Beranda Masyarakat Otomotif Pengertian Motovlog dan Cara Membuatnya

Pengertian Motovlog dan Cara Membuatnya

0
BERBAGI

Apa itu Motovlog? Mungkin kegiatan ini sedang Booming pada sekitaran tahun 2016 ini di Indonesia, nah kali ini BlogOtive akan mengajak Otivers untuk mencari tahu apa sih Motovlog itu. Kita akan cari tahu mulai dari Pengertian dari Istilah, silsilah hingga bagaima Cara membuat Motovlog itu sendiri. Check it Out masdab!

Motovlog secara istilah berasal dari gabungan banyak kata yakni, Motor (Sepeda Motor), Video (Gambar bergerak) dan Log (bisa disebut juga Blog), dalam bahasa Inggris bisa disebut Motorcycle Video Log, dan pada intinya Motovlog bila diartikan secara istilah (digabung) menjadi Video Log Motor dan kalau di artikan secara bahasa adalah mengabadikan kegiatan berbentuk Video dalam rangka Menaiki atau Mengendarai Sepeda Motor.

Motovlog
Motovlog (dari motovlog.org)

Motovlog muncul karena Vlog (Video Log) dimana orang mengabadikan suatu moment dengan sebuah Video, karena kalau di abadikan dengan tulisan itu jadinya Blog (Web Log). Nah kalau Motovlog bisa dikatakan juga Vlog Sepeda Motor (Vlog yang genrenya menaiki Motor). Intinya seperti itu masdab, menurut BlogOtive sendiri.

Motovlog, pelaku, pembuat atau orang yang melakukanya dinamakan Motovlogger dan kegiatanya ini disebut Motovlogging, para Motovlogger (pelaku/pembuat Motovlog) biasanya mengunggah Videonya ke situs video sharing, YouTube untuk diabadikan dan dibagikan untuk dilihat banyak orang.

Awal munculnya Motovlog sendiri banyak di lakukan di luar negeri, di benua Eropa sana. Seperti kegiatan Vlog pada umumnya, mereka membuat Vlog saat mengendarai sepeda motor di jalanan, membicarakan tentang situasi jalan, dokumentasi touring atau membicarakan topik tertentu.

Motovlogger

Di Indonesia juga mulai populer pada tahun-tahun 2016 ini, banyak Motovlogger berdatangan dari berbagai daerah, tidak beda jauh dengan Motovlogger di Eropa, biasanya Motovlogger Indonesia sering nge-vlog dengan  membincangkan topik tertentu, situasi jalan, test ride atau mereview motor tertentu.

Bagaimana cara Membuat Motovlog

Menurut BlogOtive cara membuat Vlog Motor itu tidaklah begitu sulit, hanya saja ada beberapa yang harus di miliki adalah terutama alat untuk mengabadikan Vlog yakni Kamera dan tentu didukung dengan alat-alat lain, mungkin berikut ini yang perlu disiapkan untuk membuat Motovlog.

Alat Pokok
Selain sepeda Motor pastinya, kita juga perlu safety gear seperti Helm sebagai piranti wajibnya, adapun beberapa alat pokok lain yang harus digunakan adalah seperti dabawah ini.

1. Kamera
Kamera merupakan alat primer atau utama yang digunakan untuk membuat Vlog atau Motovlog, jenis kamera yang digunakan bisa apa saja, namun yang paling bagus digunakan adalah Kamera Aksi (Action Cam) karena ukuranya yang kecil dan memang spesialis untuk merekam benda bergerak cepat. Alat pendukung Kamera adalah Mounting untuk meletakkan atau menghubungkan Action Cam ke tempat pengambilan Angle/View seperti Helm atau posisi lain di sepeda motor.

Alat Pendukung (Opsional)
Sebenarnya dengan menggunakan kamera saja, kita sudah bisa mengambil momen saat menaiki sepeda, dari video rekaman di kamera kita sudah bisa mempublikasikan Vlog kita, di Upload ke YouTube contohnya.. namun lebih baik juga dibekali dengan alat pendukung agar lebih baik.

1. Editor Video
Kita perlu mempercantik Video dengan mengeditnya terlebih dahulu, Kita memerlukan Software Editor Video untuk mengeditnya, untuk menjalankan software tentu medianya adalah Personal Komputer (PC) atau yang lainya seperti HP atau Gadget juga bisa meskipun lebih baik dengan PC. Beberapa software Editor Video PC populer yang bisa digunakan untuk mengedit Vlog kita;

  1. Adobe Premier Pro
  2. Adobe After Effects
  3. Sony Vegas
  4. Camtasia Studio 

Sebenarnya masih banyak lagi software editor video, namun menurut BlogOtive diatas adalah software editor yang paling populer. Kemampuan mengedit Video tentu diperlukan untuk menjalankan Software-software diatas.

Ilustrasi Proses Editing Motovlog
Ilustrasi Proses Editing Video

2. Alat Publikasi
Jika kita hanya ingin membuat dokumentasi saja alias hanya untuk kita sendiri mungkin alat pendukung ke-2 ini tidak diperlukan, namun jika kita hendak mempublikasikanya ke orang banyak melalui situs video sharing seperti YouTube, mungkin alat dibawah ini diperlukan.

  • Media unggah, PC, HP/Gadget
  • Alat unggah, Koneksi Internet: WiFi, Modem

3. Ekstra tambahan pendukung
Dengan beberapa alat diatas bisa dipastikan kita sudah bisa membuat Motovlog sekaligus membagikanya ke banyak orang, beberapa ekstra tambahan pendukung disini merupakan alat yang kebanyakan Motovloger butuhkan untuk membuat Motovlog mereka lebih bagus lagi.

  1. Microphone External, berguna untuk memberikan input suara kita ke kamera.
  2. Case/Cover Waterproof kamera, untuk menjaga kamera tetap bisa digunakan dan aman saat kondisi hujan.

Yup, Mungkin itu saja sob Pengertian Motovlog dan Bagaimana Cara Membuat Motovlog versi BlogOtive. Semoga bermanfaat!

BERBAGI
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

Tinggalkan sebuah balasan

Mohon ketikkan komentar
Mohon masukan nama kamu disini