Perbedaan Vario 150 baru dengan Vario lama
Perbedaan Vario 150 baru dengan Vario lama

11 Perbedaan New Vario 150 terbaru dengan Vario lama, Apa saja bedanya?

Diposting pada

BLOGOTIVE.COM – Perbedaan All New Vario 150 yang diperkenalkan 16 April 2018 dengan Vario 150 lama akan kita bahas lengkap disini, siapkan secangkir kopi sambil scrolling layar hape kamu..

All New Vario 150 eSP lahir dengan membawa teknologi terbaru di industri otomotif roda dua, diantaranya adalah sistem kunci tanpa anak kunci atau kita sebutnya Keyless, kata Honda Smart Key System

Selain itu yang baru dari New Vario 150 adalah speedometer Digital dengan indikator voltmeter yang bisa membaca tegangan aki, jadi kalau habis bisa ketahuan deh karena motor ini tanpa engkol atau kick starter bro..

Secara fisik juga berbeda, total dirombak.. mulai dari depan, wujud headlamp dual-keen eyes dibagi lagi menjadi dua tingkatan dimana dibagian atas berfungsi sebagai Dayltime Running Light (DLR) serta posisi lampu sein terpisah dengan lampu utama maupun stoplamp. Ayo kita cercah saja biar lebih jelas

Perbedaan New Vario terbaru dengan Vario 150 lama

Desain
Desain New Vario 150 lebih sporty bukan diragukan lagi, dibuktikan dari depan motor ini punya instrumen lampu yang lebih galak dibelakang spakbornya menyangga sein, lekukan lebih tajam daripada old Vario.

All LED Light
All LED Light, Ya semua lampu pada New Vario sudah pakai Light Emiting Diode (LED), dimana kelebihan Lampu LED itu lebih awet, minim daya tapi lebih terang. Kalau Vario dulu, lampu sein masih bohlam kan?

Headlamp Honda Vario 150 terbaru
Headlamp Honda Vario 150 terbaru (sumber: Facebook/Welove Honda)

Headlamp ada DLR
Desain headlamp Vario 150 baru masdab, ada Daytime Light Running (DLR) sebagai alis mata pada headlamp Vario baru ini terus menyala meskipun siang hari, nah kalau Vario lama masih belum ada.

Speedometer
All New Vario 150 sudah menggunakan speedometer full Digital dan negatif display dimana angka-angkanya dibuat lebih terang daripada backlight-nya. Kalau Vario yang lama, pada bagian speedometer itu masih pakai analog model jarum.

Speedometer Honda Vario 150 baru 2018
Speedometer Honda Vario 150 baru 2018 (sumber: Facebook/Welove Honda)

Kunci
Sistem penguncian Honda Vario lama pakai anak kunci biasa berpengaman magnet, nah di Vario 150 baru kuncinya sudah tidak pakai anak kunci (Keyless) dengan teknologi immobilizer dan alarm anti-maling sebagai pendukung keamananya.

Kunci Keyless Honda Vario 150 baru
Kunci Keyless Honda Vario 150 baru (sumber: Twitter/Welove Honda)

Desain Velg
Kalau Honda Vario 125 baru masih pakai desain velg yang lama alias tidak berubah, velg Vario 150 baru sudah beda lagi desain-nya.

Master Kaliper dan Diskbrake bergelombang
Selanjutnya, master kaliper kalau yang lama pakai Nissin, Vario 150 pakai master kaliper merek Tokico dan desain diskbrake yang baru ini bergelombang (wave) untuk meminimalisir panas dan kelihatan lebih keren.

Posisi Lampu sein
Lampu sein Honda Vario benar-benar dipisah dari lampu depan maupun belakang, kalau didepan posisi sein ada di atas berjejeran dengan lampu DLR. Sementara, kalau dibelakang, lampu sein ngikut spakbor belakang (rear fender) dan lampunya current part punya CB150R/CBR150R/CBR250RR.

Knalpot
Selanjutnya bagian knalpot masdab, desain knalpotnya sepintas mirip knalpot Honda CB150R dengan selongsong khas bentuk kotak-nya.

Ukuran Ban
Selanjutnya adalah urusan ban, ukuran ban naik satu tingkat daripada sebelumnya. Sekarang pakai profil ban lebar 100 dibelakang dan 90 di bagian depan.

Mesin
Seperti yang sudah BlogOtive bahas sebelumnya di kategori bocoran motor baru, Honda Vario 150 bakalan dibekali mesin dengan improvement engine. Ada beberapa part mesin yang beda dengan old Vario.

Mesin Vario 150 terbaru ini lebih mirip ke Honda PCX 150, sekalipun basisnya masih sama termasuk kubikasi namun ada improvement disana yang membuat power naik.

Tanpa Kick Starter
Karena berebenturan dengan sistem Keyless, pada akhirnya Honda Vario 150 dibuat tanpa engkol, slah alias Kick starter, tapi tenang ada voltmeter di speedo yang memantau pelemahan aki.

Vario baru Vario lama
Lampu DLR
Ada tidak ada
Lampu headlamp LED
Ya Ya
Lampu rem LED
Ya Belum
Lampu sein LED
Ya Belum
Posisi lampu sein
Terpisah Gabung
Speedometer
Digital Analog
Sistem kunci
Keyless Biasa
Power mesin
9,7 kW 9,3 kW
Torsi mesin
13,4 Nm 12,8 kW
Ukuran Ban depan
90/80-14 80/90-14
Ukuran Ban belakang
100/80-14 90/90-14
Kick starter
Tidak ada Ada
Honda Vario 150 terbaru vs Lama
Honda Vario 150 terbaru vs Lama

Setidaknya ada 11 perbedaan pada Honda Vario 150 baru dan lama masdab, perbedaan lain sepertinya masih ada lagi, mungkin saya kurang jeli, tapi intinya 11 perbedaan diatas sudah cukup lengkap kok, jangan lupa baca juga Pilihan Warna Vario 150 terbaru. (Hendri)

Gambar Gravatar
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!