan sisanya 7 kali ke kanan, Longest Straight atau lintasan terpanjang hampir 1 Kilometer (968 meter). Sejauh ini Yamaha punya motor yang lebih baik untuk lintasan penuh tikungan daripada pabrikan lain, 17 tikungan yang ada bisa menyebut Aragon sebagai salah satu sirkuit yang memiliki tikungan terbanyak di Grand Prix, meski begitu, Long straight (setidaknya ada dua) begitu panjang, Ducati yang terkenal punya top-speed berkemungkinan tampil mengesankan disini.

LayOut Sirkuit Aragon
LayOut Sirkuit Aragon

Namun ini adalah MotoGP 2016, setelah regulasi mengenai ECU khusus untuk semua motor ditambah dengan hadirnya pemasok ban baru serta musim di benua Eropa yang sering kali hujan,  ini membuat MotoGP lebih asyik, siapa saja memiliki kesempatan untuk menang dan sulit untuk diprediksi, Unpredictable seperti yang BlogOtive tulis di prediksi pada race sebelumnya. Maverick Vinales dan Suzuki seperti sudah menemukan kekuatan, begitu halnya dengan Ducati.

Tapi, jika dilihat dari statistik di atas kertas, pertarungan Lorenzo vs Marquez di prediksi bakalan terjadi di MotoGP Aragon terlebih didukung adu gengsi di antara pembalap Spanyol dan perebutan juara yang semakin dekat kepada Marc Marquez. Namun beberapa pembalap lain, Valentino Rossi juga memiliki ambisi yang sama untuk menang, dan jangan lupakan Dani Pedrosa yang punya kepercayaan tinggi setelah menjuarai GP Misano.

Itulah dia Prediksi MotoGP Aragon 2016 versi BlogOtive, prediksi diatas hanya diambil dari data, fakta dan kondisi yang terjadi saat ini, tapi apapun bisa terjadi di dunia balap. Masa lalu tidak bisa sepenuhnya menjadi tolak ukur kejayaan untuk masa sekarang. Yup, MotoGP Aragon akan digelar pada Minggu, 25 September 2016 pukul 19:00 WIB untuk kelas utama.

BAGIKAN
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Motolovers!

LEAVE A REPLY

Harap tulis sebuah komentar
Harap masukan nama kamu