Analisa Peluang Rossi juara MotoGP 2016 , BlogOtive – Rider World Champions 2016 adalah yang bakalan dikejar oleh para pembalap (setidaknya Marquez, Rossi dan Lorenzo) yang dimana ketiganya adalah menempati klasemen di tiga besar. Nah, setelah kemarin BlogOtive membuat Analisa Kejuaraan Marc Marquez, sekarang giliran kita akan menganalisa Peluang Valentino Rossi untuk bisa menjadi juara di ajang balap paling bergengsi untuk musim ini.

Valentino Rossi juara MotoGP
Valentino Rossi musim lalu 2nd Champions

Dengan cara menghitung, kalkulasi untuk menyimpulkan beberapa kemungkinan yang terjadi, BlogOtive membuat tabel drawing dimulai dari raihan poin saat ini, dimana Valentino Rossi berada di klasemen kedua dengan 196 poin (selisih 52 poin dari Marquez), cukup jauh masdab untuk The Doctor bisa melampaui klasemen Marquez. Sementara ini, kejuaraan hanya menyisakan 4 race tersisa.

Drawing data peluang pembalap MotoGP juara
Drawing data peluang pembalap MotoGP juara

Nah dari data diatas, Otivers sendiri sebenarnya sudah bisa mengira-ngira bagaimana Cara Rossi atau peluang Rossi untuk menjadi juara MotoGP.

Yup, memang tipis kemungkinan untuk mengejar kejuaraan Marquez, jikapun dalam kondisi normal sudah dipastikan pembalap Honda itu sekarang sudah bisa dikatakan mendekati gelar juara, karena dengan selalu finish di urutan ke-4 saja Marc sudah bisa menjadi juara, namun apabila diambil kondisi terburuk, Marquez harus crash/DNF sebanyak 3 kali maka peluang Rossi masih ada karena point akan stagnan.

Berikut adalah hasil analisa dari drawing tabel diatas, bagaimana Peluang Rossi untuk menjadi juara MotoGP 2016

Peluang Rossi juara MotoGP 2016

Untuk menjadi juara, maka Rossi perlu kondisi seperti ini;

  • Harus cleansheet di 4 race terakhir, dengan catatan Marquez harus tidak mendapat poin minimal 2 kali (-50 poin dari Rossi) dan salah satu diantara dua race sisa tidak boleh menjadi juara (podium pertama)
  • Rossi harus cleansheet di 4 race terakhir dan Marquez selalu finish minimal di posisi ke-5

Sulit memang masdab, dari penggambaran perumpamaan kasus diatas, mungkin yang lebih berpeluang Rossi mengubah targetnya dari menjadi juara menjadi runner-up untuk mengalahkan Jorge Lorenzo yang jelas saat ini masih unggul 14 poin.

Jadi itulah dia peluang Rossi untuk menjadi juara MotoGP 2016, untuk analisa kedepan akan BlogOtive lanjutkan untuk bagaimana peluang Rossi menjadi juara atau runner-up, setelah MotoGP Motegi ya!

BAGIKAN
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

LEAVE A REPLY

Harap tulis sebuah komentar
Harap masukan nama kamu