Perbedaan Yamaha R15 dan R25

Diposting pada

Apa sih perbedaan R15 dan R25? Yup, disini BlogOtive akan menampilkan komparasi kedua motorsport Full-Fairing dari Yamaha ini bro.. keduanya memang masuk dalam keluarga YZF-R Family yang generasinya ada banyak, dan kedua motor ini ada di Level paling bawah atau dengan kapasitas mesin paling kecil (selain R125) karena diatasnya lagi seperti yang kita ketahui masih ada R3, R6, dan R1.

Itu info sedikitnya, dan mari kita ikuti pembahasan berikutnya tentang Perbedaan keduanya termasuk plus dan minus keduanya. Pada intinya keduanya memang berbeda bro, disegi kelas dan harga tentunya namun jika ditelisik dan dicari tau lebih dalam keduanya ada perbedaan, ini yang musti teman-teman BlogOtive ketahui. Baiklah mari kita mulai

Yamaha YZF-R15
R15 adalah motor yang produksinya ditempatkan di India dan digarap oleh Yamaha Motor India tentunya. Dengan mesin 150cc, SOHC, 4-tak, 4-katup, FI berpendingin Cairan dan dibandrol di Indonesia dengan harga Rp 28 juta rupiah, di Indonesia R15 head-to-head dengan Honda CBR150R.

Yamaha YZF-R25
R25 atau yang bisa dikatakan kakaknya R15 adalah motor yang diproduksi di Indonesia, digarap oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).
Dengan mesin 250cc, DOHC, 2-Silinder, 4-tak, 8-katup, FI berpendingin cairan dan dibandrol di tanah air dengan harga Rp 53 juta untuk versi non-ABS, kompetitor R25 di Indonesia adalah Kawasaki Ninja 250FI dan Honda CB1250R.

Setelah kita melihat sedikit informasi diatas, mari sekarang kita lihat perbedaan lebih jauh

Perbedaan R15 dan R25

Yamaha R15 dan Yamaha R25
Yamaha R15 vs Yamaha R25

Body
DNA R-Series tidak bisa lepas dari kemiripan.. Design Body Yamaha R15 dan R25 umumnya hampir sama dengan kelihatan tajam dan menyeramkan serta fairing yang dibuat agar aerodinamis, akan tetapi design keduanya berbeda, teman-teman bisa melihat sendiri bedanya melalui foto diatas.

Dimensi & Ban
Dengan kapasitas yang berbeda, jelas Ukuran ban akan berbeda pula dan itu jelas akan mempengaruhi Dimensi pula, ban R15 lebih kecil yakni 90/80 depan dan 130/80 belakang sementara R25 lebih besar di ukuran 110/70 depan dan 140/70 ban belakang.

Mesin
Perbedaan yang paling jelas dan terlihat adalah kelas atau kapasitas mesinya, jika R15 itu 150 sedangkan R25 itu 250cc.
Tapi perbedaan khusus-nya adalah R15 dan R25 memiliki jumlah Cam dan Silinder yang berbeda, dimana R15 hanya dengan Single Camshalft (SOHC) sementara untuk R25 dengan Dobel Cam (DOHC) jumlah Silinder kedua motor ini juga beda, dimana R15 hanya Single Cylinder sementara R25 memiliki 2 Silinder.

Rangka
Ternyata meskipun R-Family keduanya memiliki Sasis yang berbeda, dimana R25 yang seharusnya sudah mengaplikasi Sasis DNA motoGP, yakni Deltabox di motor ini malah menggunakan Sasis jenis Diamond sementara Yamaha R15 sudah menggunakan Sasis yang sama seperti Yamaha Vixion yakni Deltabox.

Suspensi
Sebenarnya untuk Yamaha R15 dan R25 mengunakan suspensi yang sejenis yakni Swing-Arm atau Lengan Ayun, tetapi itupun ada bedanya. Jika Yamaha R25 tanpa Link, Yamaha R15 malah sudah mengaplikasikan Pro Link pada suspensi belakangnya.

Speedometer
Speedometer keduanya menggunakan perpaduan Digital dan Analog, untuk Speedo tingkat kelengkapan panel lebih dimiliki R25 dibandingkan dengan R15, jelas milik Yamaha R25 lebih informatif.

Kunci
Sampai segitunya hingga kunci dibandingkan? yup, tidak masalah Otivers toh malah jadi perbandinganya Detail kan? ya, kunci keduanya sama sih tapi penilaiannya di pengaman kunci tersebut, dimana Yamaha R15 menggunakan pengaman magnet sementara R25 tidak pakai sama sekali.

Dari Komparasi di atas dapat disimpulkan bahwa meskipun posisi R15 berada di bawah R25 namun nyatanya masih ada keunggulan atau poin-plusnya, hal ini menurut BlogOtive wajar karena R25 memang lebih mengedepankan mesin sehingga komponen lainya harus disunat agar mengurangi biaya produksi dan menghasilkan produk yang lebih kompetitif soal harga.

Itulah dia beberapa Perbedaan Yamaha R15 dan R25 bro, jangan lupa baca artikel BlogOtive lainya. Semoga bermanfaat!

Gambar Gravatar
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015, menulis lebih dari seribu kata setiap hari.. :)