Beranda Masyarakat Otomotif Pertamina Self Service, Isi Bensin Sendiri di SPBU

Pertamina Self Service, Isi Bensin Sendiri di SPBU

0
BERBAGI

Pertamina Self Service, layanan baru pengisian bahan bakar (BBM) yang dilakukan sendiri tanpa petugas akan kita bahas dalam #ArtikelRingan05 masdab, cukup menarik dimana sistem pengisian bensin seperti ini seperti “meniru” konsep di Eropa, bedanya kalau ini masih dilayani seorang operator.

Berawal saat mengisi Bensin karena indikator di speedo sudah menunjukkan akan mulai habis, saat itu mampir ke SPBU Pertamina 41.552.01 di Jl Laksda Adisucipto, Sleman, Yogyakarta, awalnya heran masdab soalnya beberapa bulan lalu metode pengisianya masih dilayani petugas, sedangkan di hari itu, Senin (30/1/2017) sudah pakai metode Pengisian Sendiri (Self Service).

Pertamina Self Service
Pertamina Self Service

Dalam Pertamina Self Service ini Cara pengisianya ada seorang Operator Petugas yang akan mencatatat (input data) mengenai pengisian berapa liter dan jenis bahan bakar apa yang akan di beli, lalu kemudian kita Bayar di operator tersebut, selanjutnya tinggal menuju ke tempat pengisian untuk mengisi BBM sendiri.

Bukak Tanki kemudian, ambil selang (nozzel) dan tinggal isi dengan pencet tombol pada nozzel, maka bensin akan keluar, jika takaran bensin yang sudah kita beli itu habis maka aliran otomatis berhenti, tinggal kembalikan selang pengisian ke tempat semula. beres! (di beberapa SPBU diberi selembaran berisi pin untuk di masukkan sebelum mengisi).

Pembeli Isi Bensin Sendiri
Pembeli Isi Bensin Sendiri

Nah, bisa dilihat gambar diatas masdab.. bapak itu mengisi sendiri BBM ke motornya.

Pertamina Self Service masih tidak banyak ditemui, hanya beberapa tempat saja dan mungkin sistem pengisian masih dalam tahap uji coba. Kalau menurut BlogOtive cara ini lebih efektif bagi Pertamina (tanpa banyak petugas) tapi tentu ada plus dan minusnya, menurut admin pengisian seperti ini cenderung lebih lama apabila dibandingkan saat dilayani petugas dan minusnya lagi kita harus mengira-ira takaran bensin yang akan kita beli, tidak bisa request full-tank seperti jika dilayani petugas karena seperti layanan prepaid (bayar di awal).

Tetapi positifnya dari pengisian bensin seperti ini bisa minimalisir kecurangan yang bianya dilakukan beberapa petugas SPBU. Pertamina Self Service ini mengingatkan sistem pengisian BBM di Eropa masdab, disana bahkan tanpa Operator sama sekali hanya dengan memiliki sebuah voucher. Indonesia akan menerapkanya? boleh juga.

BERBAGI
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

Tinggalkan sebuah balasan

Mohon ketikkan komentar
Mohon masukan nama kamu disini